Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita JabarPemeriksaan BPK Penting, Wagub Jabar Minta Pemkab/Pemkot Responsif

Pemeriksaan BPK Penting, Wagub Jabar Minta Pemkab/Pemkot Responsif

Berita Jabar (harapanrakyat.com).- Pemeriksaan BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan sangat penting dalam upaya menciptakan transparansi, ketertiban dan akuntabilitas dalam pengelolaan uang negara.

Demikian disampaikan Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat mengikuti Entry bersama BPK perwakilan Jabar secara virtual, Senin (1/2/2021).

Pada kesempatan itu, Uu meminta setiap Pemkab dan Pemkot di Jabar agar merespon positif penilaian atau pemeriksaan BPK.

“Penilaian BPK ini sangat penting, karena kita bisa mengetahui apakah pemda sudah merealisasikan anggaran sesuai keharusannya atau tidak, transparansi dan lainnya,” ujar Uu.

Baca Juga: Wagub Jabar Jalani Penyuntikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Selain meminta Pemda responsif terhadap pemeriksaan BPK, Uu juga meminta pemda memberikan data-data yang terbaik dan benar sesuai yang diharapkan dan diminta BPK.

“Saya juga minta setiap pemerintah daerah agar segera menindaklanjuti hasil rekomendasi BPK, sebagai upaya perbaikan pengelolaan keuangan negara di Jawa Barat,” jelasnya.

Uu mengakui jika dalam proses penyusunan laporan keuangan masih ditemukan kendala yang menjadi kelemahan laporan keuangan Jawa Barat.

Maka dari itu, ia berharap ada kesamaan teori dan rumusan perhitungan antara Pemprov dan BPK.

“Harus ada kesamaan identifikasi dan evaluasi atas tata kelola keuangan, karena memang cara menghitung yang dipakai juga kadang berbeda,” kata Uu.

Uu juga berharap lewat pemeriksaan BPK ini, kepala SKPD Pemkab/Pemkot dan jajarannya lebih termotivasi untuk melakukan langkah-langkah perbaikan.

“Kami minta dalam setiap pelaporan agar sesuai standar akuntansi pemerintahan,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

Diskominfo Kota Banjar