Mengatasi Anak Kegemukan, Apa yang Harus Bunda Lakukan?

mengatasi anak kegemukan
Begini cara mudah mengatasi anak kegemukan. Foto: Ist/Net

Untuk mengatasi anak kegemukan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anak kegemukan atau obesitas pada anak bukan soal porsi makanan melainkan lebih pada kebiasaan. Orang tua bahkan bisa mengondisikan untuk menyeimbangkan asupan makanan dengan aktivitas anak.

Banyak sekali orang yang merasa gemas dengan balita yang mempunyai tubuh gendut. Bahkan tak sedikit yang beranggapan bahwa gemuk sebagai simbol asupannya yang bergizi. Apakah Anda juga merasakan hal yang demikian?

Oleh sebab itulah ada banyak orang tua yang membiarkan buah hatinya tumbuh sehat dengan berat badan yang terus bertambah setiap harinya. Sehingga tanpa kita sadari balitanya tumbuh dan mengalami kelebihan berat badan.

Namun membiarkan berat badan anak yang terus bertambah akan menjadi obesitas. Hal yang seperti ini pastinya sudah bukan hal yang baik. Anak pun tak lagi lucu dan menggemaskan.

Lantas adakah cara mengatasi anak kegemukan? Bila Anda mulai merasakan bahwa buah hati Anda mengalami overweight alias obesitas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini agar kegemukan balita tidak malah merugikan anak itu sendiri.

Dokter tentunya mengetahui bagaimana cara untuk menghitung berat badan balita yang ideal. Termasuk dalam memutuskan apakah buah hati Anda mengalami kegemukan atau tidak.

Baca Juga: Anak Sering Mimisan Tak Selalu Karena Penyakit, Ini Kemungkinannya

Lantas bagaimana apabila dokter sudah menyatakan anak Anda kegemukan? Sebagai ibu, Anda jangan panik dulu. Sebab masih ada cara agar anak Anda kembali ke berat badan seimbang tanpa kelebihan berat badan.

Cara Mengatasi Anak Kegemukan

Ada banyak pilihan cara menurunkan berat badan buah hati Anda. Selain untuk mencegah obesitas anak yang mengalami kegemukan, langkah ini juga penting agar tubuh anak tidak mudah terserang penyakit.

Lantas apa saja yang bisa bunda dan orang tua lakukan untuk mencegah obesitas? Berikut ini beberapa alternatif yang bisa bunda lakukan sebagai cara mengatasi anak kegemukan.

Membatasi Waktu Bermain Gadget atau Nonton TV

Salah satu alternatif menurunkan berat badan si kecil dengan membatasi waktu menonton televisi dan bermain gadget anak. Sebagai orang tua langkah ini terbilang sangat penting yang harus Anda lakukan.

Kedua jenis kebiasaan tersebut kerap membuat anak enggan untuk beranjak dari kursi atau tempatnya. Sehingga si kecil menjadi terlalu pasif. Mengubah kebiasaan bisa menjadi solusi efektif mencegah kegemukan anak.

Kesempatan untuk menonton televisi atau bermain gadget sebaiknya Anda memberikan kesempatan satu atau dua jam saja dalam sehari. Waktu lainnya bisa untuk aktivitas lain yang menuntut anak bergerak.

Membuat Anak Aktif Bergerak

Cara mengatasi anak kegemukan juga bisa Anda lakukan dengan cara membuatnya aktif bergerak. Baik dalam bentuk mengajak anak berolahraga atau membuat permainan yang membutuhkan aktivitas pergerakan fisik.

Anda dapat membuat aktivitas atau permainan yang membuatnya bergerak. Seperti contohnya bermain petak umpet atau lompat tali. Begitu juga permainan menaruh barang-barang kesayangannya pada tempat yang agak jauh, sehingga anak mau berjalan mengambilnya.

Dalam sehari pastikan anak Anda bergerak secara aktif setidaknya selama 30 menit. Selain untuk membakar lemak berlebih, aktivitas fisik juga berguna untuk melatih anak agar tidak malas.

Waktu Tidur yang Cukup

Alternatif lainnya untuk mengatasi anak kegemukan adalah memastikan anak tidur dalam waktu yang cukup. Mengapa memberikan waktu tidur yang cukup juga penting?

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Anak Tak Harus Mahal dan Mewah, Ini Menunya!

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya. Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk mengoptimalkan berbagai sel dan organ dalam tubuh.

Anak yang kurang tidur ternyata bisa meningkatkan risiko kegemukan pada balita. Selain itu, waktu tidur yang sedikit akan mengganggu kerja tubuh dalam melakukan regenerasi sel-sel tubuhnya.

Mengatur Pola Makan Anak

Cara lain untuk mengatasi anak kegemukan adalah dengan mengatur pola makannya dengan baik. Langkah yang paling simpel adalah dengan mengurangi cemilannya. Terutama dari jenis makanan yang tidak sehat.

Namun yang menjadi masalah saat si buah hati justru meminta cemilan di sela-sela jam makan. Anda tak perlu melarangnya untuk makan cemilan, sebaliknya Anda bisa mencoba mengganti cemilan yang kurang sehat dengan makanan sehat, seperti buah-buahan.

Mengatur pola makan juga berguna agar anak mendapat asupan nutrisi yang memang mereka butuhkan untuk pertumbuhannya. Sehingga langkah ini juga berguna untuk menurunkan berat badan si kecil

Itulah beberapa alternatif cara mengatasi anak kegemukan yang bisa bunda lakukan. Menurunkan berat badan si kecil yang mengalami kegemukan penting untuk mencegah obesitas. Dengan tubuh ideal anak akan lebih sehat dan jauh dari penyakit. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu