Niat Sholat Tahajud, Tata Cara dan Keutamaannya

Niat Sholat Tahajud
Ilustrasi niat sholat tahajud. Foto: Net/ist

Niat sholat tahajud menjadi syarat utama ketika melakukan ibadah pada sepertiga malam ini. Niat begitu penting karena merupakan salah satu rukun dalam setiap sholat.

Sebagaimana anjuran dalam agama Islam, ada banyak sekali ibadah yang bisa dikerjakan oleh umat manusia, baik mahdhah (secara langsung) maupun ghairu mahdhah (tidak langsung).

Dalam ibadah mahdah, seperti halnya salat terdiri dari yang wajib dan yang sunat. Sementara itu keberedaan niat sangat utama dalam setiap menjalankan ibadah salat.

Alloh SWT selain mewajibkan umat islam untuk melakukan salat wajib, juga memerintahkan Nabi Muhammad agar melaksanakan tahajud. Hal ini sebagaimana dalam Al Qur’an Surat Al Isra ayat 79.

Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud

Sebagaimana dalam Kitab Fasholatan karya KH R Asnawi dari Kudus nomor 92-93, sebuah panduan ibadah yang berhubungan dengan salat, pelaksanaan tahajud paling sedikit 2 rakaat.

Baca juga: Sholat Sunnah Fajar, Amalan yang Mampu Memberikan Rumah Megah

Sementara itu, untuk batasan jumlahnya paling banyak 12 rakaat.

Untuk pelaknsaannya, karena ini merupakan salat malam, anjurannya tahajud ini dilaksanakan setelah tidur.

Namun ketika melaksanakan salat malam belum tidur, maka hal itu tidak disebut salat tahajud.

KH R Asnawi menuliskan, maksud dari tidur meski setelah maghrib dan sebelum melaksanakan isya.

Jika setelah tidur belum salat isya, maka anjurannya mendahulukan salat wajibnya terlebih dahulu baru kemudian tahajud.

Adapun niat sholat tahajud pelaksanaanya hampir sama dengan salat pada umumnya, yakni saat akan melakukan takbirotul ihram.

Fadilah Salat Tahajud

Sebagaimana firman Alloh SWT dalam QS Al Isra ayat 79 di atas, Muslim yang melaksanakan ibadah sunah ini akan mendapatkan tempat yang terpuji.

Karena tahajud ini paling afdol atau utama setelah salat wajib, Rosullulloh SAW menganjurkan melaksanakan ibadah ini yang mana ketika orang sedang tidur. Siapa yang bisa istiqomah akan masuk syurga dengan selamat.

Selain itu, Alloh SWT juga akan memberikan 9 kemuliaan bagi hamba-Nya yang melaksanakan salat ini, 5 di dunia dan 4 saat di akhirat kelak.

Bahkan, Alloh SWT mengabulkan doa hambanya setiap melaksanakan sunnah ini. Termasuk juga terpelihara dari berbagai bencana serta penyakit.

baca juga: Keutamaan Dzikir Pagi dan Petang, Salah Satu Ikhtiar Masuk Syurga

Pelaksanaan Salat

Setelah mengucapkan niat sholat tahajud, Anda seperti biasa melaksanakan rukun-rukunnya, seperti takbiratul ihram, membaca Al Fatihah, Rukuk-Tuma’ninah, I’tidal-Tuma’ninah dan lainnya hingga salam.

Masih dari kitab Fasholatan, KH Asnawi menuliskan dalam kitabnya ini bahwa setelah membaca Al Fatihah rakaat pertama, dianjurkan membaca surat Al Kaafirun.

Sedangkan pada rakaat kedua setelah Al Fatihah melafalkan surat Al Ikhlas. Meski begitu, bacaan surat ini juga sesuai dengan kehendak yang melaksanakannya.

Meski terlihat begitu gampang, namun untuk melaksanakan ibadah ini perlu kesabaran yang luar biasa, apalagi ketika kita sedang nikmat-nikmatnya tidur.

Maka dari itu, untuk membiasakan perlu komitemen dan keteguhan hati supaya bisa lebih konsisten. Terlebih manfaatnya yang begitu besar, baik di dunia dan akhirat.

Dengan memulai niat sholat tahajud yang ikhlas sejak sekarang, Insya Alloh akan mendapatkan banyak kebaikan yang datangnya dari Sang Khaliq.

Kebiasaan Rosul pada Malam Hari

Kedekatan Aisyah sebagai istri rosul tentu menjadi sebuah pengalaman berharga, terutama bagi umat-Nya yang ingin meniru perilaku-Nya.

Suatu ketika, pada sepertiga malam Aisyah terbangun dari tidurnya dan mencari rosul. Ia pun akhirnya mendapati-Nya sedang salat malam.

Baca juga: Adab dan Keutamaan Berdoa dalam Islam

Nabi seperti biasa dalam salat ini selalu memperpanjang waktu saat berdiri ketika salat. Bahkan dalam sebuah riwayat menyebutkan hingga kedua telapak kakinya pecah-pecah.

Setiap berdoa beliau pun selalu mengucapkan pujian, permohonan ampun serta pengakuan dalam salat tahajudnya. Berikut do’anya:

Sungguh benar-benar menjadi suri tauladan yang baik bagi umat Muslim. Karena itu, mulailah niat sholat tahajud sejak saat ini dengan penuh keikhlasan sebagaimana yang dilakukan oleh Rosululloh SAW. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid