Menghubungkan HP ke Tape Mobil, Berikut Pilihan Cara Mudahnya

Menghubungkan HP ke Tape Mobil
Ilustrasi Menghubungkan HP ke Tape Mobil. Foto: Ist/Net

Menghubungkan HP ke tape mobil dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Saat ini mobil keluaran terbaru dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menggunakan beragam fungsi yang tersemat di dalamnya.

Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik pada perangkat audio mobil. Hal ini tentunya dapat memberikan kenyamanan saat anda sedang mengemudi. Mendengarkan musik sembari menyetir dapat membuat suasana lebih hidup serta mencegah kantuk.

Hal ini tentunya sangat cocok bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Akan tetapi, perlu anda ingat, anda harus membuat batasan volume suara pada fitur audio tersebut.

Cara Menghubungkan HP ke Tape Mobil

Saat ini koneksi HP dengan head unit mobil telah menjadi salah satu fitur yang sangat dibutuhkan oleh pengemudi. Dengan menghubungkan perangkat ponsel ke tape mobil, maka pengemudi dapat mendengarkan beragam jenis lagu favorit yang tersimpan pada ponsel.

Terdapat beberapa cara untuk menghubungkan ponsel ke tape mobil yang dapat anda lakukan secara mudah. Beragam cara tersebut tergantung dengan fitur head mobil yang terdapat pada mobil yang anda miliki.

Berikut ini cara untuk menghubungkan perangkat HP ke tape mobil, antara lain:

Melalui Bluetooth

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan adanya bluetooth. Cara ini penggunaannya cukup sederhana. Pasalnya, anda tidak memerlukan adanya komponen atau alat tambahan lain.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Aman dan Mudah

Akan tetapi, hanya dapat menggunakan bluetooth yang terdapat pada tape mobil atau HP yang anda miliki. Berikut ini langkah-langkah menghubungkan HP ke tape mobil dengan menggunakan bluetooth, antara lain:

  1. Langkah pertama, hidupkan bluetooth pada HP anda. Kemudian buka pengaturan serta buat visible atau nampak oleh semua perangkat
  2. Hidupkan tape mobil serta pilih menu bluetooth
  3. Langkah berikutnya, cek ponsel dan pastikan bluetooth head unit terbaca serta HP dapat terhubung. HP terhubung pada head unit melalui bluetooth CAR-KIT.
  4. Kemudian jangan lupa pilih menu BT musik yang terdapat pada head unit. Supaya dapat mengontrol audio yang sedang anda putar pada ponsel langsung dari tape mobil.

Kabel USB

Port USB yang terdapat pada head unit merupakan salah satu cara yang paling umum untuk menghubungkan HP ke tape mobil. Selain untuk koneksi HP, port USB juga dapat anda manfaatkan untuk menyimpan lagu maupun film pada flash drive atau disc.

Baca Juga : Menghubungkan HP ke TV Mudah dan Simple, Simak Caranya!

Namun kendalanya, terkadang port USB pada head unit tidak dapat membaca semua data digital yang tersimpan pada HP ataupun flash drive.

Hal ini disebabkan karena data digital tersebut tidak berada dalam folder direktori secara tepat. Untuk mengetahuinya, anda dapat melihat pada buku panduan penggunaan head unit.

Melalui AUX

Cara selanjutnya dalam menghubungkan HP ke tape mobil adalah dengan melalui AUX. Dalam hal ini, masing-masing merk audio link memiliki cara yang berbeda dalam menghubungkan ponsel ke head unit mobil.

Akan tetapi, pada dasarnya, langkahnya tidak jauh berbeda seperti berikut ini:

  1. Hubungkan kabel AUX ke smartphone yang selanjutnya nyalakan tape mobil yang telah anda hubungkan juga pada kabel AUX ke port AUX in.
  2. Selanjutnya pilih menu AUX atau pilih menu AV
  3. Kemudian anda dapat mainkan salah satu musik pada HP. Jika berhasil, maka suara akan terdengar pada speaker mobil.

Meskipun cara menghubungkan HP ke tape mobil ini cukup mudah, akan tetapi terdapat kekurangan. Yang mana anda tidak dapat mengontrol musik yang anda putar dari tape mobil. Jika anda ingin mengganti lagi, maka anda harus menggantinya melalui perangkat HP yang terhubung.

Mirroring

Mirroring atau dengan istilah lain miracast sangat bermanfaat untuk membagikan tampilan layar HP menuju head unit mobil.

Baca Juga : Menghubungkan Stick PS3 ke Android Tanpa Root, Mudah dan Praktis

Maka apapun yang tampil pada layar smartphone akan muncul juga pada layar head unit. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan aplikasi pada HP dengan cara menyentuh layar head unit mobil.

Dengan berbagai cara menghubungkan HP ke tape mobil, maka anda tidak perlu lagi memegang ponsel saat mengemudi. Selain itu, anda dapat mengemudi dengan mendengarkan musik favorit secara aman. Selain itu, perjalanan anda pun akan terasa nyaman tanpa ada rasa bosan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto