Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruMembersihkan Sepatu Berbahan Suede, Lakukan 4 Cara Mudah Ini

Membersihkan Sepatu Berbahan Suede, Lakukan 4 Cara Mudah Ini

Membersihkan sepatu berbahan suede memang sulit dilakukan jika tidak tahu caranya. Biasanya bahan suede yang halus sering dipakai dalam dunia fashion untuk membuat tas, sepatu, jaket, dan topi.

Penggunaan bahan bisa memberikan kesan yang berbeda-beda pada penampilan item fashion. Ada yang bisa membuat penampilan terlihat formal atau lebih formal.

Bahan suede merupakan salah satu jenis bahan yang banyak disukai pecinta fashion, meskipun susah saat membersihkannya.

Suede hampir serupa dengan bahan yang terbuat dari kulit hewan. Namun sebenarnya bahan tersebut juga berasal dari kulit bagian dalam hewan. Kemudian disamak serta diberi warna, sehingga tekstur dari bahan suede akan menyerupai kain beludru.

Selain lembut, bahan suede juga memiliki tekstur yang tidak tebal, jadi harus hati-hati apabila terkena air. Karena, bahan ini mudah rusak ketika terkena air.

Item fashion yang menggunakan bahan suede dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Hal itu karena bahanya tipis dan elastis, serta mempunyai sirkulasi udara lebih baik ketimbang bahan kulit.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara mudah dan praktis yang bisa kamu lakukan sendiri ketika membersihkan sepatu, tas, atau jaket berbahan suede.

Baca Juga : Sepatu Custom Pria, Beberapa Tips Khusus dalam Merawatnya

Cara Mudah Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Bahan suede punya banyak penggemar lantaran bahannya tipis, sehingga tidak akan gerah ketika memakainya. Teksturnya yang lembut harus dibersihkan dengan cara-cara yang sangat hati-hati supaya tidak gampang rusak. Berikut ini cara tepat membersihkannya;

Penghapus Khusus Suede

Sebenarnya memang ada penghapus yang khusus untuk menghilangkan noda menempel pada bahan suede. Penghapus khusus ini bernama rubber eraser.

Selain membersihkan sepatu berbahan suede, alat tersebut juga bisa untuk menghilangkan noda pada tas maupun jaket dengan bahan serupa.

Baca Juga : Sepatu untuk Kaki Lebar, Pilih Beberapa Rekomendasi yang Tepat

Tapi, jika kamu tidak punya penghapus khusus bisa memanfaatkan penghapus yang ada pada pensil untuk menghapus noda tersebut.

Gunakan Sikat Gigi

Jika kamu memiliki sepatu berbahan suede yang penuh debu, cara mudah membersihkannya bisa gunakan sikat gigi. Tapi harus sikat gigi yang teksturnya lembut.

Sikat gigi juga dapat menyapu debu maupun pasir yang menempel. Usahakan sikat giginya dalam kondisi kering.

Cuka Putih

Baca Juga : Menyimpan Sepatu Agar Tidak Berjamur Dengan Baik dan Benar

Cara membersihkan sepatu berbahan suede yang selanjutnya yaitu menggunakan cuka putih. Untuk membersihkannya, oleskan sedikit demi sedikit cuka putih pada bagian yang terdapat noda. Kemudian, lap pakai kain yang berbahan halus.

Bedak

Cara terakhir membersihkan sepatu berbahan suede yaitu dengan menggunakan bedak, terutama noda basah atau yang terkena air. Bedak bisa membantu melindunginya agar tekstur suede bisa tetap awet.

Adapun cara membersihkannya yaitu dengan menaburkan bedak pada noda tersebut. Lalu biarkan selama satu malam hingga mengering, kemudian bersihkan.

Itulah empat cara mudah membersihkan noda atau debu pada sepatu yang terbuat dari suede. Atau bisa juga untuk membersihkan tas maupun jaket yang terbuat dari bahan serupa. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img