Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita JabarPedagang Pasar Tradisional di Jabar Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Pedagang Pasar Tradisional di Jabar Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pedagang Pasar tradisional di Jabar layak menjadi salah satu sasaran vaksinasi Covid-19. Selama ini Pasar tradisional menjadi salah satu tempat krusial dalam penyebaran virus corona.

Yudi Setia, Sekjen DPW Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Jabar mendukung vaksinasi untuk lingkungan pasar. Bahkan ia siap menjadi yang pertama mendapat suntik vaksin Covid-19.

“Saya bersama pengurus APPSI siap melakukan vaksinasi Covid-19. Sebagai contoh untuk para pedagang Pasar tradisional di Jabar, sekaligus menangkal hoaks yang berkaitan dengan vaksin. Sehingga para pedagang mau divaksinasi,”ujar Yudi, Kamis (4/2/2021).

Yudi pun mengakui masih banyak anggapan negatif yang menganggap Pasar tradisional sebagai pusat penyebaran virus. Pihaknya pun berharap Pemprov Jabar terus gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang terkait dengan protokol kesehatan dan vaksinasi dalam waktu dekat.

“Kami pun dari 27 DPD APPSI se-Jabar terus memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap para pedagang. Tinggal pemerintah menggandeng asosiasi dan komunitas pasar,” ungkapnya.

Yudi menyebut pasar adalah sebuah tempat bertemunya banyak orang dari berbagai tempat, dari pedagang dan konsumen. Sehingga pedagang Pasar tradisional layak jadi prioritas untuk pemberian vaksin Covid-19.

Sedikitnya, ada 1,5 juta pedagang yang tersebar di seluruh daerah di Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya berharap sebelum pelaksanaan vaksinasi  sebaiknya pemerintah gencar memberikan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu.

“Banyaknya hoaks yang beredar tentunya membuat pedagang Pasar tradisional takut dan khawatir saat akan melakukan vaksinasi. Jadi harus ada sosialisasi terlebih dahulu, supaya mereka paham dan mau melakukan vaksinasi. Kami dari APPSI siap membantu,” jelasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -