Pembuat Pesawat Stul Asal Lakbok Ciamis Sempat Dapat Cibiran

Pembuat Pesawat Stul
Pembuat Pesawat Stul Asal Lakbok Ciamis, Heri Suyanto.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pembuat pesawat stul asal Dusun Nambo, Desa Cintajaya, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang bernama Heri Suyanto mengaku sempat mendapatkan cibiran tetangganya saat merancang dan membuat pesawat di halaman rumahnya.

Heri pun tak menghiraukan cibiran itu. Berbekal pengalaman kerja di Alaka, ia bersama istrinya menghabiskan waktu selama 11 bulan untuk mengerjakan pesawat yang sudah mencapai 90 persen siap terbang itu.

“Awalnya semua pada mencibir. Mungkin menganggapnya aku gila ya, hehe….Tapi itu tidak membuat semangat saya surut,” kata Heri kepada HR Online, Jum’at (5/2/2021).

Ia pun justru semakin semangat menyelesaikan rancangan burung besi itu dengan alat seadanya.

Selama mengerjakan pesawat tersebut, pembuat pesawat stul ini mengaku sudah menghabiskan biaya sekitar Rp 500 juta.

Baca juga: Dirgantara TNI AU Kunjungi Pembuat Pesawat Stul di Lakbok Ciamis

Peralatan dari Luar Negeri

Sementara peralatan yang ia gunakan semuanya dari luar negeri berkat relasinya dengan orang China dan Amerika.

“Semua peralatan 70 persennya dari luar negeri, dan sisanya dari Indonesia,” imbuhnya.

Ini bukan kali pertama ia merakit pesawat jenis stul. Ia mengungkapkan sudah menjual 2 pesawat sebelumnya ke negara Cheko.

“Saat itu saya mendapatkan pesanan, namun pembuatannya di luar pulau Jawa saat itu. Alhamdulillah saya dibantu sama istri bisa menyelesaikan dua pesawat pesanan itu” terangnya.

Untuk pesawat yang dibuat saat ini, kata Heri, akan dipersembahkan untuk negara.

“Mudah mudahan negara ada perhatian. Jika pun tidak, pesawat ini tetap akan saya berikan ke negara, mungkin untuk Pak Presiden” ungkapnya.

Kades Bangga

Di lokasi yang sama, Kades Cintajaya, Yunarto, membenarkan pihaknya mendapatkan informasi cibiran dari warganya.

Ia pun berusaha meredam dan mengimbau agar masyarakat mendukung apa yang menjadi obsesi Heri dalam membuat pesawat stul.

“Toh Mas Heri sendiri juga tidak meminta bantuan apa-apa kepada warga. Secara perlahan cibiran itu pun kini berubah menjadi sebuah kepercayaan” terang Yunarto.

Kepercayaan itu pun tumbuh saat Lanud Wiriadinata Tasikmalaya bertandang ke lokasi perakitan pesawat tersebut.

Apalagi, lanjutnya, hari ini ada kunjungan dari Kapus Potensi Dirgantara TNI AU, masyarakat kian yakin akan kepiawaian Heri dalam membuat pesawat.

“Mudah mudahan saja ke depannya pemerintah bisa memberikan dukungan terhadap putera daerah lakbok yang telah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis tentang pembuatan pesawat jenis stul,” jelasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid