Mengubah Ukuran Icon Android Praktis, Beri Kenyamanan Bagi Pengguna

Mengubah Ukuran Icon Android
Ilustrasi Mengubah Ukuran Icon Android. Foto: Ist/Net

Mengubah ukuran icon Android dapat anda lakukan dengan mudah. Terutama bagi anda yang merupakan pengguna smartphone dengan OS Oreo.

Melalui smartphone yang telah mengusung sistem operasi Android Oreo, tentu anda akan menemukan beberapa hal menarik yang berbeda serta mungkin tidak anda temukan pada versi OS Android sebelumnya.

Salah satunya adalah pengguna dapat mengkustomisasi tema smartphone hingga dapat mengubah ukuran icon Android pada perangkat anda.

Cara Mengubah Ukuran Icon Android

Pada OS Oreo tersemat salah satu fitur yang berfungsi untuk mengkustomisasi semua hal yang terdapat pada halaman muka smartphone anda.

Baca Juga : Mengubah Tampilan Menu Android, Simak Berikut Ini Cara Mudahnya!

Termasuk di dalamnya adalah mengubah bentuk ikon Android. Bagi anda yang ingin mengubah bentuk atau ukuran ikon pada halaman muka smartphone yang anda miliki, dapat mengikuti beberapa cara berikut.

Tips Mengubah Ukuran Icon Android Dengan Mengubah Bentuk Icon

Untuk membuat ukuran icon Android menjadi lebih kecil pada tampilan utama layar, maka dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Langkah pertama, pada layar muka atau home screen, anda tekan layar hingga muncul adanya jendela pengaturan. Selanjutnya, anda dapat pilih opsi ” Setelan Layar Utama”.
  2. Langkah berikutnya, anda dapat mencari opsi untuk mengubah bentuk ikon serta atur sesuai dengan yang anda inginkan. Dalam hal ini, anda dapat mengubahnya menjadi bundar, persegi, dan lain sebagainya.
  3. Dengan mengubah bentuk icon dari menu setting default ke bundar, maka akan menyebabkan icon nampak lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Tips Mengubah Ukuran Icon Android pada Tampilan Utama Layar

Selanjutnya, bagi anda yang menginginkan tampilan ikon menjadi lebih besar atau lebih kecil pada layar utama, maka anda dapat menyiasatinya dengan mengubah ukuran grid yang terdapat pada smartphone anda.

Untuk ukuran icon yang lebih besar, maka anda dapat mengubah grid pada ukuran 4×4. Namun jika anda ingin mengubah icon ponsel menjadi lebih kecil, anda pun dapat mengganti grid menjadi ukuran 5×5.

Caranya cukup mudah, anda cukup masuk pada menu pengaturan layar yang dapat anda akses layar menu utama. Melalui menu ini, anda akan memperoleh pilihan “Kisi Layar”.

Baca Juga : Mengubah Ukuran Font pada Android, Mudah dan Efektif

Selanjutnya pilih “Kisi layar”, maka anda dapat mengatur berapa jumlah ukuran ikon pada satu halaman smartphone yang anda miliki.

Menggunakan Small Icon Apex Theme

Cara mengubah ukuran icon Android selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi Small Icon Apex Theme. Anda dapat unduh dan install aplikasi tersebut dari layanan Google Play Store.

Aplikasi Icon Pack dapat mengubah default gambar icon aplikasi anda, sedangkan theme hanya dapat mengecilkan ukuran icon ponsel anda.

Setelah aplikasi Small Icons Apex Themes berhasil terinstall, maka pada homecscreen anda cukup usap layar dari bawah ke atas. Selanjutnya pada tampilan pengelola beranda akan hadir beberapa pilihan.

Anda dapat memilih Icon Pack atau paket Ikon serta terapkan pada Small Icons Apex Theme. Tunggu beberapa saat, yang akhirnya icon pada smartphone Android anda akan segera berubah menjadi lebih kecil.

Baca Juga : Mengubah Sistem Android Menjadi Windows Praktis, Berikut Ulasannya

Namun penting untuk anda ketahui, theme tidak akan mengubah tampilan gambar icon pada aplikasi yang ada. Akan tetapi, hanya mengubah ukuran icon Android menjadi lebih kecil.

Cara Mengubah Icon Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Mungkin anda merasa tidak nyaman dengan ukuran icon Android yang terdapat pada perangkat anda, baik icon tersebut terlalu besar atau terlalu kecil.

Anda tidak dapat mengubahnya dengan mudah menggunakan fitur yang terdapat pada smartphone anda. Cara ini khusus untuk Android Oreo 8.1. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda lakukan, antara lain;

  1. Langkah pertama masuk pada menu pengaturan Android yang anda miliki.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi “Tampilan’
  3. Berikutnya pilih “Ukuran Layar” yang berada pada bagian bawah.
  4. Selanjutnya akan terdapat tiga ukuran layar yang dapat anda pilih, yakni kecil, default, serta besar yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan.

Dengan mengikuti beberapa cara mengubah ukuran icon Android di atas, maka dapat menyesuaikan ukuran untuk memperoleh kenyamanan saat menggunakan perangkat Android. Dengan ukuran kecil, maka layar ponsel akan banyak menampung icon Android. Sebaliknya dengan ukuran yang besar, maka icon yang tertampung pun akan menjadi lebih sedikit. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto