Motor Listrik Yamaha E01 Masuk Produksi Dengan Desain Mirip NMax

Motor Listrik yamaha E01
Motor Listrik yamaha E01. Foto: Ist/Net

Motor listrik Yamaha E01 merupakan skutik listrik perdana yang telah diperkenalkan saat Ajang Tokyo Motor Show. Ajang tersebut pada tahun 2019 silam. Yamaha terus membuktikan inovasinya pada platform terbaru.

Menurut informasi, Yamaha telah mengajukan Yamaha E01 tersebut pada EUIPO atau European Union Intellectual Property Office. Namun belum ada keterangan resmi mengenai pembuatannya.

Hanya saja, sudah ada rendering dirinya yang muncul ke permukaan. Motor listrik Yamaha E01 tersebut kabarnya membawa tampilan mirip NMax dan dirancang khusus sebagai motor modern sehingga harapannya dapat menjadi pilihan dengan gaya terbaru. 

Pengajuan tersebut pada 5 Februari 2021 yang telah terbit 15 Februari 2021 dengan jangka waktu 3 bulan dari EUIPO untuk pihak yang keberatan dengan merk motor tersebut. 

Pihak Yamaha sendiri masih bungkam perihal skuter listriknya tersebut. Namun diharapkan motor tersebut ditunjang dengan fitur yang berkualitas serta menjanjikan keamanan pemakaiannya. 

Pengembangan Serta Memantapkan Konsep Motor Listrik Yamaha E01

EUIPO sampai bulan April 2021 mendatang masih menunggu pihak lain yang ingin mengajukan keberatan perihal nama merk dagang Yamaha tersebut.

Baca Juga : Yamaha New Vino 50, Motor Matic Bermesin eSP Honda

Apabila sampai dengan April 2021 tidak ada yang mengajukan keberatan dan semua berjalan dengan baik, maka Yamaha dapat menggunakan merk tersebut pada motor terbarunya. 

Tidak hanya itu, berkenaan dengan suku cadang dan perlengkapannya juga sudah termasuk ke dalam pengajuan tersebut. Berlakunya mulai 17 Mei 2021. 

Prediksi publik, motor listrik Yamaha E01 mendapat ubahan dinamo DC brushless, baterai lithium ion, dan pendingin udara. Bahkan sangat berharap desain lampu depan LED lebih rendah pemasangannya. 

Tampilan Desain  

Dari rendering, tampak tampilan desain terbilang belum pas melenggang ke jalan raya. Hal ini terlihat dari spion motor yang masih berukuran kecil serta ekor belakang yang meramping pada bagian tengah. 

Pada garis bodi motor listrik Yamaha E01 masih terlihat bongsor, gemuk, dan futuristik. Hal ini sangat mirip dengan konsep yang perdana hadir. Tengah Fascia terlihat lebih menonjol dan menggembung yang merupakan letak penyimpanan baterai. 

Tentu saja dengan penutup yang berkisi-kisi untuk penyaluran udara ke motor penggerak. Sebagaimana terlihat, Yamaha E01 bercover ala jetski. Terlihat unik pada jok yang sudah menyatu dengan bodi. 

Baca Juga : Yamaha X Ride 155 Bakal Hadir Tantang Honda ADV 150

Sebenarnya tidak jauh dari model NMax, apalagi pada pijakan kaki tentu mirip sekali. Sehingga memberi kenyamanan duduk dengan posisi kaki lurus ke depan saat mengendarai motor tersebut. 

Mesin dan Fitur Keselamatan

Yamaha E01 bakal naik produksi dengan tenaga 125cc untuk menjelajah perkotaan. Bahkan kehadirannya nanti bakal sejajar dengan merk KTM, BMW, dan Aprilia. Hal ini karena menghadirkan konsep skuter listrik pula. 

Sedangkan motor listrik Yamaha E01 pada bagian belakang tidak lengkap dengan silencer knalpot. Karena di ekornya hanya terdapat stoplamp dan sein tidak begitu terlihat peletakannya. Pada sisi bawahnya terdapat ban cukup lebar. Sedangkan pada swinging arm menggunakan bahan aluminium. 

Kabarnya motor listrik Yamaha E01 memiliki bobot yang ringan yakni 90 kg. Terpasang suspensi ganda paling belakang untuk kestabilan dengan rem cakram depan dan belakang. Tentu saja pengereman tersebut telah menggunakan teknologi ABS. Sehingga tidak akan terjadi selip. 

Area kaki-kaki memang terlihat bersih dengan suspensi bagian belakang agak maju lebih dekat dengan footstep belakang. Baterai yang bekalannya juga bermodel lithium ion yakni 2170. Namun yang perlu anda ketahui ini bukan model swap. 

Pihak Yamaha menyebutkan bahwa motor tersebut membawa kepraktisan melebihi skuter konvensional dengan pengisian daya cepat. 

Harga Yamaha E01

Bicara soal motor listrik Yamaha E01, tentu prediksinya sangat jauh dengan kenyataannya nanti. Karena spesifikasinya saja belum secara jelas seperti apa, namun harapannya bisa segera turun ke pasaran dengan harga yang miring.

Indonesia sebelumnya juga sudah memperkenalkan satu model skutik dengan penggerak listrik yakni Yamaha E-Vino. Tentu saja tidak bisa disamakan bukan?

Baca Juga : Motor Yamaha MX-King 150 Tahun 2021 Miliki Warna Baru, Harga?

Sebagaimana anda ketahui, YIMM telah memperkenalkannya pada tahun 2017 sebagai sarana penjajakan di pasaran Indonesia.

Bahkan Yamaha juga menyerahkan ke perusahaan dalam negeri untuk uji coba. Tidak hanya itu, Yamaha menghadirkan dua model baru YZF-R1 dan Tenere 700. 

Apabila meluncur kira-kira prediksinya mencapai harga berapa ya? Mengingat Honda PCX elektrik pun hadir dengan harga mahal. Apalagi Yamaha E01. Nah, itulah bocoran mengenai produksi motor listrik Yamaha E01. Kita tunggu saja peluncurannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto