Moisturizer untuk Kulit Berjerawat, Intip Tips Memilihnya

Moisturizer untuk Kulit Berjerawat, Intip Tips Memilihnya
Ilustrasi Moisturizer untuk Kulit Berjerawat Foto: Ist/Net

Moisturizer untuk kulit berjerawat perlu anda terapkan bagi kulit yang sensitif dalam rangkaian perawatan. Pastinya kehadiran jerawat dapat mengganggu penampilan, sehingga kurang menarik.

Hal tersebut karena jerawat akibat dari pengaruh hormon yang bisa berubah, genetik, faktor usia, pola makan, sampai dengan gaya hidup.

Ahli kulit juga menyetujui bahwa pelembab bukan hanya menjadi langkah penting dalam setiap rangkaian perawatan kulit. Namun bisa membantu menenangkan serta mencegah jerawat bila anda memilih formula dengan tepat. Simak dibawah ini tips untuk memilih moisturizer yang cocok untuk kulit berjerawat.

Cara Memilih Moisturizer untuk Kulit Berjerawat

Mempunyai Kandungan Non Comedogenic dan Anti Bakteri

Jerawat seringkali sebagai tempat tinggal untuk bakteri yang mulanya terdapat pada kulit. Khususnya untuk anda yang mempunyai masalah dengan kulit berminyak.

Terlebih, komedo juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Ketika anda mencari moisturizer untuk kulit berjerawat, lebih baik anda memilih produk pelembab yang memiliki kandungan anti bakteri serta non comedogenic.

Baca Juga : Perawatan Wajah di Salon, Rekomendasi Bagi Pemula

Dari kandungan keduanya, dapat membantu mengangkat berbagai jenis kotoran serta bisa untuk mencegah munculnya komedo pada area T zone yang dapat dikatakan sensitif.

Terdapat Kandungan Ringan pada Moisturizer

Ketika anda mencari moisturizer untuk kulit berjerawat, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya yakni dengan memilih produk moisturizer yang mempunyai kandungan formula ringan.

Pelembab yang memiliki tekstur ringan, misalnya seperti Alpha Hydroxy Acid, kandungan ini bisa mengangkat sel kulit yang mati di dalamnya tanpa membuat kulit wajah semakin berminyak.

Ketika anda aplikasikan, moisturizer dengan kandungan formula ringan akan secara langsung menyerap dan juga membantu pengelupasan pada sel kulit secara alami.

Lengkap dengan Kandungan Salicylic Acid

Ketiga, cara memilih moisturizer untuk kulit berjerawat yaitu dengan mempunyai kandungan salicylic acid atau asam salisilat.

Baca Juga : Manfaat Masker Hydrogel untuk Perawatan Wajah Cantik Alami

Pelembab yang memiliki kandungan salicylic acid adalah solusi untuk mengobati jerawat. Terlebih produk pelembab yang lengkap dengan salicylic acid, bisa juga menjaga pori-pori supaya bersih serta untuk mencegah munculnya komedo.

Kaya Akan SPF 18 Sebagai Pelindung dari Sinar UV

Apabila anda sering melakukan kegiatan di luar ruangan, lebih baik anda memilih produk pelembab yang memiliki kandungan tabir surya. Dengan kandungan SPF 18, produk pelembab sangat penting anda pakai khusus untuk wajah yang berjerawat.

SPF 18 formula yang terdapat pada moisturizer sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar UV serta dapat juga membuat kulit terlihat sehat.

Pelembab yang Diformulasikan dengan Oil Free

Selain kaya akan SPF 18, anda juga perlu memilih moisturizer yang mempunyai formula oil free. Jika tekstur pada moisturizer tepat, sehingga kulit akan tetap ternutrisi serta terasa nyaman ketika anda gunakan.

Bukan hanya itu saja, oil free dengan produk moisturizer memang telah diformulasikan dengan luas serta dalam pengobatan untuk kulit berjerawat.

Jika wajah anda lebih berminyak, maka pemakaian moisturizer oil free ini supaya minyak yang ada pada kulit wajah anda tidak akan semakin menumpuk.

Baca Juga : Suntik Filler Wajah, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

Terdapat Kandungan Bahan Aktif Mengatasi Jerawat

Ketika anda ingin memilih moisturizer untuk perawatan kulit berjerawat, hal yang penting bagi anda yaitu memperhatikan tentang kandungan bahan-bahannya.

Karena, terdapat jenis produk yang bisa merawat jerawat serta ada pula produk-produk dengan kandungan bahan-bahannya yang bisa menambah keadaan jerawat semakin parah.

Sebagai upaya mengatasi jerawat pada wajah, anda bisa memilih produk pelembab dengan kandungan bahan-bahan berikut ini:

Antiinflamasi, kandungan ini bermanfaat sebagai pencegah serta mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Adapun beberapa jenis bahan antiinflamasi yakni glycyrrhetinic acid stearyl dan juga glycyrrhizic acid 2K. Kedua bahan tersebut sering terpakai sebagai penekan gejala pada kulit merah, panas, ataupun gatal,

Vitamin C, kandungan vitamin ini mampu menyebabkan terjadinya regenerasi kulit. Namun yang bisa kulit serap hanya vitamin C derivatif. Mulai dari vitamin C phosphate, ascorbic acid glucoside, dan lain-lain.

Vitamin B2 juga mampu membantu dalam pengurangan produksi sebum yang berlebih. Lalu vitamin A yang mempunyai khasiat untuk mendukung tumbuhnya epidermis kulit.

Bahkan juga mempercepat proses regenerasi pada kulit. Maka dari itu, anda harus memilih moisturizer untuk kulit berjerawat yang memiliki kandungan-kandungan tersebut. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah