Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruMenghubungkan HP ke DVD Secara Praktis, Berikut Simak Ulasannya

Menghubungkan HP ke DVD Secara Praktis, Berikut Simak Ulasannya

Menghubungkan HP ke DVD saat ini bukanlah hal yang sulit. Dengan adanya perkembangan teknologi, apapun dapat anda lakukan dengan mudah.

Seperti pada teknologi terbaru yang terdapat pada TV LCD yang mampu mengakses file Android ke dalam layar TV. Hal ini dengan memanfaatkan kabel OTG serta HDMI guna memutar file multimedia seperti music dan video.

Dengan demikian, anda pun juga dapat menyambungkan perangkat Android ke DVD player dengan memanfaatkan adanya kemajuan teknologi.

Terdapat beberapa cara untuk dapat menyambungkan ponsel Android ke DVD player yang dapat anda lakukan dengan mudah. Sehingga anda pun dapat mengakses file HP Android ke DVD guna memutar musik atau video, layaknya sebuah CD.

Cara Menghubungkan HP ke DVD

Dalam menghubungkan HP menuju ke DVD player, hal yang perlu anda perhatikan adalah tidak semua format file musik serta video dapat anda putar pada DVD.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Aman dan Mudah

Oleh karena itu, anda perlu menyesuaikan format DVD yang anda gunakan seperti AVI, 3GP, MPEG4, MKV, MPEG2, MPEG1, MOV, WMV, WMA, DivX, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, anda dapat memutar musik serta video dari perangkat HP ke DVD. Berikut ini beberapa cara menghubungkan HP ke Android, antara lain:

Cara Menghubungkan HP ke DVD Melalui Jaringan Internet

Saat ini kemajuan internet sudah merambah ke berbagai media elektronik guna mengakses beragam hal dalam dunia maya. Dapat pula untuk mengakses dunia nyata seperti DVD player yang ada di rumah anda.

Berikut ini DVD player yang telah mendukung internet seperti pada merk LG BP620, Sony BDP-S590, Samsung BD-P3600, Panasonic DMP-BDT 22, hingga Sony Playstation 3.

Baca Juga : Menghubungkan HP ke TV Mudah dan Simple, Simak Caranya!

Beberapa merk DVD tersebut merupakan jenis modern dengan dukungan internet yang telah tersemat di dalamnya. Dengan demikian, anda dapat menghubungkan HP ke DVD player menggunakan jaringan internet tersebut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghubungkan jaringan internet antara HP Android dengan TV terlebih dahulu.

Selanjutnya, anda dapat menghubungkan Android dengan DVD melalui jaringan internet. Selain itu, anda juga harus mendukung internet dengan TV yang akan anda gunakan.

Cara Menghubungkan HP ke DVD Melalui Kabel Data (USB)

Merupakan salah satu cara yang cukup sederhana dalam menyambungkan perangkat HP ke DVD. Dalam hal ini, hampir sebagian besar DVD player telah mempunyai colokan kabel data atau USB.

Maka setelah kedua perangkat dapat terkoneksi dengan baik, secara otomatis anda dapat memutar video ataupun audio yang terdapat pada smartphone anda.

Dalam menggunakan cara ini, sebaiknya anda menggunakan format-format yang umum untuk dapat anda jalankan pada DVD player tersebut. Tips ini paling umum serta sering digunakan oleh masyarakat, karena cukup praktis dan aman.

Cara Menghubungkan HP ke DVD dengan Flashdisk

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan adanya flashdisk. Ini merupakan salah satu cara yang cukup rumit bagi orang awam.

Pada umumnya, menggunakan flashdisk dalam menyambungkan HP dengan DVD sering dilakukan oleh para kalangan muda yang lebih paham mengenai format dari sebuah file yang akan dimainkan dalam DVD player tersebut.

Beberapa jenis file yang dapat anda putar pada DVD melalui perangkat flashdisk antara lain WMV, WMA, DivX, AVI, 3GP, MPEG4, MKV, MPEG2, MPEG1, MOV, dan lain sebagainya.

Jika file yang akan anda putar tidak terdapat pada daftar tersebut, maka anda perlu menconvert file dengan menggunakan aplikasi pengubah format file (converter) pada perangkat Android anda.

Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi tersebut pada Google Play Store. Pilih yang paling sesuai, selanjutnya jalankan aplikasinya.

Baca Juga : Menghubungkan HP ke Tape Mobil, Berikut Pilihan Cara Mudahnya

Setelah proses convert atau mengubah file selesai, maka anda dapat pindahkan dari HP Android dengan menggunakan kabel data serta PC. Kemudian pindahkan file tersebut ke dalam flashdisk anda.

Proses berikutnya, maka anda tinggal mencolokkan flashdisk ke DVD player yang anda miliki. Tampilan menu pada DVD player akan nampak serta video pun dapat anda putar. Hal ini sama halnya untuk file audio atau suara.

Demikianlah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghubungkan HP ke DVD. Anda dapat memilih salah satu cara yang anda anggap paling mudah dan praktis. (R10/HR-Online)

- Advertisment -