Pengaruh V Belt Kendor, Kenali Ciri-Ciri Ketika Komponen Perlu Diganti

Pengaruh V Belt Kendor, Kenali Ciri-Ciri Ketika Komponen Perlu Diganti
Ilustrasi pengaruh v belt kendaraan. Foto: Ist/Net

Pengaruh v belt kendor cukup banyak dan akan mengganggu performa kendaraan. Komponen tersebut fungsinya sama seperti rantai pada motor bebek atau sport.

Komponen tersebut bisa anda dapatkan pada kendaraan tipe matic. Motor matic saat ini memang sudah mampu menarik minat para pengguna sepeda motor.

Banyak alasan mengapa sebagian besar orang memilihnya. Selain praktis, hampir semua orang bisa mengendarainya dengan cepat.

Hal ini karena motor matic cukup menarik gas dan rem pada bagian kedua tangan. Semua tipe kendaraan memang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga : Tanda-tanda Van Belt Motor Matic Segera Diganti

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan, anda perlu merawatnya secara berkala. Apalagi pada komponen yang memiliki masa pemakaian, tentu akan sangat membantu anda untuk melakukan pengecekan.

Kondisi primanya motor matic cukup memiliki pengaruh dalam perawatannya. Ketika kendaraan tidak anda rawat, pastinya bisa menimbulkan masalah baru.

Salah satu komponen vital motor matic yaitu v belt. Pengaruh v belt kendor bisa terjadi cukup vital pada kendaraan. Maka dari itu, sebaiknya berikan perawatan agar performanya tetap baik-baik saja.

Komponen ini juga hadir dengan fungsi yang cukup menarik. Peran penting dari v belt yaitu sebagai penerus putaran pulley belakang atau roda.

Sedangkan untuk transmisi pada motor bebek akan lebih sulit dalam merawatnya. Untuk melakukan perawatan yang tepat, anda perlu tahu dengan melumaskan jika sudah kendor dari biasanya.

Ketahui Pengaruh V Belt Kendor pada Motor Matic

V belt merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan tipe matic. Komponen tersebut memiliki fungsi seperti rantai pada motor bebek atau sport.

Bentuk komponen tersebut mirip sabuk yang terbuat dari bahan karet. Karena fungsinya cukup penting, sebaiknya anda berikan perawatan yang tepat.

Cara mudah untuk perawatan yaitu selalu cek kondisinya agar tetap baik. Sehingga kendaraan akan berjalan lancar tanpa kendala. Namun, namanya juga barang tentu bisa mengalami kerusakan.

Begitu juga dengan v belt kendor menandakan jika perlu penggantian. Jika kondisi ini terjadi, pada umumnya ditandai dengan tarikan sepeda motor yang sudah melemah.

Baca Juga : Penyebab V Belt Motor Sering Putus, Mempengaruhi Masa Pemakaian

Selain itu, kendaraan akan menjadi boros bahan bakar. Jika rantai pada kendaraan sport atau bebek akan berbunyi ketika mengalami gangguan tersebut.

Berbeda dengan v belt, tidak akan mengeluarkan bunyi sama sekali ketika kondisinya kendor. Sebaiknya anda berikan pengecekan secara berkala pada komponen tersebut.

Jika anda ingin melakukan pemeriksaan v belt, tentu harus bongkar bagian CVT dulu. Namun, ada hal lain yang bisa anda rasakan yaitu tarikan mulai lemot dan berat.

Ada dampak lain yang bisa terjadi yaitu borosnya BBM. Maka dari itu, sebaiknya jangan biarkan ketika komponen bermasalah. Sebaiknya anda menggantinya segera ketika pengaruh v belt sudah kendor dirasakan.

Tanda-Tanda V Belt Perlu Diganti

Seiring dengan waktu pemakaiannya, semua komponen kendaraan perlu penggantian. Hal ini bertujuan agar performa kendaraan tetap dalam kondisi baik.

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda yang bisa terjadi akibat pengaruh v belt kendor. Sebaiknya segera ganti jika kondisinya seperti ini:

V Belt Retak

Pengaruh v belt kendor memang sudah jelas sejak awal. Ketika komponen perlu diganti, tidak ada salahnya untuk segera memperbaruinya.

Tanda pertama komponen perlu diganti, yaitu komponen retak. Ketika hal tersebut terjadi, maka perlu anda ganti segera.

Tarikan Berkurang

Sudah jelas sejak awal jika pengaruh v belt kendor akan membuat kendaraan melemah. Sehingga performanya tidak akan berkurang. Jika kondisi ini terjadi, akan berpengaruh besar pada akselerasi kendaraan.

Pemakaian Kelipatan 15 km

Saat ini anda jangan sampai lupa memberikan pengecekan berkala. Sebaiknya anda gunakan v belt seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Pada umumnya, masa pemakaiannya cukup setiap kelipatan 15.000 km atau lebih. Selain itu, akan muncul tanda-tanda retak pada bagian tersebut.

V belt merupakan komponen penting pada kendaraan tipe matic. Meski sudah lama terpakai, namun performanya tetap saja. Anda perlu melakukan perawatan yang tepat.

Ada banyak ciri yang bisa anda dapatkan dari v belt bermasalah. Hal ini terjadi karena banyaknya pengaruh v belt kendor pada kendaraan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto