Niat Puasa Rajab Memiliki Banyak Keutamaan untuk Umat Islam

Niat Puasa Rajab Memiliki Banyak Keutamaan untuk Ummat Islam
Ilustrasi Niat Puasa Rajab. Foto: Ist/Net

Niat puasa Rajab menjadi pondasi untuk umat muslim yang ingin melaksanakan ibadah puasa pada bulan Rajab. Amalan ini sudah kita ketahui bahwa bukan amalan wajib, melainkan sunah. Sunah memiliki arti jika kita mengerjakan akan mendapatkan pahala. Jika tidak, maka tak akan menjadi masalah.

Berbicara tentang niat, dalam sebuah hadits telah dijelaskan bahwasannya “Semua amal itu tergantung pada niatnya, dan semua amalan akan mendapatkan balsan. Barang siapa yang niat hijrah karena Allah dan Rasulnya, maka hijrahnya karena Allah dan Rasulnya. Namun, siap yang hijrah karena seorang perempuan yang ingin dinikahi, maka hijrahnya seperti apa yang telah ia niatkan” (HR. Bukhari).

Allah SWT juga telah berfirman dalam Al-Quran surat Asy-Syura ayat 20:

Sudah jelas bukan tentang pentingnya sebuah niat. Pasalnya, semua amal kita akan bergantung dengan apa yang telah kita niatkan. Allah SWT tidak akan menerima amalan jika ia tidak niat karena ikhlas.

Misalnya, anda setiap Jumat selalu membersihkan masjid. Tapi niat anda bukan untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT, melainkan untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Tidak berbeda dengan niat puasa Rajab, jika niat dengan ikhlas, maka Allah akan menerimanya.

baca juga: Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Dimuliakan Alloh SWT

Beberapa Keutamaan dan Niat Puasa Rajab

Jika kita niat puasa Rajab ikhlas karena Allah SWT semata, maka akan mendapatkan beberapa keutamaan yang tak bisa anda temukan dan dapatkan pada puasa sunnah lainnya. Menurut sebagian ulama, puasa Rajab bisa anda lakukan pada awal bulan, pertengahan, atau akhir bulan.

Namun untuk ketentuan harinya, baginda Nabi SAW tidak menganjurkan dan tidak memberi tuntutan harus sekian hari. Sesuai dengan kemampuan diri kita saja. Jika kita mampu untuk satu minggu, ya boleh satu minggu. Jika mampu dua atau tiga hari, ya kerjakan sesuai kemampuan.

Akan Diampuni Segala Dosa

Tahukah anda, apabila anda niat puasa Rajab pada awal bulan, maka akan dapat menghapus dosa selama tiga tahun. Maa Syaa Allah, Allah Maha Baik. Hanya dengan kita berpuasa pada bulan Rajab awal, maka dosa kita selama tiga tahun akan terampuni.

Mendapat Air Minum Dari Syurga

Ketika kita menjadi penghuni syurga, memang semua telah siap tersedia. Namun, air minum dari sungai Rajab ini hanya bisa anda dapatkan ketika anda niat puasa Rajab. Pastinya semua orang tidak bisa mendapatkannya, hanya orang-orang tertentu yang mampu.

Sebagaimana bunyi arti hadist riwayat Bukhari Muslim:

Apakah dalam kehidupan dunia kita sudah pernah menemukan kondisi sungai yang seperti itu? Tak ingin mencobanya kah? Jangan lupa puasa Rajab.

baca juga: Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir, Menambah Ketaqwaan Kepada Allah

Merupakan Bulan yang Penuh Berkah

Bulan Rajab juga merupakan bulan kemuliaan. Mengapa? Karena pada bulan tersebut tidak boleh mengadakan peperangan atau hukumnya haram untuk berperang.

Selain kita niat puasa Rajab dengan ikhlas dan lillah, kita juga dianjurkan untuk melakukan dan memperbanyak berbuat amal kebaikan.

Perlu anda ketahui, niat itu tidak harus anda ucapkan dengan lisan. Begitu juga dengan niat puasanya. Orang-orang pun tak perlu tahu dan kita juga tidak boleh mengkoar-koarkannya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan sikap ria.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana niat puasanya, begini:

Setelah mengetahui niat puasa Rajab dan apa saja keutamaannya, anda bisa membagikan ilmu-ilmu tersebut kepada keluarga, sahabat, atau juga bisa untuk mengisi pengajian. Karena dengan begitu, anda juga bisa mendapatkan pahala. (R6/HR-Online)

Editor: Muhafid