Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruMemasang Bochs di HP, Permudah Jalankan Sistem Windows di Android

Memasang Bochs di HP, Permudah Jalankan Sistem Windows di Android

Memasang Bochs di HP memungkinkan pengguna untuk dapat meniru serta menjalankan sistem operasi Windows pada perangkat Android. Dalam hal ini, Bochs akan meniru memori, BIOS, disk, prosessor, hingga periferal perangkat keras dasar PC lainnya pada perangkat Android.

Dengan demikian, memungkinkan pengguna untuk melakukan booting serta menjalankan OS Windows secara lebih lancar. Bochs merupakan salah satu aplikasi pihak ketiga sumber terbuka.

Hadirnya aplikasi ini mengizinkan para pengguna untuk mencontoh sistem pengendalian Windows dengan menggunakan piranti Android yang mereka gunakan.

Sehingga, dengan langkah ini, memungkinkan para pengguna untuk memulai serta mengendalikan sistem pengendalian Windows pada piranti Android.

Baca Juga : Cara Memasang Ring HP Secara Tepat Agar Fungsinya Maksimal

Apabila anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, maka anda dapat memasang aplikasi Bochs pada piranti Android secara lebih cepat dan mudah.

Cara Memasang Bochs di HP

Berikut ini beberapa hal penting untuk memasang Bochs pada perangkat Android, antara lain:

Pastikan Perangkat Android Support Aplikasi Bochs atau Tidak

Sebelum memasang Bochs di HP, penting bagi anda untuk mengetahui apakah perangkat Android yang anda gunakan telah mendukung penggunaan aplikasi Bochs. Adapun cara untuk mengetahui sebuah perangkat HP support aplikasi Bochs antara lain:

Akses Pengaturan Ponsel

Untuk dapat memastikan versi Android pada perangkat yang anda miliki, anda dapat ketuk “Setting” pada layar guna membuka pengaturan perangkat Android.

Periksa Informasi Dasar HP

Caranya dengan scroll ke bagian bawah layar Pengaturan. Selanjutnya ketuk “About Phone” yang terdapat pada bagian bawah layar. Hal ini bertujuan untuk memeriksa spesifikasi perangkat yang anda gunakan.

Periksa Versi Perangkat Android yang Digunakan

Proses selanjutnya untuk mengetahui apakah perangkat anda support atau tidak aplikasi Bochs sebelum memasangnya di HP adalah dengan memeriksa versi ponsel.

Baca Juga : Mengatasi HP Konslet dengan Cara Tepat, Minimalkan Kerusakan Ponsel

Dalam hal ini, anda dapat memeriksa versi Android yang saat ini dijalankan oleh smartphone yang anda gunakan yakni dengan menekan bagian “About Phone”.

Untuk smartphone yang dapat support aplikasi Bochs, persyaratan sistem yang digunakan tidak terlalu tinggi. Bahkan perangkat Android yang anda gunakan minimal mampu menjalankan sistem operasi Android 2.2.

Langkah Memasang Bochs di HP

Setelah memastikan perangkat Android anda telah support aplikasi Bochs, berikut ini langkah-langkah memasangnya di HP, antara lain:

  1. Langkah pertama adalah dengan unduh dan instal aplikasi Bochs
  2. Selanjutnya hubungkan ponsel Android menuju ke perangkat PC. Caranya dengan menghubungkan kabel data ke pangkalan atau port USB Makro yang terdapat pada perangkat Android anda, ambil ujung kabel yang lain serta hubungkan ke pangkalan USB pada perangkat komputer yang anda gunakan.
  3. Langkah berikutnya dalam memasang Bochs pada ponsel adalah dengan mengakses memori perangkat Android anda. Caranya dengan buka menu Start > My Computer.
  4. Pada laman berikutnya, anda akan menemukan drive atau penggerak yang terhubung ke perangkat komputer. Kemudian klik pada penggerak memori smartphone yang anda gunakan untuk mengakses memori tersebut.
  5. Proses berikutnya adalah dengan menyalin berkas. Adapun cara untuk menyalin berkas adalah dengan APK Bochs tersebut dari komputer ke dalam memori ponsel atau kartu MicroSD yang anda miliki.

Tips Memasang Bochs di HP dengan Aplikasi Pengelola Berkas

Caranya dengan mengetuk ikon pengelola berkas yang anda miliki dari layar aplikasi pada ponsel. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan folder ponsel yang hampir sama dengan My Computer pada komputer Windows.

Ekstrak Folder SDL

Proses selanjutnya memasang Bochs di HP adalah dengan menyimpan berkas SDL ke dalam ZIP dengan klik kanan folder ZIP serta pilih Extract yang terdapat pada menu.

Salin Folder SDL

Sedangkan untuk dapat menyalin folder SDL, anda seret isi dari folder SDL yang telah melalui proses ekstrak pada memori HP atau microSD. Setelah folder berhasil tersalin dalam memori HP, maka anda dapat menjalankan Bochs. Caranya, ketuk ikon layar beranda Bochs untuk menjalankan aplikasinya.

Baca Juga : Switch Antena HP Rusak, Atasi Masalah dengan Cara Berikut Ini

Penting untuk anda ketahui memasang Bochs di HP dapat anda anda lakukan tanpa harus memodifikasi OS. Mungkin anda ingin meniru OS Windows pada perangkat Android. Anda pun hanya perlu mempunyai berkas Windows Image yang bermanfaat untuk menjalankan Bochs. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img