Gubernur Jabar Dinobatkan Jadi Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Inklusif

Pemberdayaan Ekonomi Inklusif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Meraih Penghargaan Sebagai Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Inklusif 2020. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali raih penghargaan. Kali ini dalam acara Public Expose Rumah Zakat 2021 menobatkan Ridwan Kamil sebagai Tokoh Pemberdayaan Ekonomi Inklusif tahun 2020.  

Ridwan Kamil mengatakan dalam era digital ini Pemprov Jabar fokus memperhatikan ekonomi inklusif melalui program Desa Digital. Jumlah sampai 5.312 pemberdayaan. Seperti pemberian pakan lele dan menangkap ikan itu menggunakan handphone dengan teknologi Fish Finder.  

Inovasi sebagai kemajuan lainnya, Pemprov Jabar pun memiliki program One Village One Company atau setiap desa memiliki satu perusahaan. Dengan pengelolanya adalah anak-anak muda yang andal. “Kita berdayakan tanah desa dengan program itu. Mimpi kami 5.312 desa memiliki 5.312 perusahaan,” ujar Ridwan Kamil, Kamis (25/2/2021).

Dalam pemberdayaan ekonomi inklusif, Pemprov Jabar pun meluncurkan One Pesantren One Product atau OPOP. Program ini mendoron pesantren seluruh Jabar agar memiliki produk unggulan untuk mencapai ekonomi mandiri.

Bidang usahanya pun bermacam-macam, dari pertanian, perikanan, konveksi hingga kerajinan tangan. Selama dua tahun ini, tercatat 2 ribu pesantren telah memiliki usaha. Sampai 2020, sudah ada 1.574 produk pesantren dari 825 kecamatan seluruh Jabar. Tahun 2021 ini peserta OPOP bertambah 1.000 pesantren baru.

“Seperti Pesantren di Bogor yang memiliki pabrik roti. Tujuannya untuk meningkatkan ekonomi umat,” katanya.

Bahkan berkat OPOP, Pemprov Jabar pun meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020.

Pemberdayaan Ekonomi Inklusif dengan Pemanfaatan Teknologi Digital

Ridwan Kamil pun mengajak para milenial Jabar untuk jadi Patriot Desa. Mereka memiliki tugas untuk memberdayakan ekonomi masyarakat desa. Caranya dengan memanfaatkan teknologi digital. Selain itu, milenial bisa memetakan potensi ekonomi dan aspek sosial desa.

Program lainnya adalah Mobil Aspirasi Kampung Juara atau Maskara. Fungsinya untuk berbagai keperluan desa, seperti angkutan hingga hiburan. Sudah 116 desa mandiri pada tahun 2020 menerima Maskara.

Selain Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta pun mendapat penghargaan sebagai Pemberdayaan Ekonomi Inklusif tahun 2020. Serta kepala daerah lainnya Bupati Banggai Herwin Yatim dan Dirut Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang