Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruMemindahkan Chat WhatsApp ke Telegram di Android, Ini Cara Mudahnya

Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram di Android, Ini Cara Mudahnya

Memindahkan chat WhatsApp ke Telegram pada HP Android dapat anda lakukan dengan mudah. Saat ini aplikasi WhatsApp kembali jadi trending topic pada sosial media Twitter.

Pasalnya, WhatsApp mengunggah status guna menjelaskan informasi terbaru tentang aplikasi chat ini. Status akun WhatsApp telah resmi mulai bermunculan pada laman menu status pada pengguna mulai Jum’at 29 Januari lalu.

Dalam status ini menyatakan bahwa aplikasi WhatsApp memastikan komitmen terhadap privasi milik pengguna. Dalam hal ini, WhatsApp tidak dapat membaca ataupun mendengarkan percakapan dari penggunanya.

Meskipun demikian, sebagian besar kalangan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan WhatsApp terkait adanya pengaturan privasi baru tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Link WA di Bitly yang Langsung ke Chat Pribadi

Trik Memindahkan Chat Whatsapp ke Telegram pada HP Android

Meskipun terdapat versi update dalam pengaturan privasi pengguna WhatsApp, banyak kalangan yang menganggap versi update tersebut justru dapat merusak privasi.

Sebagian pengguna aplikasi WhatsApp pun akhirnya memilih untuk pindah ke aplikasi pesan lain, salah satunya Telegram. Dalam hal ini, Telegram seakan memanfaatkan moment ketika maraknya isu kontroversial mengenai kebijakan baru WhatsApp.

Pihak Telegram mengetahui bahwa banyak pengguna WhatsApp yang eksodus ke Telegram. Hal inilah yang akhirnya menjadikan alasan Telegram meluncurkan adanya fitur impor riwayat pesan.

Langkah Memindahkan Chat WhatsApp ke Telegram dengan Fitur Impor Riwayat Pesan

Fitur transfer pesan tersebut rilis karena adanya beberapa pengguna WhatsApp yang enggan pindah lantaran banyak data chat lama yang harus mereka pindahkan.

Selain itu, pengguna memiliki ketakutan tidak dapat mengakses data chat tersebut yang kemungkinan merupakan data penting bagi mereka.

Akan tetapi saat ini, pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir. Pengguna dapat memindahkan chat WhatsApp ke Telegram pada perangkat Android dengan memanfaatkan fitur pindahkan riwayat pesan.

Melalui fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir akan kehilangan history chat pada WhatsApp. Bahkan, Telegram menjelaskan bahwa fitur transfer pesan dapat pula berfungsi untuk aplikasi pesan lain selain WhatsApp seperti Line serta KakaoTalk.

Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan impor pesan termasuk memindahkan video, foto, hingga dokumen lain. Riwayat pesan yang dapat anda transfer dari WhatsApp dapat berupa chat pribadi ataupun group.

Baca juga: Membuat Audio Spectrum di Android, Tentukan Pilihan Cara Mudahnya

Berikut ini cara memindahkan chat WhatsApp ke Telegram pada HP Android melalui fitur transfer pesan, antara lain:

  1. Buka WhatsApp serta pilih chat personal atau group yang akan anda transfer atau ekspor ke Telegram.
  2. Berikutnya, buka tab chat tersebut serta ketuk ikon titik tiga vertikal pada pojok kanan layar, lalu pilih More.
  3. Kemudian pilih Export Chat
  4. Proses berikutnya, anda dapat memilih untuk memasukkan file media dengan pilih “Attach Media”. Atau tanpa file media pilih “Without Media”
  5. Cara memindahkan pesan aplikasi WhatsApp ke Telegram selanjutnya adalah dari menu share. Pilih kontak atau group yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk transfer chat yang anda impor.

Ketentuan Memindahkan Pesan WhatsApp ke Telegram dengan Fitur Transfer

Berikut ini beberapa ketentuan yang perlu anda ketahui sebelum anda memindahkan chat dari aplikasi WhatsApp ke Telegram dengan menggunakan fitur transfer, antara lain:

Proses Ekspor Harus Dilakukan Per Kontak

Pengguna tidak dapat memindahkan sekaligus seluruh kontak. Maka apabila anda memiliki ratusan kontak pada aplikasi WhatsApp, hal ini tentunya akan menjadi pekerjaan tersendiri saat ekspor semua chat.

Dapat Dilakukan Untuk Chat WA Group

Dalam hal ini, anda hanya perlu membuat group yang sama pada akun Telegram anda, maka chat pun dapat berpindah dengan mudah.

Adanya Chat yang Dipindah Tidak Konsisten

Saat anda ekspor chat secara keseluruhan, bahkan pada chat yang telah berlangsung secara bertahun-tahun dapat anda pindah semua, namun ada pula yang dapat anda pindah sebagian saja.

baca juga: Aplikasi Charge IN Resmi Meluncur, Simak Kemudahan yang Ditawarkan

Jangan Sampai Salah Pilih Kontak WhatsApp

Pasalnya, chat yang anda ekspor dari kotak pada aplikasi WhatsApp, juga akan nampak oleh kontak tersebut pada akun Telegram. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati saat memindahkan chat WhatApp ke Telegram dalam memilih kontak tujuan ekspor.

Dalam proses memindahkan chat WhatsApp ke Telegram ini adalah pesan teks, dokumen, foto, serta video ke Telegram tidak akan mengurangi memori ponsel. Dalam hal ini, Telegram mengakses dari file pada aplikasi WhatsApp yang telah ada dalam ponsel pengguna. (R10/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img