Menggunakan Android Device Manager, Solusi Pertama saat HP Hilang

Menggunakan Android Device Manager
Ilustrasi Menggunakan Android Device Manager. Foto: Ist/Net

Menggunakan Android Device Manager dapat anda manfaatkan untuk melacak perangkat Android yang hilang. Dengan menggunakan fitur ini, anda juga dapat memasang kata sandi sebagai sarana untuk mengunci perangkat.

Atau membuat perangkat berdering hingga menghapus semua isi ponsel apabila perangkat tersebut hilang serta tidak mungkin untuk anda temukan lagi.

Biasanya pada perangkat Android baru, layanan ini diaktifkan secara standar. Namun anda pun dapat mengaturnya secara manual untuk perangkat Android lama.

Cara Menggunakan Android Device Manager

Seiring berkembangnya zaman, smartphone tidak lagi sebagai kebutuhan tersier. Akan tetapi, perangkat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Dalam setiap aktivitas, keberadaan smartphone adalah suatu hal penting. Namun kebiasaan membawa ponsel ke berbagai tempat, terutama kawasan umum rentan akan kehilangan perangkat tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Android di Windows 10 Akan Hadir di Tahun 2021

Apabila hal ini terjadi pada anda, tentu akan menjadi hal yang sangat membuat anda tidak nyaman. Smartphone tentu menjadi salah satu barang berharga anda.

Banyak data-data penting tersimpan dalam perangkat tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, saat ini anda dapat mencari smartphone yang hilang dengan menggunakan Android Device Manager.

Pengertian Android Device Manager

Sesuai dengan namanya, Android Device Manager merupakan fitur rilisan dari Google untuk melacak ponsel yang hilang. Fitur ini hadir dalam 2 versi, yakni website Android Device Manager pada Android/devicemanager/google.com serta versi aplikasi.

Manfaat lain dari fitur ini adalah untuk mengunci smartphone yang hilang dari jarak jauh. Dengan demikian, perangkat tersebut tidak dapat digunakan oleh pihak lain.

Fitur ini tersedia pada semua jenis smartphoe Android versi 2.2 ke atas. Bahkan pada smartphone yang telah memperoleh kelengkapan dengan instalasi Google App.

Cara Mengaktifkan Android Device Manager

Sebelum anda menggunakan Android Device Manager, maka hal penting pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur tersebut. Berikut ini beberapa cara mengaktifkan Android Device Manager, antara lan:

Mengunduh Aplikasi pada Google Play Store

Baca Juga : Alat dan Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Logo

Sistem Android Device Manager telah secara otomatis terinstal serta aktif pada perangkat Android keluaran terbaru. Akan tetapi, untuk perangkat Android versi lama, maka pengguna harus mengunduh aplikasi ADM pada Google Play untuk dapat mengaksesnya.

Pastikan Sejumlah Fitur Aktif

Supaya instalasi dapat berjalan secara optimal, maka pastikan “Allow remote lock and erase” serta ” Remotely locate this device” telah aktif pada pengaturan perangkat Android anda.

Cara menggunakan Android Device Manager adalah dengan mengaktifkan “Allow remote lock and erase”, berarti mengizinkan Google agar menghapus dan juga mengunci datanya secara jarak jauh.

Sementara layanan “Remotely locate this device” bermanfaat untuk memberikan akses kepada Google agar selalu mendeteksi perangkat.

Mengaktifkan Android Device Manager

Agar dapat menggunakan beragam fitur yang terdapat pada Android Device Manager, maka langkah yang anda lakukan adalah buka Google Setting > klik menu Security> klik menu Device Administrator.

Lalu anda dapat memberikan tanda centang dalam boks yang bertuliskan Device Manager. Dengan demikian, anda telah berhasil mengaktivasi Android Device Manager.

Baca Juga : Aplikasi Android Penghasil Uang Tanpa Deposit, Ini Daftarnya

Android Device Manager Sebagai Sarana Melacak HP yang Hilang

Adapun cara melacak smartphone yang hilang dengan memanfaatkan Android Device Manager antara lain:

Pastikan Gadget Terkoneksi Internet

Hal penting pertama yang perlu anda lakukan untuk melacak ponsel yang hilang adalah dengan memastikan ponsel dalam keadaan menyala serta terhubung pada internet. Pasalnya, Android Device Manager tidak dapat bekerja pada smartphone yang dalam keadaan offline atau mati.

Buka Aplikasi atau Website Android Device Manager

Langkah berikutnya mengenai cara menggunakan Android Device Manager untuk melacak smartphone yang hilang adalah buka aplikasi Android Device Manager melalui perangkat lain yang anda miliki.

Selanjutnya login ke salah satu metode menggunakan akun Google yang terhubung dengan smartphone yang hilang. Dalam memanfaatkan Android Device Manager, maka anda akan memperoleh tiga opsi berbeda untuk melacak perangkat Android anda yang hilang.

Opsi tersebut terdiri dari erase, lock, dan ring. Apabila anda merasakan perangkat anda hilang atau terjatuh masih berada di sekitar anda, maka anda dapat memilih ring untuk menyembunyikan smartphone.

Apabila anda khawatir perangkat anda hilang karena dicuri, maka anda dapat memilih lock untuk mengunci smartphone. Anda juga dapat menggunakan erase untuk menghapus data-data penting.

Dengan menggunakan Android Device Manager, tentu dapat menjadi pertolongan pertama saat anda kehilangan ponsel. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah