Mimisan Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya Secara Alami

mimisan saat hamil
Penyebab mimisan saat hamil. Foto: Ist/Net

Mimisan saat hamil pada umumnya tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi ibu maupun janinnya. Terlebih apabila intensitas mimisan yang terjadi masih cukup ringan. Namun penting mengenal penyebab dan cara mengatasi mimisan pada kehamilan.

Seseorang yang sedang hamil termasuk yang cukup rentan mendapatkan berbagai keluhan akibat kondisi fisiknya, termasuk mimisan. Hal tersebut masih tergolong normal, sebab kondisi hamil dapat menyebabkan perubahan hormon penyebab mimisan itu sendiri.

Namun berbeda ceritanya jika intensitas mimisan sudah terjadi lebih sering dan berkelanjutan. Hal tersebut mungkin saja bisa menjadi pertanda akan terjadinya pendarahan berat setelah melahirkan.

Baca Juga: Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Oleh sebab itu, jika mimisan masih terjadi bahkan sampai trimester ketiga, maka ibu hamil dianjurkan untuk melahirkan secara caesar. Hal ini karena risiko yang timbul terkait keselamatan janin yang akan lahir.

Penyebab Mimisan Saat Hamil

Mengalami mimisan saat hamil membutuhkan dan perlu kita sikapi dengan lebih tenang dan tidak panik. Sebab kepanikan justru hanya akan memperparah kondisi kesehatan sang ibu maupun janinnya.

Oleh sebab itu penting bagi ibu hamil untuk mengenal faktor pemicunya. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya mimisan saat sedang mengandung yang perlu ibu hamil pahami terlebih dahulu.

Cuaca Dingin

Salah satu pemicu terjadinya mimisan saat hamil yakni kondisi cuaca dingin. Kondisi lingkungan itu dapat menyebabkan selaput hidung mengering dan perubahan beberapa kondisi medis lainnya pada tubuh.

Kondisi-kondisi tersebutlah yang dapat memicu terjadinya mimisan saat sedang mengandung. Termasuk kemungkinan terjadinya hipertensi dan pembekuan darah saat hamil.

Naiknya Suplai Darah

Ketika hamil, tingkat suplai darah dalam tubuh seseorang akan meningkat. Hal ini wajar terjadi seiring dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi dan oksigen untuk janin.

Hal tersebut ternyata dapat menyebabkan pembuluh darah membesar, termasuk yang terdapat pada hidung. Pembesaran pembuluh darah ini dapat menyebabkannya lebih rentan untuk pecah hingga menyebabkan mimisan.

Perubahan Hormon

Penyebab mimisan saat hamil juga bisa karena perubahan hormon akibat mengandung. Bahkan hal ini bisa menjadi pemicu utama gangguan ini. Terutama kadar hormon estrogen dan progesteron pada selaput bagian dalam hidung akan semakin meningkat.

Baca Juga: Penyebab Hidung Mimisan dan Sakit Kepala, Salah Satunya Sinusitis

Hal tersebut dapat membuat selaput lendir dalam hidung membengkak dan menyebabkan pembuluh darah menjadi tertekan. Kondisi seperti ini sangat rentan terjadi mimisan.

Cara Mengatasi Mimisan Saat Hamil

Perubahan kondisi tubuh yang terjadi saat kehamilan, seperti mimisan, dapat menjadi pemicu stres dan kepanikan pada sang ibu. Ibu hamil sebaiknya mengetahui bahwa kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang berbahaya bagi dirinya dan sang janin.

Apalagi jika hanya terjadi sesekali. Oleh karena itu, seseorang yang sedang mengandung perlu mengetahui beberapa langkah awal yang dapat dilakukan jika terjadi mimisan saat hamil. Berikut adalah beberapa cara tersebut:

  • Memperbaiki posisi tubuh dengan duduk atau berdiri dalam posisi tegak dan kepala Anda tundukkan sedikit.
  • Menghindari posisi tidur dengan menengadahkan bagian kepala ke atas. Sebab hal tersebut akan membuat darah yang pecah pada pembuluh hidung mengalir ke bagian dalam hingga ke bagian belakang tenggorokan.
  • Menekan bagian bawah hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  • Melakukan pernapasan melalui mulut dengan tetap menekan hidung selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  • Mengompres hidung dengan air dingin atau es yang kita bungkus kain.
  • Hal penting yang juga harus Anda lakukan jika terjadi mimisan saat hamil yakni membuat pikiran lebih tenang dan tubuh menjadi lebih rileks.

Agar mimisan tidak terjadi lagi, ada beberapa hal yang juga harus Anda hindari setidaknya selama 24 jam setelah mimisan. Hal itu termasuk membuang lendir atau ingus terlalu kuat atau keras, dan tidur terlentang.

Baca Juga: Waspadai Penyebab Mimisan pada Anak Sebelum Terlambat

Selain itu, hindari juga membungkuk terlalu lama, melakukan aktivitas berat, dan mengorek hidung lebih sering. Anda juga perlu menghindari minuman beralkohol dan minuman panas. Hal ini dapat mengatasi penyebab pembuluh darah pada hidung melebar dan memperparah kondisi mimisan.

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab mimisan saat hamil yang sebaiknya Anda tahu. Ada banyak cara mengatasi gangguan ini, termasuk juga cara mencegahnya. Risiko mimisan terhadap janin perlu kita cegah sedini mungkin. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu