Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruMasker Wajah Pria yang Ampuh dan Mudah Dibuat dengan Bahan Alami

Masker Wajah Pria yang Ampuh dan Mudah Dibuat dengan Bahan Alami

Masker wajah pria dengan bahan yang alami menjadi salah satu teknik perawatan terbaik yang penting untuk anda lakukan. Melakukan perawatan wajah dalam menjaga kesehatan kulit wajah pun tak hanya penting untuk wanita saja, melainkan juga penting untuk pria.

Salah satu bentuk cara merawatnya dapat anda lakukan dengan memakai masker alami. Cara ini sederhana dan praktis, namun ampuh yang bisa anda lakukan.

Jadi, tak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan wajah hanya untuk melakukan masker wajah, apalagi untuk pria. Selain murah, masker alami ini sangat bisa anda terapkan hanya di rumah saja.

Rekomendasi Masker Wajah Pria

Siapa yang bilang jika perawatan wajah hanya berlaku untuk wanita saja? Kaum adam juga penting untuk merawat tubuh, tak terkecuali kesehatan kulit wajah.

Baca juga: Masker Wajah Alami untuk Remaja Segarkan Kembali Wajah Lelah

Jadi, bagi anda para pria, jangan khawatir tentang biaya perawatan yang cenderung mahal jika dilakukan dalam salon-salon kecantikan.

Dewasa ini, terdapat beberapa cara ampuh yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin melakukan perawatan wajah. Bahan-bahan alami pun mampu memberikan manfaat banyak dalam usaha anda tersebut.

Oleh karena itu, anda dapat melakukannya dengan mudah, murah, dan terjamin aman. Berikut adalah beberapa resep untuk membuat masker wajah alami untuk anda para pria yang mudah diikuti.

Masker Telur

Masker wajah pria alami yang pertama ini mungkin tidak asing lagi untuk anda. Para wanita pun sering memanfaatkannya untuk merawat wajah.

Jadi, bukan tidak mungkin untuk para pria melakukan hal ini. Yang perlu anda siapkan adalah putih telur dan kertas tisu yang mana dapat anda pakai untuk mengaplikasikan masker.

Baca juga: Produk Masker Wajah Terbaik untuk Perawatan Kulit Kusam

Manfaat yang dapat anda peroleh adalah mampu mengecilkan pori-pori serta mengangkat komedo. Adapun cara yang dapat anda pakai untuk membuat masker wajah untuk pria ini adalah sebagai berikut:

  1. Ambil satu butir telur dan pisahkan bagian kuning dan putihnya
  2. Lalu, kocok bagian putih telur sampai mengeluarkan busa untuk dapat anda jadikan sebagai masker
  3. Selanjutnya, dapat anda aplikasikan ke area wajah dengan menggunakan kuas
  4. Setelah itu, anda dapat menempelkan tisu ke wajah yang telah anda olesi masker telur tersebut sebelum mengering
  5. Setelah tisu menempel, anda dapat mengoleskannya kembali putih telur pada permukaan tisu. Hal ini penting untuk anda lakukan agar tisu semakin menempel kuat pada wajah
  6. Biarkan masker tersebut selama 15 sampai 20 menit
  7. Lalu angkat lapisan tisu tersebut yang sudah mengering
  8. Bilaslah dengan air hangat

Lakukan masker wajah pria dari putih telur ini secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal serta wajah anda dapat terlihat cerah dan sehat..

Masker Air Beras

Untuk membuat masker air beras cukup mudah. Cara ini sangat ampuh dan bermanfaat untuk memelihara kecantikan kulit. Karena, air beras mempunyai asam amino yang cukup tinggi dan sangat baik dalam memberikan nutrisi untuk kulit.

Baca juga: Masker Wajah Silikon Baru Setara N95 yang Bisa Digunakan Ulang

Tak hanya itu saja, air beras ini mampu bertindak sebagai anti radang atau anti inflamasi yang mana mampu meredakan gejala peradangan akibat jerawat.

Lalu, masker alami untuk pria ini dapat membuat wajah menjadi kencang seketika saat anda selesai memakainya. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuatnya, antara lain:

  1. Rebus beras
  2. Ambil beberapa sendok air rebusan tersebut
  3. Basahi kapas dengan menggunakan air rebusan tadi
  4. Tempelkan ada semua bagian wajah
  5. Biarkan selama 15 menit atau sampai masker mengering
  6. Lalu, bilas wajah dengan memakai air yang bersih

Masker Baking Soda

Masker wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Salah satu masker dari bahan alami ini sangat ampuh dalam mengatasi breakout dan juga mengatasi pori-pori yang lebar.

Baking soda ini juga memberikan manfaat yang besar untuk mengatasi kulit berminyak pada wajah anda. Cara membuatnya:

  1. Campurkan baking soda sekitar 2 sendok makan dengan 2 sendok makan air yang hangat
  2. Aduk sampai keduanya tercampur merata atau sampai terbentuk seperti pasta
  3. Selanjutnya, anda dapat mengaplikasikan masker tersebut ke seluruh bagian wajah selagi masih hangat. Anda dapat mengutamakan daerah pada wajah yang berminyak
  4. Biarkan sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan air yang bersih.

Masker Kentang

Siapa yang tidak tahu kentang? Anda sebagai laki-laki pun pasti tidak asing dengan salah satu bahan masakan ini. Kentang nyatanya sangat ampuh dalam membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Masker wajah pria dengan kentang dapat memberikan manfaat untuk permasalahan warna kulit yang tidak merata, adanya noda hitam pada wajah, serta untuk eksfoliator, yang mana mampu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Cara membuatnya sangat mudah, yakni:

  1. Ambil kentang satu buah ukuran sedang, kukus sampai matang.
  2. Hancurkan seperti sedang membuat lumatan yang lebih halus.
  3. Campur lumatan kentang tersebut dengan air beras, susu almond atau air biasa supaya tidak terlalu kental.
  4. Selanjutnya, anda dapat mengaplikasikan pada area kulit gelap, lingkaran hitam pada area mata atau yang terdapat hiperpigmentasi.
  5. Biarkan selama 15 menit.
  6. Setelah itu, bersihkan dengan kapas dan bilas menggunakan air bersih.

Masker Kunyit dan Greek Yogurt

Masker wajah pria dari bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan Kunyit dan juga greek yogurt. Bumbu dapur satu ini memang sangat terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan, tak terkecuali kesehatan kulit. 

Kunyit bermanfaat untuk obat alami anti inflamasi atau anti peradangan serta antiseptik untuk kulit dan tubuh. Bahkan bumbu dapur ini pun berguna untuk antibakteri. Inilah sebabnya, masker kunyit dapat anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. 

Seperti untuk menyamarkan warna kulit yang tidak merata, menyamarkan lingkaran hitam (dark circle), menghilangkan tanda hitam bekas jerawat, untuk mengecilkan pori-pori, dan juga sebagai anti aging alami. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda ikuti untuk membuat masker wajah pria dari kunyit dengan campuran greek yogurt.

  1. Campurkan satu sendok makan bahan alami bubuk kunyit dengan satu sendok makan yogurt dan juga satu sendok teh madu.
  2. Aduk merata campuran tersebut sampai rata atau sampai berbentuk pasta.
  3. Selanjutnya, anda dapat mengaplikasikan ke seluruh area wajah.
  4. Biarkan selama 15-20 menit agar meresap dan bilas dengan air yang hangat.

Masker Green Tea

Perlu anda ketahui jika green tea adalah bahan alami yang mengandung antioksidan tinggi dan sangat bermanfaat untuk merawat kulit.

Dengan memanfaatkan sebagai masker wajah, green tea dapat menutrisi kulit dan bisa pula bertindak sebagai antiinflamasi serta antibakteri. Sehingga, masker ini dapat merawat kulit anda sehingga menjadi tamak lebih sehat. Cara membuat masker wajah pria:

  1. Seduh teh hijau (green tea) memakai air yang panas.
  2. Tunggu hingga green tea menurun suhunya, lalu basahkan dengan memakai kapas.
  3. Tempelkan kapas tersebut ke semua bagian wajah
  4. Biarkan sampai meresap sekitar 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih.

Masker dengan Scrub Kopi

Masker wajah pria selanjutnya yang dapat menutrisi kulit adalah dengan memakai ampas kopi, olive oil, dan juga madu. Selain itu, anda dapat memanfaatkan efek alami kopi tersebut untuk kesehatan kulit sebagai scrub paling tidak satu minggu sekali.

Baca juga: Masker Wajah Alami Terbaik yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita

Ampas kopi pun dapat membantu anda untuk mengobati redness pada wajah dan juga mengurangi radang pada kulit. Selanjutnya, campuran madu dalam masker wajah pria ini sangat bermanfaat dalam mencerahkan kulit.

Lalu untuk mencegah peradangan serta membantu dalam regenerasi kulit. Sementara itu, minyak zaitun atau olive oil sangat penting dalam membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan sebagai anti aging. Cara membuatnya:

  1. Campurkan dalam sebuah wadah, 3 sdm ampas kopi, 2 sdm madu, dan juga 3 sdm minyak zaitun.
    Penting untuk diketahui, pakailah ampas kopi yang sudah terpakai dan bukan bubuk koi yang baru.
  2. Aduk secara merata campuran tersebut dan oleskan pada area wajah serta leher.
  3. Jangan lupa untuk memijatnya dengan halus pada semua bagian yang sudah anda oleskan scrub kopi tersebut dengan gerakan memutar.
  4. Lalu, untuk bagian mata, pijatlah dengan cara yang pelan dan hati-hati karena sangat sensitif.
  5. Biarkan sampai 5 menit.
  6. Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan kain yang bersih.

Masker Susu Murni dan Madu

Cara menjaga dan merawat kulit wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan masker dari susu murni dan juga madu. Kedua campuran ini kaya akan kandungan nutrisi yaitu lactic acid dan juga enzim untuk mencerahkan kulit. Manfaat kedua senyawa tersebut untuk memutihkan wajah secara alami yang efektif.

Cara membuatnya cukup mudah yakni dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan aduk sampai merata. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah dan biarkan sekitar 15 menit atau 20 menit agar meresap sempurna. Selanjutnya, anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Masker Madu dan Yogurt

Masker wajah pria selanjutnya adalah dengan memakai yogurt dan juga madu. Cara ini dapat anda pakai jika anda tidak memiliki susu murni untuk campuran madu.

Kandungan yogurt pun hampir sama dengan apa yang susu murni kandung. Hal ini tentunya juga efektif untuk merawat kesehatan kulit, bahkan dapat mencerahkannya.

Cara memakainya pun mudah. Campurkan kedua bahan tersebut dengan rasio atau perbandingan sama dan aduk rata. Oleskan pada kulit wajah serta biarkan sekitar 15-20 menit atau sampai meresap. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Masker Madu dan Jeruk Nipis

Campuran kedua bahan alami ini dapat menjadikan kulit wajah sehat dan cerah. Dengan demikian, anda dapat menggunakannya sebagai masker alami yang efektif.

Pastikan sebelum menggunakannya, kulit wajah anda bukan merupakan kulit yang sensitif karena kandungan vitamin C dalam jeruk nipis.

Jika pengalikasian jeruk nipis pada kulit yang sensitif sebagai masker wajah pria, maka akan menimbulkan ruam dan juga sensasi kulit seperti terbakar. Kemudian madu adalah bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, madu dapat membantu mencerahkan serta menutrisi kulit wajah sehingga tampak lebih segar dan sehat.

Cara membuatnya sangat mudah, campurkan dua sendok makan madu dengan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan campuran kedua bahan alami tersebut pada seluruh area wajah. Dalam mengolesnya, anda perlu hati-hati agar tidak terkena mata.

Masker wajah pria yang terbuat dari bahan alami tersebut diatas dapat menjadi rekomendasi atau pilihan anda untuk memperoleh kulit yang cerah, sehat, dan bernutrisi. Selain itu, bahan alami yang mudah anda temukan tersebut menjadi salah satu kelebihan daripada menjalani perawatan ke salon kecantikan wajah yang cenderung lebih mahal. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru