Mobil Volkswagen ID.4, Mobil Listrik Keluaran Terbaru

Mobil Volkswagen ID.4
Mobil Volkswagen ID.4. Foto: Ist/Net

Mobil Volkswagen ID.4 siap dirilis dalam waktu dekat. Mobil listrik dari Jerman tersebut tidak tanggung-tanggung bakal terkirim 17.000 Volkswagen secara bertahap. Peluncuran ini tentunya di negara Eropa, Amerika, dan China. 

Pemesanan awal Volkswagen ID.4 tersebut saat ini memang mencapai jumlah besar, namun harapan utama Volkswagen untuk bisa mengirim lebih dari 100.000 unit. Khusus untuk negara Tirai Bambu dan Amerika Serikat, pengirimannya menggunakan kapal laut Kargo. 

Pabrikan Jerman Volkswagen tersebut telah menargetkan 20 model baru yakni mobil listrik sampai tahun 2025. Bahkan Volkswagen telah menginvestasikan 11 miliar euro atau dalam rupiah sebesar 187 triliun sampai tahun 2024. 

Anggaran yang nilainya besar tersebut telah terencana untuk perubahan fasilitas produksi secara lanjut di Chattanooga (AS).  Tidak hanya itu, volkswagen melakukannya terhadap pabrik yang ada di Jerman yakni Zwickau dan Dresden. 

Penjelasan Detail dan Spesifikasi Mobil Volkswagen ID.4 

Pada tahun ini, Volkswagen meningkatkan penawarannya dengan dasar matrix penggerak listrik modular (MEB) yakni  ID.4, ID.4 GTX, dan ID.5. Dari beberapa seri tersebut akan rilis secara bertahap di pasar internasional. 

Volkswagen ID.4 rencananya akan naik produksi sebanyak 1,5 juta unit mobil listrik pada 2025. Produksi tersebut akan mulai pada tahun 2022 dengan pabrik baru di Emden Jerman yang fokus untuk produksi mobil listrik tersebut. 

Spesifikasi Mobil Volkswagen ID.4 

Spesifikasi yang utama Volkswagen melalui Volkswagen ID.4 ini adalah menggunakan platform Modular Electric Drive. Penjelasan spesifikasi secara detailnya sebagai berikut.

Eksterior Volkswagen ID.4

Tampilan khas dari Volkswagen ID.4 dengan tampilan elektrifikasi yang lembut dan bersih. Karena tidak dilengkapi dengan grill konvensional.

Hal ini karena tidak ada mesin pembakaran yang harus didinginkan. Bagian luar tersebut terdapat logo VW yang terpampang di tengah-tengah antara headlamp.

Bak tetesan air mobil Volkswagen ID.4 mengarah ke belakang dengan teknologi LED. Bumper lengkap dengan celah mirip intake dan aksen sarang lebah sehingga menambah penampilan menjadi sporty.

Baca Juga : Mobil Listrik Renault 5 Prototype Reinkarnasi Kendaraan Hatchback Lama

Pada bagian belakang, lampu kombinasi membentang dari ujung bodi ke ujung bodi lain, namun terpisahkan logo VW dengan emblem ID.4 pada bagian bawah. 

Bumper terdapat garis meliuk dan garnish silver pada bagian bawah. VW mengklaim SUV elektrik streamline dengan drag koefisien 0,28. 

Dimensi 

Dimensi Volkswagen ID.4 cukup luas, yakni 4.584 x 1.851 x 1.635 mm. Lebih pendek dari SUV Tiguan. 

Interior

Interior Volkswagen ID.4 sungguh futuristik. Bahkan lengkap dengan perangkat yang dibuat anti mainstream. Perangkat kontrol berada pada hub setir.

Jadi, bisa dengan kendali via touch button pada palang kemudi. Pada mobil ini tidak lengkap dengan tuas pemindah gigi tengah, namun pemindahannya menyamping ID. Cockpit pun dalam bentuk knob. 

Baca Juga : BMW X1 sDrive18i, Mobil SUV Premium di Tanah Air

Sedangkan pada sisi anterior mobil Volkswagen ID.4, terdapat tombol lampu dan sumber semburan AC. Layar discover Pro 10 inch mencuat di tengah-tengah dasbor. Instruksi unit tersebut dengan kecanggihan sistem isyarat tangan maupun suara. 

Prosedur voice command juga sangat simple yakni dengan mengucapkan “Hello ID”. Sebagai contoh untuk meningkatkan suhu dengan mengucapkan ” Hello ID, i’m cold”. 

Jok pada mobil ini berlapis bahan fabric hitam. Sedangkan pengaturan jok tersebut terdiri dari 6 arah dengan power recline.  Pada bagasi mobil terdapat ruang luas. Hampir sama dengan Tiguan, namun jarak sumbu roda lebih pendek 23mm yakni 2.766mm.

Sedangkan ruang kaki penumpang depan sudah tersedia 1.043mm dan 955mm pada ruang belakang. Mobil ini mempunyai kargo dengan volume 858 liter dan 1.817 ketika dalam posisi rata. 

Warna Volkswagen ID.4

Mobil Volkswagen ID.4 terdiri dari beberapa varian warna yakni Mythos Black Metallic, Scale Silver Metallic, Moonstone Grey, Glacier White Metallic, Blue Dusk Metallic, dan King’s Red Metallic. Kelir atap senada dengan bodi, roof rail warna hitam, dan dengan pelek alloy alumunium 19 inch. 

Volkswagen telah berada di posisi nomor satu pada kendaraan listrik selama setahun penuh dengan pangsa pasar 23,8 % di Jerman dan Belanda. 

Volkswagen mampu bersaing di lingkungan pasar menantang. Buktinya ia mengirimkan sekitar 5.328 juta kendaraan ke pelanggan di seluruh dunia.

Baca Juga : Mobil SSC Tuatara Tercepat di Dunia, Punya Jarak Tempuh 455,3 Km/Jam

Namun meski jumlahnya besar, menurut Volkswagen, jumlah tersebut justru menurun 15% dibanding tahun lalu. Selain karena pembatasan perdagangan akibat pandemi, ia bertahan di pasar global dengan kekuatannya memperluas perdagangan di beberapa wilayah. 

Itulah informasi mengenai mobil listrik Jerman mobil Volkswagen ID.4 terbaru. Dengan informasi tersebut, dapat menambah wawasan kepada anda mengenai update kendaraan terbaru. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto