Menggunakan Mi Mover pada Perangkat Non Xiaomi, Berikut Ulasannya

Menggunakan Mi Mover
Ilustrasi Menggunakan Mi Mover. Foto: Ist/Net

Menggunakan Mi Mover bermanfaat untuk mentransfer data dalam berbagai jenis. Baik dalam bentuk video, gambar, dokumen, pesan, riwayat panggilan, dan lain sebagainya.

Dengan Mi Mover dapat menjadi cara aman serta handal untuk mentransfer file secara nirkabel tanpa harus terhubung dalam jaringan internet.

Awalnya, Mi Mover bermanfaat untuk mentransfer semua jenis file yang berasal dari perangkat Xiaomi atau Redmi. Namun saat ini Mi Mover juga telah tersedia pada semua perangkat Android non Xiaomi serta Redmi. Dengan demikian, dapat memudahkan urusan transfer data para penggunanya.

Tips Menggunakan Mi Mover Untuk Transfer Data Aplikasi

Pada umumnya, masing-masing smartphone mempunyai aplikasi transfer data eksklusif. Hal ini sangat membantu serta memudahkan pengguna, terutama pada saat beralih ke perangkat baru.

Seperti pada aplikasi Mi Mover milik perusahaan Xiaomi. Awalnya aplikasi ini hanya tersedia pada perangkat Xiaomi. Tidak tersedia pada semua smartphone lainnya.

Namun dalam waktu beberapa waktu terakhir, terdapat kabar mengejutkan yang menyatakan bahwa aplikasi Mi Mover telah tersedia pada layanan Play Store yang ditujukan untuk semua perangkat Android.

Dengan demikian, para pengguna smartphone selain Xiaomi pun dapat memanfaatkan aplikasi ini pada perangkat mereka.

Manfaat Menggunakan Mi Mover

Pada saat akan memindahkan data dari ponsel lama ke ponsel baru, maka pengguna dapat memilih apakah akan memindahkan data aplikasi yang dimiliki atau tidak.

Data aplikasi merupakan data yang tersimpan secara lokal dengan berisi berbagai informasi kebutuhan aplikasi. Seperti akun serta personalisasi.

Pada saat pengguna memilih opsi ini, akan sangat berpengaruh terhadap waktu transfer. Sedangkan data aplikasi sebenarnya dapat anda peroleh secara lebih mudah hanya dengan melakukan login saja.

Selain itu, untuk mentransfer data aplikasi dari perangkat lama ke perangkat baru secara lebih cepat, anda dapat menggunakan Mi Mover.

Dengan demikian, pengguna dapat beraktivitas mobile seperti biasanya dengan data yang selama ini ia gunakan pada perangkat Android lama. Aplikasi Mi Mover saat ini dapat anda unduh secara mudah dan gratis melalui Google PlayStore.

Aplikasi Mi Mover secara bertahun-tahun telah menjadi bagian dari MIUI. Akan tetapi, baru akhir-akhir ini dapat dinikmati para pengguna smartphone lain selain Xiaomi atau Redmi.

Menggunakan Mi Mover dapat dikatakan urusan yang cukup standar. Dalam hal ini, Mi Mover akan mengambil izin anda untuk mengakses data. Selanjutnya akan meminta anda untuk memasangkan aplikasi pada perangkat Android baru anda.

Baca Juga : HP Xiaomi Tanpa Fingerprint, Peroleh Dukungan Beragam Fitur Menarik

Selanjutnya, anda dapat memilih jenis file yang akan anda pindahkan ke perangkat lain. Perlu anda ketahui bahwa ponsel non Xiaomi hanya bisa menjadi pengirim, akan tetapi bukan penerima. Hal inilah yang membedakan antara pengguna Mi Mover smartphone Xiaomi atau yang lainnya.

Cara Transfer Data dengan Memakai Mi Mover

Berikut ini panduan untuk mentransfer semua jenis data pada perangkat Android dengan menggunakan aplikasi Mi Mover antar dua perangkat Android, antara lain:

  1. Langkah pertama, pastikan kedua perangkat Android telah menjalankan firmware terbaru yang memiliki Mi Mover. Dalam hal ini, anda dapat mengunduh serta menginstal langsung pada Google Play Store.
  2. Selanjutnya, pada perangkat baru, anda masuk pada menu Setting <> Additional Settings <> pilih Mi Mover.
  3. Kemudian klik tombol “penerima” (I’m a recipient). Di sini anda akan melihat sebuah QR Code pada layar.
  4. Langkah berikutnya, pada perangkat Android yang lama, anda juga dapat masuk Settings <> Additional settings <> pilih Mi Mover. selanjutnya klik ” I’m a sender ( pengirim ).
  5. Kemudian, anda dapat melakukan Mi Mover pada kedua perangkat Android tersebut. Gunakan perangkat Android lama untuk memindai QR code yang terdapat pada perangkat Android yang baru.
  6. Apabila kedua perangkat telah terhubung, maka anda dapat memilih beberapa pilihan data atau item yang akan anda kirim.
  7. Setelah data telah terpilih, maka klik kirim. Tunggu hingga proses pengiriman data selesai.
    Apabila semua proses telah selesai, maka anda dapat tekan “Finish’ pada kedua perangkat Android yang anda gunakan.

Dengan menggunakan Mi Mover, maka anda masih dapat memiliki semua data perangkat Android lama, meskipun telah berganti dengan perangkat Android yang baru. Proses transfer melalui aplikasi ini cukup aman dengan waktu pengiriman yang cepat. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto