Pencegahan Infeksi Nosokomial, Mengurangi Resiko Terpapar Virus

Pencegahan Infeksi Nosokomial, Mengurangi Resiko Terpapar Virus
Ilustrasi Pencegahan Infeksi Nosokomial. Foto: Ist/Net

Pencegahan infeksi nosokomial salah satunya bisa anda lakukan dengan rajin cuci tangan. Sebaiknya gunakan cara yang tepat agar virus tersebut tidak mudah menyerang.

Nosokomial itu sendiri merupakan salah satu infeksi yang terjadi akibat berada dalam lingkungan rumah sakit. Seseorang bisa mengalaminya ketika melakukan perawatan atau berada pada lokasi tersebut.

Ada beberapa orang yang memiliki resiko terkena infeksi tersebut. Antara lain dokter, perawat, pasien, pekerja, hingga pengunjung yang berada di rumah sakit.

Ada beberapa contoh penyakit yang bisa terjadi ketika seseorang terkena infeksi. Diantaranya infeksi aliran darah, pneumonia, infeksi saluran kemih (ISK), dan infeksi luka operasi (ILO).

Dalam dunia medis infeksi nosokomial ini disebut juga dengan health-care associated infection (HAI) atau hospital-acquired infections. Kondisi ini akan tampak ketika seseorang berada atau berkunjung ke area rumah sakit.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, maka sebaiknya anda melakukan pencegahan infeksi nosokomial. Banyak hal yang dapat memicu seseorang terserang infeksi tersebut.

Baca Juga : Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan dan Berkhasiat Cegah Penyakit Jantung, Kanker Hingga Diabetes

Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga anda bisa mencegahnya agar tidak terserang infeksi tersebut.

Selain itu, anda juga perlu melakukan penanganan yang cepat ketika infeksi terjadi. Sebaiknya untuk segera bawa ke tenaga medis agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

Cara Pencegahan Infeksi Nosokomial

Saat berkunjung ke rumah sakit atau sedang menjalani rawat inap dalam waktu lama, ternyata memiliki resiko. Mungkin sebagian besar orang belum menyadarinya.

Padahal ada salah satu masalah yang perlu anda waspadai yaitu infeksi nosokomial. Infeksi tersebut merupakan penyakit yang bisa berkembang ketika anda berada di rumah sakit.

Ada beberapa infeksi yang bisa terjadi ketika seseorang mengalami nosokomial. Semua pasien yang dirawat akan rentan terkena infeksi tersebut.

Namun, anak-anak, orang tua, dan seseorang yang kekebalan tubuhnya menurun, kondisi tersebut beresiko besar terkena infeksi tersebut.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Polio, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Meski rumah sakit menjadi tempat yang sering dibersihkan bahkan sangat terjaga, namun belum tentu bersih. Maka dari itu, sebaiknya saat berada di rumah sakit, anda harus mematuhi peraturan yang ada.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai pencegahan infeksi akibat virus di rumah sakit. Hal ini bisa membantu anda menurunkan resiko terkena infeksi virus dari rumah sakit.

1. Cuci Tangan

Pencegahan infeksi nosokomial yang pertama yaitu rajinlah cuci tangan. Sebaiknya cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk mengurangi penyebaran infeksi tersebut.

Anda bisa melakukannya baik sebelum hingga sesudah mengunjungi pasien. Sayangnya meski sepele, namun justru hal ini sering terabaikan.

Padahal dengan rajin cuci tangan, anda bisa terhindar dari infeksi tersebut. Maka dari itu, rajin-rajin cuci tangan ketika anda pergi ke rumah sakit.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Selain mencuci tangan, usahakan untuk menghindari tangan anda untuk menyentuh wajah. Hal ini bisa menjadi pencegahan infeksi nosokomial selanjutnya.

Jika terlalu sering menyentuhnya, justru bisa membuat anda lebih mudah terpapar virus. Meski tampak tidak terlalu kotor, namun tangan menjadi tempat sarang virus dan bakteri.

Jika sampai tangan menyentuh wajah kuman dan bakteri, akan menempel pada bagian bibir atau mulut. Sehingga dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Diare, Gejala, Cara Mencegah dan Mengatasinya

3. Jalani Vaksinasi

Vaksinasi merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan sebagai pencegahan infeksi nosokomial sebelum penyakit menyerang. Maka dari itu, melakukan cara ini juga termasuk lebih efektif sebelum virus menyerang.

Apalagi jika vaksinasi ini diberikan kepada orang yang rentan terpapar infeksi, maka bisa mengurangi resiko infeksi virus mengancam tubuh.

4. Tetap di Rumah Ketika Sedang Sakit

Saat anda sedang sakit, tentu daya tahan tubuhnya akan menurun sehingga bisa dengan mudah virus masuk dalam tubuh. Saat kondisi ini, sebaiknya hindari untuk berkunjung ke rumah sakit.

Semua benda yang berada di rumah sakit akan sangat mudah terkontaminasi virus. Maka dari itu, gunakan cara-cara tersebut untuk bisa menghindari infeksi virus dari rumah sakit.

Banyak hal yang bisa anda lakukan agar terhindar dari virus dari rumah sakit. Sebaiknya gunakan cara yang tepat sebagai pencegahan infeksi nosokomial bagi anda yang sering datang ke rumah sakit. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah