Mie Kocok Bandung Legendaris Citarasa Khas, Berikut Rekomendasinya!

Mie Kocok Bandung
Ilustrasi Mie Kocok Bandung. Foto: Ist/Net

Mie kocok Bandung salah satu hidangan mie dengan citarasa kaldu yang sangat khas. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang tersaji dalam kuah kaldu sapi kental, dengan tambahan irisan kikil, taoge, bakso, serta taburan irisan daun bawang dan bawang goreng.

Dalam beberapa resep mie kocok, terdapat tambahan babat sapi yang sangat menggugah selera. Istilah kocok dalam kuliner ini merujuk pada proses mengolahnya.

Dengan mengocok-ngocokkan mie dalam suatu wadah logam bolong-bolong bergagang. Dalam proses tersebut, penjual seraya mencelupkan mie ke dalam air panas. Untuk membuat mie kocok, jenis mie yang digunakan adalah mie kuning gepeng yang memiliki tekstur lembut.

Selain itu, untuk menambahkan citarasa ke dalam mie kocok, dapat pula anda bubuhkan kecap manis beserta sambal. Bagi anda yang berkunjung ke kota Bandung, dapat dengan mudah menemukan penjual mie kocok di berbagai kedai-kedai pinggir jalan.

Mencicipi Nikmatnya Mie Kocok Bandung

Suasana dingin kawasan Bandung terutama saat musim hujan saat ini, paling nikmat makan yang hangat-hangat. Semangkuk mie kocok dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang sedang berada di kota ini.

Baca Juga: Makanan Khas Bali yang Pasti Membuat Anda Kangen, Cek Daftarnya!

Membayangkan semangkuk mie kocok tentu sangat menggugah selera. Dengan aroma yang sangat gurih dengan berbagai isian yang menggoda.

Sajian ini akan semakin lengkap jika anda nikmati dengan kerupuk kanji serta tuangkan sambal cabai rawit merah. Pengolahan mie dengan proses direbus serta dikocok menjadikan hidangan ini terasa sangat khas.

Menariknya lagi, mengenai rasa, kuliner ini sangat istimewa. Pasalnya, tempat-tempat yang menjual mie kocok telah ada sejak puluhun tahun lalu, yakni dengan menggunakan resep yang turun-temurun.

Sajian mie kocok Bandung sekilas memang mirip dengan mie kocok Cirebon. Namun sebenarnya keduanya adalah jenis kuliner yang berbeda. Masing-masing hidangan ini memiliki citarasa dan ciri khas masing-masing.

Anda semakin penasaran untuk mencicipi hidangan ini. Berikut ini beberapa rekomendasi mie kocok yang cukup legendaris, antara lain:

Mie Kocok Mang Dadeng

Salah satu kedai mie kocok Bandung cukup legendaris yang nikmat dan murah adalah mie kocok Mang Dadeng. Berlokasi di Jl. Kyai Ahmad Dahlan No.67, Turangga, Lengkong, Bandung.

Dalam kedai ini menawarkan mie kocok dengan citarasa khas dan olahan bumbu yang spesial. Resep spesial dari kedai Mang Dadeng telah ada secara turun-temurun yang merupakan rahasia keluarga.

Mie kocok Mang Dadeng terbuat dari 27 jenis bumbu rempah dengan rebusan kaki serta tulang sapi yang dimasak secara terpisah.

Baca Juga: Tempat Makan Enak di Bandung dengan Menu Khas, Ini Rekomendasinya

Salah satu resep rahasia dari kedai ini adalah dalam proses pembuatannya yang menghilangkan bau amis tulang. Dalam empat jam proses rebusan, mie kocok Bandung ini ditambahkan dengan daun salam, sereh, serta jahe ke dalam rebusan tersebut.

Hal menarik lainnya, untuk menjaga agar kuah tetap hangat serta khas, maka proses memasak mie kocok Mang Dadeng menggunakan bata arang. Hal ini bertujuan untuk menjaga aroma dari mie kocok tersebut agar tetap nikmat.

Menu mie kocok Mang Dadeng terdiri dari mie kuning gepeng, potongan kikil, sumsum, taburan daun seledri, bawang goreng, dan tauge. Harga satu porsi mie kocok Mang Dadeng cukup terjangkau yakni Rp 23.000.

Mie Kocok Persib

Sesuai dengan namanya, mie kocok Bandung satu ini terletak pada area parkir kendaraan Stadion Persib. Lebih tepatnya berada tepat di area pintu gerbang masuk stadion Persib.

Tempat ini beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No, 273, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung. Keistimewaan dari mie kocok Persib adalah tersaji dengan mie gepeng, kikil, taoge, potongan tulang iga lengkap dengan daging, serta tulang rawan yang masih menempel.

Baca Juga: Bakmi Parahyangan Bandung Jalan Sukajadi dengan Menu Istimewa

Hal inilah yang membedakan mie kocok Persib berbeda dengan menu mie kocok lainnya. Selain itu, cara pembuatan kuahnya beraroma sangat sedap dan lezat.

Kuah tersebut terbuat dari daging serta tulang yang masih berisi sum-sum dimana caranya direbus selama 6 jam. Perebusan ini menggunakan suhu pemanas hingga 80 derajat Celcius.

Menikmati hidangan mie kocok Bandung sangat tepat saat masih dalam keadaan panas. Dengan demikian, rasa kuah dengan mie serta perpaduan isian lainnya dapat menyatu di lidah. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang