Panduan Memahami Cerita Anime Attack On Titan Bagi Penggemar Baru

Cerita Anime Attack on Titan
Cerita Anime Attack on Titan. Foto: Iqiyi

Cerita anime Attack on Titan mungkin banyak yang kurang paham. Hal ini karena hanya menonton Attack on Titan dari Season 4 saja dan bukan dari awal. Jelas para penggemar baru akan kebingungan dengan jalan cerita anime populer ini.

Bagi penggemar baru akan bingung mengenai penokohan. Karena tidak tahu mana yang menjadi protagonis dan antagonisnya. Penggemar bingung juga wajar karena ada perpindahan studio.

Semenjak Season 1 hingga 3 pemegang Studio Attack on Titan adalah WIT. Untuk Season 4 ini, Mappa menjadi pengembangnya. Meski dengan sutradara yang sama, namun akan menghasilkan cerita yang sedikit berbeda.

WIT studio terkenal dengan grafiknya yang sangat baik terutama dalam hal gerakan. Mappa dipaksa harus bisa lebih baik lagi. Bahkan wajah dari Mikasa pun berubah menjadi lebih macho.

Agar paham mengenai alurnya ini kita bahas dulu dari penokohan awalnya.

Tokoh Cerita Anime Attack on Titan

Pertama adalah penokohan karakter utama dari season 1 adalah Eren Jaeger, Mikasa Ackerman dan Armin Arlert. Ketiganya adalah sahabat baik. Bahkan Mikasa diadopsi oleh ayah Eren.

Baca Juga: Gabi AOT Dibenci Fans Attack On Titan, Ternyata Ini Alasannya

Mereka tinggal di tempat yang sekelilingnya tertutup tembok besar. Armin memiliki pengetahuan dari buku bahwa di luar ada laut. Ia pun menceritakannya kepada dua sahabatnya, Eren dan Mikasa. Eren pun percaya dan ingin melihat laut.

Dari sini jelas, protagonisnya adalah Eren, Mikasa, Armin dan orang-orang yang berada di dalam tembok.

Di Kehidupan tenang itu tiba-tiba muncul Titan yang besar. Titan tersebut bernama Colossal Titan yang menghancurkan gerbang tembok pertama. Selanjutnya ada juga Armored Titan yang menghancurkan gerbang kedua.

Dari sini sudah terlihat mana peran antagonis dan protagonisnya. Sudah pasti Titan yang menyerang adalah antagonisnya.

Tragedi Ymir Fritz

Cerita anime Attack on Titan tak bisa lepas dari tragedi Ymir Fritz. Di mana asal muasal Titan muncul. Fritz meminta kekuatan Titan untuk membantu warga Eldia menghabisi Marley.

Ymir pun mengabulkan permintaan tersebut. Namun, ternyata ada pahlawan yang bisa mengalahkan Ymir. Raja Eldia dan kerajaan Marley pun mengadakan gencatan senjata.

Eldia dipaksa untuk berada di sebuah pulau terpencil untuk menyembunyikan kekuatan. Raja Eldia juga melakukan hal tersebut. Sang raja juga menggunakan kekuatan Titan Colossal untuk menciptakan tembok.

Baca Juga: 9 Titan Terkuat di Anime Attack On Titan S4, Bagaimana Kekuatannya?

Para Titan Colossal pun diperintah untuk mengeraskan tubuh. Hingga jadilah tembok bagi warga Eldia. Jadilah Paradise sebagai negara yang berada di dalam tembok.

Korps Militer

Di cerita Anime Attack On Titan juga tak bisa lepas dari tiga korps militer di pulau Paradise. Ketiganya memiliki tugas yang berbeda-beda.

Pertama adalah Polisi Militer yang menggunakan lambang kuda pegasus. Korps ini memiliki tugas untuk menjaga tembok terdalam yang dihuni anggota kerajaan.

Kedua adalah Garrison yang bertugas sebagai penjaga warga yang berada di dalam tembok. Korps ini adalah polisinya di dalam Paradise.

Ketiga adalah tim pengintai yang memiliki lambang sayap. Lambang ini ternyata memiliki makna khusus yaitu sayap kebebasan. Di mana orang-orang di sini memiliki keinginan agar masyarakat bisa keluar dari tembok.

Namun, tugas dari tim pengintai hanyalah meneliti Titan yang berada di luar tembok. Pasukan ini adalah ujung tombak militer melawan titan.

Klan Ackerman

Cerita anime Attack On Titan juga tak bisa lepas dari klan Ackerman. Di anime ini hanya ada 3 nama saja yang memiliki nama panjang Ackerman.

Mikasa, Levi dan Kenny saja juga memiliki nama Ackerman. Uniknya klan Ackerman ini adalah orang-orang yang kuat di Eldia.

Kenny terkenal dengan membunuh ratusan Korps Polisi Militer. Levi adalah kapten tim pengintai dan paling banyak membunuh Titan, bahkan Zeke nyaris tewas olehnya. Terakhir adalah Mikasa yang merupakan prajurit terbaik di angkatannya.

Penyusupan Marley ke Paradise

Dalam Cerita Anime Attack On Titan juga tak bisa lepas dari penyusupan bangsa Marley. Bangsa tersebut mengirim 4 orang ke Paradise.

3 diantaranya masuk ke korps militer di Paradise. Reiner, Berthold dan Annie masuk ke korps militer. Sedangkan Zeke tidak diketahui tinggal di mana selama di Paradise.

Keempat penyusup itu adalah bangsa Eldia dan memiliki kekuatan Titan. Zeke dengan Beast Titan, Reiner Armored Titan, Bertholdt Colossal Titan dan Annie adalah Female Titan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dari Cerita Anime Attack On Titan ini. Lebih baik tonton saja dari Season 1 hingga 3 dulu baru ke 4. Semua season Attack on Titan ini juga ada di aplikasi Iqiyi yang tayang secara gratis. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu