Cara Mengatasi Stres Kerja dengan Aktivitas Ringan yang Efektif

cara mengatasi stres kerja
Cara mengatasi stres kerja. Foto: Ist/Net

Mengatasi stres kerja sebenarnya tidak sulit. Ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan. Baik dengan berkumpul bersama keluarga, berolahraga, hingga mengonsumsi cokelat. Menghalau stres kerja penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beban pikiran memang bisa datangnya dari mana saja. Bukan hanya dari masalah dalam keluarga saja. Terkadang pekerjaan yang menumpuk dan menyita waktu juga dapat menjadi faktor penyebab beban pikiran sehingga stres akan timbul.

Banyak orang yang mengalami masalah stres karena seharian kerja yang begitu padat sehingga menyita banyak waktu. Namun tekanan ini merupakan hal yang lumrah sebagai konsekuensi orang yang bekerja.

Ada banyak cara mengatasi stres kerja dan meredakan ketegangan pikiran yang biasanya orang lakukan. Seperti yang sering kita saksikan saat akhir pekan dengan banyaknya orang yang jogging atau sekedar rekreasi bersama keluarga.

Namun bagaimana dengan stres yang terjadi setiap hari, apakah kita akan menunggu untuk mengatasinya pada akhir pekan? Apalagi untuk Anda yang sibuk, melakukan traveling atau rekreasi bersama keluarga tentunya membutuhkan waktu.

Cara Mengatasi Stres Kerja yang Mudah

Meredakan stres dan beban pikiran sangat penting supaya keesokan harinya pikiran sudah fresh dan tidak lagi mengalami tekanan. Lalu seperti apa saja cara atasi beban psikologis akibat pekerjaan padat yang cocok untuk kita terapkan?

Baca Juga: Jantung Berdebar Kencang dan Badan Lemas? Ini Yang Harus Anda Tahu!

Sebenarnya ada banyak cara yang mudah dan bisa untuk menghilangkan stres sehabis kerja yang padat seharian. Namun ada beberapa cara mengatasi stres kerja yang lebih efektif untuk Anda terapkan berikut ini.

Lakukan Pijat

Salah satu cara yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah stres setelah Anda sehari penuh kerja padat adalah dengan melakukan pijat. Saat ini ada banyak tempat pijat yang dapat Anda kunjungi.

Dengan melakukan pijat minimal tubuh Anda akan lebih fresh dan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Anda perlu mencoba pijat kurang lebih selama 30 sampai 45 menit.

Jika sudah berkeluarga tak ada salahnya meminta bantuan istri untuk memijat. Gunakan minyak zaitun atau madu saat memijat yang akan membuat otot tubuh terasa lebih ringan. Selain tubuh kembali fresh, pikiran juga lebih jernih.

Lakukan Meditasi

Kalau beban kerja sehari penuh membuat pikiran Anda mumet dan penuh, Anda bisa mencoba cara mengatasi stres kerja dengan melakukan meditasi. Anda dapat coba meditasi dengan duduk di kursi atau  ranjang.

Setelah itu langsung saja lakukan meditasi sampai Anda merasakan bahwa ketenangan sedang Anda dapatkan. Begitu juga berbagai beban yang bergelora juga terasa semakin berkurang.

Kunjungi Gym

Terlalu lama duduk selama bekerja di kantor memang akan membuat tangan dan pundak teras pegal dan capai. Kalau sudah pegal seperti ini tentu tubuh akan terasa tidak nyaman.

Baca Juga: Obat Alami Darah Tinggi dan Pantangannya yang Wajib Anda Tahu!

Nah, keluhan seperti ini dapat mencoba cara mengatasi stres kerja dengan berkunjung ke tempat gym. Di tempat kebugaran ini Anda bisa latihan sepuasnya sampai Anda merasakan adanya perbaikan tubuh. Otot pun akan terasa lebih ringan.

Mengonsumsi Cokelat

Benarkah makan cokelat dapat menghilangkan dan meredakan stres? Selama ini masih banyak pro dan kontra terkait manfaat cokelat ini. Namun sejumlah penelitian menemukan kandungan cokelat yang sangat baik untuk membuat bahagia dan menghilangkan stres.

Cokelat mengandung banyak nutrisi dan senyawa yang sangat baik sebagai cara meredakan dan mengatasi stres kerja. Kandungan dalam cokelat itu antara lain:

Dopamine – Kandungan ini efektif dalam menjadikan perasaan menjadi tenang. Makan cokelat juga akan membuat mood menjadi lebih baik terutama ketika Anda sedang down atau kusut pikiran.

Phenylethylamine – Hasil survey Kraft Food menemukan cokelat sebagai makanan paling favorit para pasangan ketika hari valentine. Hal ini karena kandungan ini bersifat afrodisiak yang mampu memberikan perasaan senang dan bahagia.

Anandamide – Sejumlah studi lain juga mengungkapkan kandungan anandamide dalam cokelat mampu membuat tubuh menjadi terasa lebih ringan. Pikiran juga akan menjadi lebih santai dan bahagia setelah mengonsumsi cokelat.

Itulah beberapa langkah mudah cara mengatasi stres kerja yang bisa Anda lakukan. Dengan mengembalikan kebugaran psikis dan pikiran akan membuat kita siap untuk bekerja kembali keesokan harinya. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu