Mobil SSC Tuatara Tercepat di Dunia, Punya Jarak Tempuh 455,3 Km/Jam

Mobil SSC Tuatara Tercepat di Dunia, Punya Jarak Tempuh 455,3 KmJam
Mobil SSC Tuatara. Foto: Ist/Net

Mobil SSC Tuatara sempat mengklaim dirinya menjadi mobil tercepat di dunia. Tepatnya tahun lalu sehingga mobil ini telah diproduksi secara masal. Meski demikian, banyak pihak yang meragukan hal tersebut. Hingga Tuatara akhirnya melakukan tes ulang.

Saat itu, uji coba berlangsung pada bulan Desember 2020. Lokasinya berada di Johnny Bohmer Proving Grounds Kennedy Space Center. Namun saat itu mobil mengalami masalah mesin sehingga terjadi pembatalan.

Uji Coba Mobil SSC Tuatara

Untuk membuktikan bahwa mobil ini adalah mobil tercepat di dunia, akhirnya dilakukan uji coba kembali. Tepatnya pada 27 Januari 2021 kemarin. SSC Tuatara sudah berhasil meraih gelar mobil tercepat di dunia.

Hypercar ini bisa mencapai kecepatan paling tinggi dengan rata-rata dua arah 455,3 km/jam. Memang tidak secepat pada uji coba pertama bulan Oktober lalu. Akan tetapi, rekor ini sanggup mengalahkan pesaingnya, Koenigsegg Agera RS yang hanya mencapai 446,97 km/jam tahun 2017.

Seperti yang tertuang dalam aturan Guinness World Records bahwa seluruh mobil yang ingin memperebutkan rekor harus melakukan dua putaran bolak balik. Dari situ akan diperhitungkan kecepatan rata-rata dua arahnya.

Spesifikasi SSC Tuatara

Mobil SSC Tuatara ini memiliki tampilan yang sporty. Bobot hypercar ini hanya 1.247 kg saja. Hal ini karena dukungan bodi serat karbon serta monocoque.

Baca Juga : Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik dengan Platform Terbaru yang Canggih

Selain itu, ini berkat peran dari aerodinamikanya. Hypercar SSC Tuatara ini mempunyai bagian depan yang luasnya 18 kaki persegi. Bahkan mobil ini juga memiliki koefisien drag sebesar 0,279.

Sebenarnya apa yang ada dalam mobil ini hingga menjadikannya sebagai mobil super cepat? Ternyata SSC Tuatara bisa memiliki kecepatan super karena adanya kombinasi drivetrain. 

Selain itu, karena konstruksi mobil yang ringan dan desain aerodinamikanya yang cerdas, membuat mobil ini melaju dan menembus kecepatan hingga 455,3 km/jam.

Mesin ini tersalur melalui transmisi penggerak roda bagian belakang atau rear wheel drive. Sementara itu pada bagian konfigurasi transmisinya, mobil SSC Tuatara ini mempunyai transmisi kecepatan manual.

Transmisi ini telah dikomputerisasi sampai 7 percepatan. Tak heran dengan mesin yang seperti itu, membuat SSC Tuatara dapat melaju secepat kilat. 

Mesin Canggih V8

Pada bagian dapur pacu, mobil tercepat di dunia ini telah membekali dirinya dengan mesin yang canggih. SSC Tuatara menggunakan mesin V8 dengan kapasitas 5,9 liter twin-turbo.

Penggunaan mesin ini tentu saja bisa menghasilkan tenaga yang besar hingga 1.750 hp. Menggunakan bahan bakar berupa etanol E85 dan 1.350 hp dengan bahan bakar bensin oktan 91.

Baca Juga : Spesifikasi Renault Kiger, Desain Sporty Mulai Rilis Bulan Januari

Sedangkan torsi mobil SSC Tuatara ini bisa mencapai 1.735 Nm yang telah berkolaborasi dengan transmisi manual otomatis atau AMT.

Berhasil Meraih Rekor Mobil Tercepat di Dunia

Setelah melakukan beberapa kali uji coba, hypercar ini berhasil membuktikan diri sebagai mobil tercepat di dunia. Seperti informasi awal tadi, SSC Tuatara berhasil meraih kecepatan tertinggi 455,3 kpj.

Hypercar ini mempunyai angka koefisien hambat udara 0,279 Cd, downforce belakang sebesar 63%, dan bagian depan sebesar 37% selama melaju 241,1-531 kilometer per jam. Atau setara dengan 150-330 mph.

Agar tidak ada lagi keraguan, maka SSC telah menggunakan Racelogic USA sebagai bantuan teknis untuk memvalidasi dan mengukur uji coba kecepatan tinggi.

Dalam uji coba kali ini, ada banyak pihak yang terlibat. Khususnya dalam penghitungan kecepatan. Hal ini membuat sebuah keyakinan akan hasil yang mereka raih.

Baca Juga : Wuling Journey Pickup, Kendaraan Khusus Wirausahawan Muda

Meski menggunakan Racelogic dan tidak meragukan kualitasnya, namun proses penghitungan juga menggunakan alat lain supaya nantinya tidak ada celah untuk kritikan.

Hasilnya perbandingan antara Racelogic dengan alat lain tersebut memiliki hasil yang sama. Sementara itu, data serta waktu pengumpulannya oleh sistem GNSS Racelogics VBOX 31 100Hz.

Walaupun tak secepat uji coba pertama, namun CEO SSC North America Jerod Shelby merasa puas. Sebab telah berhasil membuktikan keraguan banyak orang akan kemampuan Mobil SSC Tuatara.

Harga SSC Tuatara

Meski berhasil menjadi mobil super cepat di dunia, namun SSC Tuatara ini hanya memproduksi hypercar ini 100 unit saja. Jadi, bersiap-siaplah untuk berebut memiliki mobil ini. Banderol harga untuk mobil super cepat ini mulai dari 1,625 juta USD atau berkisar 23,9 miliar rupiah.

Puncak harga mobil ini bisa mencapai 1,9 juta USD atau 28 miliar. Pastinya harga ini memiliki perbedaan opsional aksesori seperti paket High Downforce Track Pack yang ada pada mobil SSC Tuatara ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto