Meski Pandemi, Kesadaran Bayar Pajak di Ciamis Cukup Tinggi

Bayar Pajak
Bupati Ciamis saat memberikan sambutan dalam launching kampung Al Qur'an dan Desa Literasi di SMAN Kawali. Foto: Es/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis mengapresiasi camat dan kepala desa yang tetap menjalankan tugasnya secara kreatif dalam percepatan bayar pajak meski dalam situasi pandemi covid-19.

Bupati Herdiat saat sosialisasi kebijakan pajak daerah dan launching SPPT PBB-P2 tahun 2021 mengatakan, pendapatan negara yang dilimpahkan ke daerah tersebut sangat berperan penting membantu jalannya roda pemerintahan.

“Dalam situasi seperti ini, memang seharusnya ada relaksasi untuk masyarakat karena kondisinya sedang sulit,” kata Herdiat dalam agenda yang sekaligus perintisan kampung Al Qur’an dan Desa Literasi di Gor SMAN 1 Kawali, Kamis (18/2/2021).

Meski begitu, kata Herdiat, masyarakat justru memiliki kesadaran cukup tinggi dalam bayar pajak, yang mana akan bermanfaat sekali bagi pemerintah dalam menjalankan program pembangunan.

baca juga: Puskesmas Telantarkan Pasien, Anggota DPRD Ciamis Ini Ngamuk

Bangkit dari Pandemi

Dengan adanya perintisan kampung Al Qur’an, kata Herdiat, bisa menjadi inspirasi semua wilayah yang ada, sehingga tidak hanya di Kawali saja.

Sehingga program gerakan salat berjamaah maupun maghrib mengaji pun terus berlangsung guna menciptakan generasi yang berakhlak mulia.

Termasuk juga adanya desa literasi, ia pun meminta semua desa harus memiliki perpustakaan agar meningkatkan SDM melalui peningkatan minat baca dan tulis.

“Sesuai visi misi kita yang tertuang dalam RPJMD dan telah masuk Perda setebal 400 halaman, kita ingin masyarakat Ciamis itu sehat lahir batin. Dengan adanya desa literasi ini sangat bagus karena mendukung itu,” imbuhnya.

Dari total jumlah penduduk Tatar Galuh, lanjutnya, sekitar 70 persen di antaranya merupakan petani.

Sehingga hal ini menjadi kesempatan untuk menciptakan peluang dengan mengunggulkan produk lokal. (Es/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid