Pemprov Jabar Akan Luncurkan Mobil Vaksin Covid-19 Jangkau Lansia

Mobil Vaksin Covid-19
Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan meluncurkan Mobil Vaksin Covid-19. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar kembali berinovasi dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19. Kali ini akan meluncurkan mobil vaksin Covid-19 tujuannya untuk mempercepat vaksinasi tahap dua Jabar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan inovasi ini akan menyasar para lansia sebagai sasaran penyuntikan vaksin Covid-19. Selain itu mobil ini nantinya dapat menjangkau sejumlah daerah terpencil.

“Lansia kan ada keterbatasan fisik, itu menjadi perhatian kami. Alhamdulillah Bapak Presiden sudah mengizinkan kami menggunakan inovasi mobil vaksin Covid-19,” ujar Ridwan Kamil dari Mapolda Jabar, Bandung, Senin (22/2/2021).

Ridwan Kamil menjelaskan nantinya mobil vaksin akan secara mobile menyasar ke daerah dan menjemput lansia.

“Jadi masyarakat jangan kaget apabila melihat mobil vaksin Covid-19 muter-muter ke daerah,” ungkapnya.

Sasaran vaksinasi tahap dua sebanyak 6,6 juta orang. Yakni 4.4403.983 orang lansia dan petugas publik sebanyak 2.195.215 orang.

Ridwan Kamil menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika lansia menjalani vaksinasi Covid-19.  Tidak semua lansia menjalani vaksinasi tapi hanya yang memenuhi syarat dan proporsional.

Selain menjelaskan mengenai inovasi mobil vaksin Covid-19, Ridwan Kamil pun menyatakan bahwa PPKM Mikro yang kini berlangsung berjalan efektif. Kini tingkat keterisian rumah sakit 58,1 persen, atau sesuai standar rujukan WHO yakni kurang dari 60 persen.

Level kewaspadaan di Jabar, sampai periode 8-14 Februari 2021, 1 zona merah Kota Cirebon. 21 zona oranye dan 5 zona kuning. Sedangkan untuk level desa, ada 2.350 desa/kelurahan zona hijau, 340 desa zona merah. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang