Olahraga Mengecilkan Lengan yang Ringan dan Efektif, Patut Dicoba!

Olahraga Mengecilkan Lengan
Ilustrasi Olahraga Mengecilkan Lengan. Foto: Ist/Net

Olahraga mengecilkan lengan dapat anda lakukan demi menghilangkan lemak-lemak bergelambir pada tubuh yang kurang sedap untuk pandangan mata. Apalagi, lengan merupakan bagian tubuh yang tetap orang perhatikan meskipun sudah tertutup dengan baju. 

Lengan pun merupakan bagian tubuh yang mudah sekali membesar jika berat tubuh juga mengalami kenaikan. Lalu lengan juga menjadi bagian tubuh yang mana lemak dapat berkumpul. Maka untuk dapat mengecilkan lengan yang bergelambir, anda bisa melakukannya dengan olahraga ringan secara rutin.

Jenis Olahraga Mengecilkan Lengan

Anda memiliki lengan yang bergelambir? Anda dapat mengecilkannya dengan melakukan olahraga yang teratur. Lengan dapat menjadi besar dan penuh lemak saat tubuh mengalami kenaikan massa. Hal ini tak hanya wanita alami, tetapi juga para pria seringkali mengeluhkan permasalahan lengan bergelambir ini.

Lengan yang besar ini pun dapat terpengaruh dengan banyak hal. Akan tetapi, pada umumnya dapat terjadi karena kelebihan berat badan alias obesitas.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Cepat bagi Wanita

Obesitas ini menyebabkan lemak yang seharusnya dapat keluar dari dalam tubuh justru menumpuk dan menyebabkan penumpukan dimana-mana, tak terkecuali pada area lengan. Cara mengecilkannya pun banyak macam dan jenisnya. Salah satunya adalah dengan olahraga yang teratur.

Anda bisa melakukannya dengan olahraga mengecilkan lengan ringan secara mudah dari rumah. Bagi anda yang ingin mengecilkan lengan yang besar dan bergelambir, maka dapat melakukan beberapa jenis olahraga berikut ini:

Push Up Sempurna

Salah satu olahraga kardio yang ringan, yakni push up ini merupakan jenis olahraga yang paling banyak orang lakukan dan umum bahkan aman dengan teknik yang benar. Push up bisa anda lakukan dimana dan juga kapan saja.

Jenis workout untuk tubuh satu ini memang wajib anda lakukan dengan rutin agar tercipta suatu hasil yang menggembirakan dan juga memuaskan.

Push up harus dan wajib anda lakukan dengan cara yang benar. Push up sempurna ini memerlukan tenaga yang cukup besar karena memerlukan tumpuan pada ujung jari kaki anda.

Anda pun dapat melakukan olahraga mengecilkan lengan ringan ini dengan menggelar matras. Caranya yakni:

  1. Letakkan kedua telapak tangan anda pada area lantai dengan ujung kaki untuk tumpuan.
  2. Lalu, buka kaki dengan ukuran lebar bahu anda, yang mana dapat menjaga keseimbangan tubuh.
  3. Upayakan jika pinggang, kaki, serta kepala anda dalam posisi lurus.
  4. Selanjutnya, tekuk lengan ke bawah dengan lengan membentuk sudut 90 derajat atau menyiku, lalu dorong ke atas secara perlahan.
  5. Turunkan badan juga dengan perlahan sambil membuang nafas.
  6. Selanjutnya angkat badan anda dengan sembari menarik nafas dan turunkan kembali pada anda sambil buang nafas.
  7. Lakukan seterusnya dan berulang sesuai keinginan anda.

Untuk pemula, anda dapat melakukan olahraga mengecilkan lengan ini dengan cara yang step by step atau sekuat kemampuan anda. Karena, jika anda adalah orang yang tidak terbiasa olahraga, maka tubuh akan terasa tak nyaman.

Lalu, tingkatkan intensitas atau jumlahnya seiring bertambahnya hari. Lakukan dengan teratur, maka lengan anda akan mengecil dan terbebas dari lemak yang bergelambir.

Push Up Tembok

Untuk anda yang sangat susah melakukan push up sempurna, maka anda dapat melakukan teknik push up yang lebih bervariasi, yaitu push up tembok. Tenaga untuk jenis push up ini lebih sedikit daripada push up sempurna.

Olahraga mengecilkan lengan ringan ini sangat sesuai dengan anda yang masih pemula. Yang mana belum sanggup menopang berat tubuh dalam melakukan gaya push up sikap sempurna. Caranya adalah:

  1. Sebenarnya hampir sama dengan jenis push up sempurna. Hanya saja, anda melakukannya dengan berdiri.
  2. Lalu berdirilah dengan jarak yang lebih jauh daripada jangkauan tangan anda saat menyentuh tembok menggunakan telapak tangan.
  3. Kemudian tempelkan pada tembok dan perlahan dekatkan wajah anda pada tembok dengan menekuk lengan.
  4. Mulailah dengan sepuluh kali dan anda dapat meningkatkan intensitasnya setiap hari.

Barbel

Barbel dapat anda pergunakan untuk olahraga mengecilkan lengan yang besar dan berlemak. Cara ini sangat mudah. Yang mana anda hanya perlu menyiapkan barbel yang sesuai kekuatan anda atau bisa memulainya dengan barbel 1 kilogram.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Berminyak Pakai Bahan Alami, Ampuh dan Aman

Anda pun dapat meningkatkan beratnya setiap satu minggu. Caranya pun banyak variasinya. Misalnya, anda dapat memegang barbel dengan kedua tangan. Lalu, bentuk dengan posisi menyiku atau 90 derajat. Angkat barbel secara bergantian dengan tangan kanan, lalu untuk tangan kiri.

Selanjutnya, anda dapat mengangkat dengan cara membuat sudut lengan 90 derajat dan mengangkatnya bersamaan. Kemudian, anda juga dapat memegang barbel dengan kedua tangan dan merentangkan kedua tangan dan angkat barbel secara bersama-sama.

Weighted Punch

Olahraga ringan ini masih menggunakan barbel. Anda memerlukan dua buah barbel untuk pemberat pada tangan kanan kiri anda. Lalu seakan anda akan melayangkan tinju ke udara dengan bergantian, baik kanan atau kiri. Lakukan olahraga ini sampai anda merasa lelah.

Pull Up

Olahraga mengecilkan lengan selanjutnya adalah pull up. Olahraga ini hanya memerlukan tiang atau kusen pintu yang memiliki ketinggian lebih daripada anda.

Caranya pun sangat sederhana, yaitu pegang tiang atau kusen dengan kedua tangan secara erat. Lalu angkat tubuh anda perlahan. Kemudian, anda dapat menahannya sekitar 8 detik dan selanjutnya turun. Lakukan jenis olahraga ringan ini secara teratur agar anda memperoleh lengan yang sesuai anda harapkan.

Berenang

Olahraga jenis ini adalah olahraga tanpa mengeluarkan keringat, namun efektif untuk mengecilkan lengan. Berenang menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan untuk anda.

Bukan hanya itu saja, olahraga ini pun dapat melatih semua bagian tubuh secara baik. Lakukanlah sekitar 2 kali dalam satu minggu agar dapat mencapai hasil yang memuaskan.

Lompat Tali

Anda pernah melakukan lompat tali? Pasti akan sangat menyenangkan melakukannya karena tentunya akan menghasilkan tingkat kepuasan tersendiri. Karena, lengan akan secara signifikan kehilangan lemak-lemak yang mengganggu.

Meski terdengar sepele dan sederhana, olahraga mengecilkan lengan ini dapat dengan cepat menurunkan berat badan anda sekaligus upaya mengecilkan lengan tersebut. Namun, anda harus melakukannya dengan cara yang rutin dan intensif.

Gerakan Memutar Tangan

Salah satu gerakan simpel dan sederhana, namun efektif mengecilkan lengan adalah memutar tangan. Cara ampuh ini pun perlu anda lakukan hanya dengan berdiri tegak dan merentangkan kedua tangan ke arah samping dengan posisi yang lurus.

Lalu putar ke depan dan juga ke belakang dengan cara bergantian serta pastikan dalam keadaan kedua tangan tetap lurus. Lakukanlah paling tidak 50 kali dalam setiap latihan untuk hasil yang lebih optimal.

Push Up Lutut

Jika sebelumnya tadi ada jenis push up sempurna dan push up tembok, maka anda bisa melakukan teknik push up lutut. Teknik atau gaya yang akan anda lakukan tentu saja bertumpu pada lutut.

Lutut memang kurang fleksibel. Jadi, anda bisa menggunakan alas lutut bertumpu dengan bantal atau alas yang lebih empuk. Jadi, olahraga mengecilkan lengan ini menjadi alternatif bagi anda yang belum mampu melakukan gerakan push up dengan sikap yang sempurna.

Counter Push Up

Masih berbicara mengenai variasi gerakan push up. Counter push up ini dapat bertumpu pada dinding, tembok, atau bahkan lantai. Yang perlu anda lakukan adalah dengan memakai meja sebagai tumpuannya.

Caranya hampir sama dengan push up tembok. Akan tetapi, demi keamanan, anda bisa lakukan olahraga ringan ini pada meja atau counter yang tidak dapat bergerak.

Bench Dips

Cara olahraga mengecilkan lengan berikut ini bernama bench dips. Olahraga ringan ini hanya memerlukan kursi atau meja untuk tumpuan. Sama dengan counter push up, pilih meja atau kursi yang tidak bergeser agar lebih menjaga keamanan.

Namun perbedaannya, anda hanya perlu memegang ujung tumpuan dengan tangan anda, lalu menghadap ke belakang atau membelakangi tumpuan tersebut. Posisikan anda seperti sedang terduduk lalu selonjorkan kaki anda.

Angkat pantat anda dan majukan beberapa sentimeter. Luruskan tangan anda serta angkat tubuh pada posisi awal. Tekuk lengan hingga membentuk sudut siku atau 90 derajat. Tahan hingga hitungan ke-8.

Lalu angkat kembali dan lakukan seperti itu seterusnya hingga anda merasakan kelelahan. Jangan lupa untuk melakukannya dengan rutin dan teratur agar dapat merasakan hasil yang memuaskan.

Gerakan Menggunting

Cara olahraga mengecilkan lengan yang besar dan bergelambir selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan menggunting. Dengan menerapkan gerakan ini, anda bisa mengecilkan lengan secara efektif. Caranya adalah cukup rentangkan tangan kanan dan kiri anda.

Kemudian silangkan tangan serta kaki dengan cara bersamaan. Lakukan dengan intensitas yang bertambah setiap harinya. Jenis olahraga ringan ini dapat membantu anda mengurangi lemak yang mengganggu pada area lengan.

Mengecilkan Lengan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Selain melakukan aktivitas olahraga yang penting dalam menjaga kesehatan serta dapat mengecilkan lengan tersebut, konsumsi makanan yang bernutrisi pun dapat anda lakukan. Walaupun tak mudah jika harus memperhatikan menu bernutrisi setiap harinya.

Akan tetapi, anda dapat melakukannya dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Karena dapat menambah penumpukan lemak dalam tubuh, khususnya pada bagian lengan.

Mulai rajin mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan menyehatkan. Lalu anda dapat mengimbanginya dengan olahraga mengecilkan lengan agar lemak dalam tubuh dapat langsung menghilang tak kembali lagi.

Rutin Minum Air Putih

Selain menjaga kesehatan dari konsumsi makanan yang bernutrisi, mengecilkan lengan dapat anda lakukan yakni mengimbanginya dengan minum air putih atau air mineral secara rutin. Hal ini tentu bukan menjadi rahasia lagi.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat setiap hari, anda bisa mewujudkan tubuh yang sehat tanpa terganggu dengan lemak dalam tubuh. Tentu saja lengan yang tidak bergelambir penuh lemak menjadi idaman siapa saja, baik pria maupun wanita yang peduli dengan penampilan.

Cukup minum sebanyak 8 gelas per harinya secara rutin, maka akan sangat efektif untuk menghancurkan timbunan lemak dalam tubuh anda. Bahkan, akan membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga sistem pencernaan semakin lancar.

Baca juga: Menghilangkan Jerawat Batu yang Membandel dengan Bahan Alami

Bahkan, air mineral akan membantu olahraga mengecilkan lengan yang anda lakukan dengan cukup efektif. Jangan lupa selalu menjaga pola hidup sehat yang seimbang, yakni dengan makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan olahraga teratur. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara