MPDN Ciamis, Banjar, Pangandaran Harapkan Masyarakat Awasi Notaris

MPDN Ciamis
Pelantikan Pengurus MPDN Ciamis, Banjar, Pangandaran. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hendra Sukarman SE, SH, MH. Ketua Majelis Pengawas Daerah Notaris (MPDN) Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran menginginkan peran serta masyarakat dalam pengawasan terhadap notaris.

Hal itu Hendra sampaikan pada pelantikan pengurus MPDN Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, Rabu (17/2/2021) di Lapas Kota Banjar.

Menurut Hendra, salah satu tugas dan fungsi MPDN adalah mengawasi dan melakukan pembinaan kepada notaris-notaris yang berada di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran.

“Sistem kerja MPDN yaitu melakukan pengawasan kepada notaris sebagai perwakilan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham),” katanya.

Hendra menerangkan, fungsi tugas dan pengawasan MPDN terhadap notaris tidak terlepas dari peran serta masyarakat untuk mengawasi kegiatan-kegiatan notaris yang berada di tiga daerah tersebut. 

“Bukan hanya MPDN yang mengawasi notaris, masyarakat juga berhak melakukan koreksi terhadap kegiatan-kegiatan notaris. Kalau masyarakat ada pengaduan bisa langsung datang ke sekretariat kami yang berada di Kota Banjar tepatnya di Langensari,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Editor: Ndu