Ide Peluang Bisnis Pertanian Saat Pandemi yang Menguntungkan

peluang bisnis pertanian
Peluang bisnis pertanian yang menguntungkan. Foto: Ist/Net

Ada banyak peluang bisnis pertanian yang menguntungkan. Usaha pertanian tidak selalu harus menjadi petani yang berurusan dengan sawah. Usaha tanaman hias atau suplai pupuk untuk tanaman juga bisa menjadi pilihan menarik.

Mencari ide bisnis dengan serius akan ada berbagai usaha yang bisa kita pilih. Dari berbagai jenis bisnis tersebut, usaha dalam bidang pertanian masih sedikit yang meliriknya.

Ada banyak alasan yang sering muncul. Seperti biayanya yang mahal, prosesnya ribet, keuntungan kecil, dan harga jualnya yang sering berubah-ubah. Bahkan ada yang beranggapan pertanian bukan bisnis bergengsi.

Tetapi kalau kita pandai mencari celah dan memanfaatkan peluang bisnis tersebut dengan baik, maka ceritanya bisa lain. Banyak dari mereka yang belum sadar kalau menjalankan usaha pertanian tidak selalu membutuhkan lahan yang luas.

Selain itu, potensi menjalani usaha dalam bidang pertanian juga banyak kelebihannya. Selain sangat menjanjikan, usaha ini juga cukup mudah dan cepat penjualannya. Keuntungan yang kita dapatkan juga tidak kecil.

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan, dari Otomotif hingga Teknologi

Ragam Peluang Bisnis Pertanian

Nah, jika Anda tertarik untuk mendalami bisnis dalam bidang pertanian ada beberapa yang potensial dan menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang bisnis pertanian yang menjanjikan yang bisa Anda pilih.

Budidaya Tanaman Hias

Tidak ketinggalan juga dengan bisnis yang sedang hits saat pandemi Covid-19 sekarang. Apalagi kalau bukan bisnis tanaman hias. Beberapa jenis tanaman seperti janda bolong laris manis diburu masyarakat dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Peluang bisnis pertanian ini memang sangat menggiurkan. Banyaknya permintaan masyarakat terhadap tanaman hias membuat para pembudidaya kebanjiran order. Apalagi saat orang lebih banyak berada dalam ruang, maka bertanam jenis ini menjadi populer.

Nah, dengan banyaknya permintaan Anda pun bisa memanfaatkan peluang usaha yang ada dengan menekuni tanaman hias. Anda bisa memilih menjadi pembudidaya tanaman hias atau bisa juga hanya sebagai penjual.

Budidaya Tanaman Hidroponik

Selama pandemi berlangsung, banyak anggota masyarakat yang mencoba melirik peluang bisnis pertanian dengan sistem hidroponik. Bagi yang belum tahu, hidroponik adalah model budidaya tanaman dengan media air.

Teknik budidaya tanaman ini umumnya menggunakan paralon. Pipa paralon ini perlu kita buat lubang untuk menyangga tanaman. Sedangkan akarnya kita biarkan mengganggu dalam pipa. Selanjutnya air yang berisi nutrisi kita alirkan sebagai pengganti tanah.

Budidaya hidroponik saat ini tengah populer dan banyak orang yang menjalankannya. Bercocok tanam menggunakan cara hidroponik dinilai sangat bagus kalau lahan yang kita miliki sempit.

Bahkan tak sedikit orang kota yang banyak yang menjalankan bisnis hidroponik. Apalagi harga jual tanaman hidroponik lebih tinggi karena tanamannya bersifat organik dan tanpa bahan kimia.

Baca Juga: Peluang Bisnis Saat Pandemi yang Potensial dan Menguntungkan

Bisnis Tanaman Herbal

Jenis tanaman yang juga sedang populer adalah herbal. Apalagi dengan serangan virus Corona yang menyebabkan pandemi, banyak orang yang mencari herbal untuk meningkatkan sistem imunitas tubuhnya.

Menjalankan bisnis herbal bisa menjadi peluang bisnis pertanian yang sangat menguntungkan. Bahkan Anda yang tidak memahami soal tanaman ataupun pengobatan tetap bisa menjalankan bisnis ini.

Berjualan produk herbal relatif mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Ada banyak supplier yang menawarkan sistem dropship atau reseller. Dengan sistem ini Anda bisa mengajukan dan menjualnya melalui berbagai marketplace dan sosial media.

Menjual Pupuk Tanaman

Kalau Anda berminat mencari peluang bisnis pertanian tapi kurang gemar budidaya Anda bisa menjadi penjual pupuk tanaman. Hal itu karena pupuk merupakan kebutuhan pokok bagi para petani sehingga banyak juga peminatnya.

Pupuk selalu menjadi kebutuhan yang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Agar tanaman bagus pertumbuhannya dan sehat saat akan dipanen, pupuk menjadi unsur utama menjaga kesuksesan budidaya.

Mengenai jenis pupuk sendiri pada dasarnya ada dua tipe dengan dua varian. Ada pupuk untuk sayuran dan ada pula pupuk untuk tanaman hias. Selain itu, ada juga pupuk organik dan yang non-organik (kimia).

Sedangkan untuk harga jual, pupuk untuk sayuran mempunyai harga lebih mahal dari pada untuk tanaman hias. Begitu juga dengan pupuk organik lebih mahal ketimbang pupuk kimia. Anda bisa memilih yang potensial.

Itulah berbagai ide peluang bisnis pertanian yang sangat menjanjikan. Suasana pandemi memberikan peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan agar tetap mendapatkan penghasilan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang