Memotong Lagu di HP dengan Efektif, Dapatkan Ringtone Keren dan Pas

Memotong Lagu di HP
Ilustrasi Memotong Lagu di HP. Foto: Ist/Net

Memotong lagu di HP dapat anda lakukan dengan mudah. Selain itu, dapat langsung anda lakukan pada perangkat Android yang anda miliki. Terdapat beberapa alasan mengapa anda ingin memotong sebuah lagu pada Android.

Alasan yang paling utama adalah akan anda manfaatkan sebagai nada dering atau ringtone. Pemotongan lagu tersebut bertujuan agar nada dering dimulai pada titik yang pas.

Lalu tidak terlalu panjang durasi nada deringnya. Dengan demikian, anda juga dapat mengambil penggalan lagu sesuai dengan yang anda inginkan.

Cara Memotong Lagu di HP Android

Cara memotong lagu pada perangkat Android cukup simple dan tidak ribet. Pasalnya, proses pemotongan tersebut tidak memerlukan perangkat komputer.

Proses potong lagu dapat anda lakukan dengan beberapa metode yang berbeda. Dalam hal ini, anda dapat menggunakan bantuan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat anda nikmati secara gratis. Akan tetapi, tidak semua aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik serta memuaskan dalam proses memotong lagu pada HP.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di HP Mudah, Solusi Menjaga Privasi Lebih Aman

Oleh karena itu, anda perlu mencermati dalam pemilihan aplikasi yang akan anda gunakan untuk memotong lagu pada ponsel Android. Dengan demikian, anda akan membuang kuota internet anda secara percuma.

Selain menggunakan aplikasi, anda juga dapat menggunakan situs online untuk memotong durasi lagu. Berikut ini ulasan dari kedua cara tersebut yang antara lain:

Cara Memotong Lagu di HP Menggunakan Aplikasi MP3 Cutter and Ringtone Maker

Salah satu rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat anda manfaatkan untuk memotong lagu pada perangkat Android adalah MP3 Cutter and Ringtone Maker.

Aplikasi ini dapat anda peroleh secara gratis pada Google Play Store. Selain itu, MP3 Cutter and Ringtone Maker cukup ringan, sehingga dapat memudahkan anda dalam memotong lagu pada Android tanpa harus memiliki keahlian khusus.

Akan tetapi, bagi anda yang masih merasa kebingungan, dapat mengikuti tutorial berikut ini:

  1. Download dan instal aplikasi MP3 Cutter and Ringtones Maker pada Play Store.
  2. Buka aplikasinya, yang selanjutnya pilih lagu yang akan anda potong.
  3. Proses berikutnya atur bagian mana yang akan anda ambil. Dalam hal ini, anda dapat mencoba atau mendengarkannya terlebih dahulu dengan menggunakan tombol play pada bagian bawah.
  4. Apabila telah selesai, klik tombol pada bagian atas untuk menyimpan. Sedangkan tombol reset untuk membatalkan.
  5. Langkah selanjutnya dalam memotong lagu di HP melalui aplikasi MP3 Cutter adalah pilih type dari hasil potongan lagu anda. Baik untuk music, alarm, ringtone, notification, atau akan anda jadikan sebagai nada default maupun hanya pada salah satu kontak saja.

Sebagai tempat penyimpanan hasil dari lagu MP3 yang telah anda potong, anda dapat melihatnya pada File Manager atau File Saya > SdCard Media > Audio.

Cara ini tentu sangat membantu anda yang akan memotong lagu di ponsel tanpa harus repot melakukan pengeditan. Anda tinggal menentukan bagian mana yang akan anda potong, selanjutnya dapat anda eksekusi.

Cara Memotong Lagu di HP Secara Online

Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan dalam memotong lagu pada smartphone secara online, antara lain:

  1. Kunjungi situs https://mp3cut.net/id/
  2. Selanjutnya “buka file” serta pilih musik MP3 yang akan anda potong durasinya.
  3. Langkah berikutnya, klik Open, kemudian anda akan masuk pada proses selanjutnya. Silahkan atur serta sesuaikan rentang durasi lagu yang akan anda potong.
  4. Setelah anda sesuaikan lagu yang anda potong, berikutnya anda klik tombol biru bertuliskan “potong” yang terdapat pada sebelah kanan bawah.
  5. Proses selanjutnya, anda dapat unduh lagu yang telah berhasil anda potong.

Cara memotong lagu pada ponsel secara online di atas dapat anda terapkan pada jenis HP apapun serta perangkat komputer atau laptop secara lebih mudah.

Dengan mengikuti beberapa metode memotong lagu di HP Android yang telah kita ulas, maka anda akan memperoleh durasi lagu yang lebih pendek. Menariknya lagi, anda akan memperoleh posisi start yang lebih pas dan keren saat potongan lagu tersebut anda gunakan sebagai nada dering ataupun untuk notifikasi lainnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto