Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruMengatasi Kulit Keriput dengan Menggunakan Cara Rumahan

Mengatasi Kulit Keriput dengan Menggunakan Cara Rumahan

Mengatasi kulit keriput ternyata dapat anda atasi dengan menggunakan bahan alami. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu hal yang alami.

Penuaan kulit akan mengakibatkan keriput, terutama pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari. Misalnya wajah, leher, tangan, serta lengan bagian bawah.

Kebanyakan orang, keriput mulai akan muncul serta berkembang saat memasuki usia 40 tahun dan 50 tahun. Penyebab hal ini yaitu karena kulit kehilangan kelembaban serta ketebalan.

Ada peran genetika dalam perkembangan keriput, namun terdapat penyebab paling besar yaitu karena paparan sinar matahari. Keriput juga dapat diakibatkan karena merokok serta diet yang tidak seimbang.

Krim tanpa resep (OTC) yang memiliki kandungan retinol, antioksidan, dan juga protein kolagen turunan dari vitamin A bisa mengurangi kerutan halus. Terlebih dapat menghilangkan tekstur serta warna kulit yang tidak merata.

Akan tetapi, sebelum anda melakukan perawatan secara medis, anda dapat mencoba beberapa cara alami dengan bahan yang mudah untuk anda dapatkan.

Baca Juga : Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan Kulit, Anti Virus dan Pencernaan

Cara Mengatasi Kulit Keriput dengan Metode Rumahan

Memijat Wajah Menggunakan Minyak

Minyak yang bisa anda gunakan untuk mencegah keriput yakni minyak kelapa serta minyak zaitun. Minyak zaitun maupun minyak kelapa dapat anda oleskan pada wajah serta anda bisa melakukan pijat setiap sebelum tidur.

Kedua minyak tersebut kaya akan kandungan zat antioksidan yang dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang menyebabkan keriput. Bukan hanya itu saja, minyak kelapa dan juga zaitun memiliki kandungan zat pelembab alami.

Berikut cara memijat wajah menggunakan minyak:

  1. Pertama oleskan minyak secukupnya pada wajah anda yang telah anda bersihkan.
  2. Menggunakan jari telunjuk dan juga tengah untuk melakukan pemijatan 20 putaran pada area sekitar alis.
  3. Memberi tekanan yang ringan pada dahi dengan memakai ibu jari semalam 10 detik.
  4. Anda dapat melakukan hal yang sama pada bagian rahang selama 10 detik.
  5. Dengan melakukan pemijatan secara rutin, anda dapat menghaluskan kulit. Bahkan merelaksasi otot-otot pada wajah, sehingga bisa mengatasi kulit keriput.

Masker dari Bahan Alami

Baca Juga : Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Bahan-bahan alami yang bisa anda buat menjadi masker wajah antara lain:

  1. Campuran dari buah pisang dengan jus jeruk dan juga yogurt.
  2. Ada pula campuran dari putih telur dengan air perasan lemon serta madu.
  3. Anda juga bisa menggunakan kombinasi mentimun serta yogurt.

Bahan-bahan tersebut mempunyai kandungan zat anti oksidan dan juga mineral yang bisa mencegah keriput.

Memakai Gel Lidah Buaya

Untuk cara mengatasi kulit keriput berikutnya dengan memakai gel daging lidah buaya (aloe vera). Dengan mempunyai manfaat meredakan peradangan kulit, terutama setelah anfa terpapar sinar matahari.

Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya, dapat membuat kulit sejuk sekaligus mencegah iritasi dan juga keriput.

Asupan Makanan yang Sehat

Tidak hanya memenuhi kebutuhan kulit dari luar, anda juga harus imbangi dengan memenuhi kebutuhan kulit dari dalam, yaitu makan makanan yang sehat.

Makanan yang bisa mengatasi kulit anda yang keriput dini antara lain makanan yang mempunyai kandungan vitamin E. Misalnya seperti kacang-kacangan. Lalu juga makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Mulai dari blueberry, strawberry, jeruk, tomat, dan lain-lain.

Baca Juga : Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Menggunakan Sunscreen

Menjadi salah satu cara mengatasi kulit yang mengalami keriput, karena dalam penggunaan sunscreen saat keluar rumah mampu menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari yang merusak kekenyalan pada kulit anda.

Mengurangi Mencuci Wajah Terlalu Sering

Mencuci wajah memang baik untuk kulit wajah anda. Akan tetapi, bila anda melakukannya terlalu sering, kulit anda akan mudah mengendur dan juga kering. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kulit wajah anda menjadi keriput.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Kedelai

Dengan anda mengonsumsi makanan dan minuman yang berbahan dasar kedelai adalah salah satu cara untuk mengatasi kulit keriput dari dalam.

Sebab kedelai memiliki kandungan yang bisa anda percaya sebagai bahan alami yang merawat kulit. Sampai dengan membuat kulit terhidrasi sepanjang harinya.

Posisi Tidur yang Benar

Ada saran dari Akademi Dermatologi Amerika mengenai posisi tidur yang baik untuk mengatasi kulit keriput, yakni tidur secara terlentang dengan wajah menghadap ke atas. Posisi tidur dengan tengkurap atau miring bisa menyebabkan keriput dini pada wajah. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

- Advertisment -