Mobil Sering Mati Mendadak Tidak Hanya Disebabkan BBM Habis

Mobil Sering Mati Mendadak tidak Hanya Disebabkan BBM Habis
Ilustrasi mobil sering mati mendadak. Foto: Ist/Net

Mobil sering mati mendadak bisa terjadi karena berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Salah satunya karena kurangnya dilakukan perawatan pada semua komponen kendaraan.

Karena alasan inilah, anda bisa mengalami mobil yang sering mogok secara tiba-tiba. Jika hal ini terjadi, tentu akan menjengkelkan dan membuat anda panik saat melakukan perjalanan.

Apalagi jika pemilik kendaraan tidak tahu akan dunia otomotif, tentu bisa menjadi mimpi buruk. Maka dari itu, sebaiknya anda jangan sampai mengalami hal tersebut.

Alangkah sebaiknya anda berikan perawatan dan pengecekan. Sebab, semua komponen kendaraan perlu itu agar tidak terjadi hal buruk saat perjalanan.

Keberadaan mobil kini menjadi kebutuhan yang cukup banyak orang penuhi karena manfaatnya. Maka dari itu, sebaiknya anda jangan hanya memilih kendaraan dari desainnya saja.

Baca Juga : Masalah Rem Mobil yang Umum Terjadi Secara Tiba-Tiba

Sebaiknya perhatikan juga semua komponen yang berperan. Sehingga bisa membuat mobil berfungsi dengan baik tanpa anda harus merasa takut terjadi masalah di perjalanan, seperti mati mendadak.

Banyak masalah yang sering terjadi pada kendaraan termasuk mobil. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor penyebabnya.

Salah satu masalah yang terjadi yaitu mobil sering mati mendadak saat perjalanan. Jika terjadi hal tersebut, tentu akan mengganggu aktivitas perjalanan.

Cara yang bisa anda lakukan yaitu cek bagian bahan bakarnya. Jika BBM masih, tentu ada masalah lain yang mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Lakukan pengecekan hingga perawatan pada kendaraan secara berkala. Hal tersebut bertujuan agar anda bisa tetap aman dan nyaman saat berada dalam perjalanan.

Penyebab Mobil Sering Mati Mendadak

Kendaraan yang mengalami masalah mati mendadak sudah sering dialami sebagian besar orang. Padahal bahan bakarnya belum habis, hal inilah yang sering terjadi dan membuat pemilik kendaraan merasa panik.

Apalagi jika pengemudi tidak mengerti sama sekali dengan otomotif, tentu hanya memanggil bengkel menjadi solusinya. Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, anda perlu tahu penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Bergetar, 3 Masalah yang Umum Terjadi

Sehingga sewaktu-waktu mobil mengalami mogok, anda bisa memberikan penanganan dengan cepat. Tanpa perlu panik, masalah bisa segera teratasi. Ada beberapa penyebab yang bisa terjadi ketika mobil mengalami mogok.

Sebab, masalah yang bisa terjadi bukan hanya habisnya bahan bakar. Namun, ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada komponen kendaraan. Penyebab mobil mogok mendadak antara lain:

1. Bensin Habis

Penyebab utama mobil sering mati mendadak karena bahan bakar habis. Masalah ini memang sering sekali terjadi, padahal sudah ada indikator yang bisa menjadi tanda.

Tidak ada salahnya anda juga membuka tangki bensin dan melakukan pengecekan. Ketika bahan bakar benar-benar habis saat mobil tiba-tiba mogok inilah yang menjadi penyebabnya.

Pompa atau injektor yang bermasalah bisa menjadi sebab bensin tidak bisa mengalir dengan baik. Selain itu, selang bahan bakar yang rusak juga bisa menimbulkan masalah yang sama.

2. Starter Bermasalah

Mobil sering mati mendadak juga bisa terjadi karena starter mengalami masalah. Seiring pemakaiannya yang berkala, komponen tersebut juga bisa mengalami kerusakan.

Salah satu starter rusak yaitu mesin tiba-tiba mati ketika menyala. Hal ini bisa terjadi karena tenaga ke mesin pengapian dan bahan bakar terganggu.

Beberapa kasus terjadi karena masalah itu sendiri. Jika hanya berkapasitas ringan, maka mesin akan kembali nyala setelah beberapa waktu. Namun, jika masalahnya sudah cukup parah, tentu anda perlu membawanya ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut.

3. Alternator Rusak

Penyebab mobil sering mati mendadak juga bisa karena altenatornya rusak. Padahal komponen tersebut memiliki fungsi yang cukup penting guna mengalirkan arus listrik ke dalam aki.

Baca Juga : Cara Meredam Panas Kabin Mobil dengan Cepat dan Mudah

Jika komponen tersebut bermasalah, aki akan mendapatkan dampaknya yaitu listrik habis. Akhirnya mesin mati meski sedang dikendarai dan biasanya terjadi pada saat mobil dalam keadaan langsam.

4. Overheat

Masalah yang bisa terjadi jika mobil dalam keadaan panas atau overheat. Hal ini bisa terjadi jika anda kurang rutin dalam memeriksa kondisi air radiator. Jika air berkurang volumenya, sebaiknya untuk segera menambah.

Sebab, jika tidak mesin akan overheat. Banyak sekali penyebab timbulnya masalah yang bisa terjadi pada kendaraan. Salah satunya yaitu mobil sering mati mendadak. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto