Ingin Mencegah Keguguran Kehamilan? Ini Cara Mudah yang Efektif!

mencegah keguguran kehamilan
Begini cara mencegah keguguran kehamilan. Foto: Ist/Net

Mencegah keguguran kehamilan merupakan langkah penting yang wajib menjadi perhatian. Tak sedikit kasus keguguran kehamilan hanya karena kurangnya pemahaman kita. Ada sejumlah cara yang bisa ibu hamil lakukan.

Kehamilan merupakan saat yang begitu membahagiakan bagi siap pasangan suami istri. Terlebih untuk wanita, kehamilan akan melengkapi perasaan dan suka citanya untuk menjadi wanita yang lebih sempurna.

Namun setiap wanita yang sedang hamil akan berada pada fase-fase yang kritis. Terlebih untuk kehamilan pada minggu atau bulan pertama sampai ketiga tentunya Anda harus ekstra hati-hati.

Baca Juga: Tanda-tanda Hamil Kosong yang Sering ‘Menipu’ Calon Ibu

Kehamilan awal terutama pada trimester pertama merupakan periode yang sangat rawan terjadinya keguguran. Tidak sedikit kasus keguguran yang terjadi dengan berbagai penyebabnya. Tanpa persiapan yang memadai peristiwa keguguran bisa menjadi sangat memukul.

Menjaga kehamilan dengan baik memang sangat penting. Namun yang tak kalah penting adalah untuk mencegah terjadinya keguguran. Ada banyak yang perlu Anda pahami dan lakukan untuk menekan dan mencegah risiko ini.

Cara Mencegah Keguguran Kehamilan yang Efektif

Lantas apa saja yang perlu kita lakukan sebagai upaya untuk menekan risiko terjadinya keguguran ketika hamil? Berikut ini beberapa tips dan cara mencegah keguguran kehamilan yang efektif dan bisa Anda lakukan.

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kehamilan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Bukan hanya untuk ibu yang sedang hamil namun juga bagi janin dalam rahimnya. Ada sejumlah nutrisi yang sebaiknya Anda perhatikan selama kehamilan.

Baca Juga: Penyebab Janin Tidak Berkembang, Tanda, dan Cara Mengatasinya

Seperti asupan asam folat untuk menekan risiko kelahiran lahir yang juga dapat memicu keguguran. Begitu juga ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan kaya vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan janin.

Beberapa jenis makanan yang kaya asam folat antara lain sereal, roti gandum, dan sayuran hijau. Makanan seperti asparagus, kacang-kacangan, buah alpukat, dan tomat juga banyak mengandung asam folat.

Menghindari Faktor Risiko

Kehamilan memang banyak tantangannya. Akan hadirnya generasi baru secara alami akan mendapat banyak tantangan dari sekitarnya. Menjauh dan menghindari faktor risiko merupakan cara mencegah keguguran kehamilan yang juga efektif.

Berbagai faktor risiko keguguran cukup banyak. Seperti merokok dan asap rokok, minuman beralkohol, minuman bersoda dan berkafein, maupun makanan yang tidak dimasak.

Jangan Sampai Terjatuh

Ibu hamil juga perlu mengupayakan agar tidak terjatuh. Karena ketika Anda terjatuh rahim akan mengalami benturan. Benturan ini merupakan larangan bagi ibu hamil karena dapat berpotensi menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

Menjaga agar tidak terjatuh pada kondisi dan situasi apapun. Seperti saat berkendara dengan motor, terpeleset di kamar mandi, atau saat beraktivitas dalam rumah. Hindari menggunakan alas kaki yang licin.

Lakukan Istirahat Secukupnya

Cara mencegah keguguran kehamilan lainnya adalah dengan istirahat yang cukup. Utamanya ketika sedang hamil muda. Istirahat yang secukupnya akan sangat membantu menghindarkan Anda dari rasa lelah dari aktivitas fisik yang berat.

Aktivitas fisik yang berat juga dapat membuat ibu hamil mengalami kontraksi dini dan menjadi salah satu penyebab keguguran. Upayakan Anda jangan sampai merasa terlalu lelah dalam beraktivitas apa saja.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hamil Muda, Perhatikan dan Lakukan Tips Menjaga Kehamilan

Cegah Infeksi dan Radiasi

Ibu hamil wajib menjauh dan menghindari sumber radiasi maupun zat yang beracun. Efek dari sinar radiasi maupun paparan zat beracun bisa berdampak buruk pada janin.

Selain itu ibu hamil juga perlu mencegah dari berbagai penyakit infeksi. Serangan virus, bakteri, atau kuman akan berdampak terhadap perkembangan janin. Untuk caranya adalah dengan sering mencuci tangan dan menjauh dari risiko penularan infeksi.

Hindari Jalan Menanjak

Cara mencegah keguguran kehamilan selanjutnya yang juga penting adalah dengan menghindari jalan yang menanjak. Meskipun tidak ada larangan ibu hamil untuk pergi ke manapun, namun sebaiknya perhatikan kegiatan Anda.

Menghindari jalan menanjak tak hanya saat berjalan kaki namun juga saat naik kendaraan. Ibu hamil tidak disarankan naik kendaraan melalui jalan yang penuh tanjakan. Seperti lereng gunung, area bukit, atau tempat lain yang menanjak.

Ibu hamil harus menghindari dulu tempat-tempat semacam itu karena berbahaya. Jalan yang menanjak dapat menyebabkan rahim mengalami kontraksi. Jika kandungan Anda tidak kuat maka tentu bisa mengakibatkan keguguran.

Itulah beberapa tips dan cara mencegah keguguran kehamilan yang perlu Anda perhatikan. Selain mudah, beberapa tips ini juga efektif dalam menjaga kehamilan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu