Pengertian Isomer Geometri Beserta Jenis dan Contoh Lengkapnya

Pengertian Isomer Geometri
Pengertian Isomer Geometri. Foto: Ist/Net

Pengertian isomer geometri merupakan salah satu jenis isomer yang terletak pada 3 dimensi dan putaran molekul. Isomer ialah dua senyawa yang memiliki rumus kimia sama, namun terdapat struktur berbeda. Sedangkan rumus kimia adalah rumus jumlah atom karbon dan unsur dalam satu molekul. 

Nah, rumus struktur molekul yakni cara atom-atom yang diikatkan dengan kovalen dalam struktur tersebut. Sebenarnya jenis dari isomer ada beberapa yang akan kita ulas ke pembahasan lebih jelas dan detail. 

Isomer memiliki senyawa kimia dengan rumus sama, namun sifatnya berbeda. Hal ini karena adanya perbedaan dari segi struktural yang mempengaruhi keseluruhan sifat senyawa kimia. 

Nah, keisomeran tersebut terjadi karena jenis atom dengan sifat masing-masing atom berbeda, sehingga menyebabkan kemungkinan variasi penataan struktur tersebut. 

Baca Juga: Tahapan Pembelahan Meiosis Lengkap dengan Pengertian dan Cirinya

Kenali Pengertian Isomer Geometri dan Jenis Isomer Lainnya

Sebenarnya isomer itu sendiri terbagi menjadi 2 macam, yakni isomer struktur dan geometri atau stereoisomer. Apabila dijelaskan secara detail, isomer struktur merupakan senyawa kimia yang memiliki struktur berbeda dengan komposisi atom dan rumus molekul mirip atau sama. 

Sedangkan stereoisomer merupakan jenis isomer yang berumus kimia sama, namun letak atom perbedaan terikat. Nah, isomer struktur terbagi menjadi 3 bagian, yakni isomer rangka, isomer posisi, dan isomer gugus fungsi. 

1. Isomer Geometri 

Pengertian isomer geometri sering dengan sebutan isomer cis-trans. Isomer geometri merupakan senyawa yang memiliki rumus molekul sama, namun dengan struktur ruang berbeda. Hal ini karena penataan atom terikat pada ikatan ganda atau rangkap. 

Sedangkan urutan perpaduannya tidak berbeda. Oleh karena itu, dengan sebutan cis apabila gugus atau atom berada dalam satu sisi, Lalu dengan sebutan trans apabila gugus berada berbeda sisi. 

Umumnya isomer geometri membentuk ikatan rangkap sebagai sumbu dengan syarat tiap atom karbon terlibat dalam ikatan ganda atau rangkap tersebut dan mengikat dua gugus atom yang berbeda. 

Contoh Isomer Geometri

Senyawa alkena dari geometri tersebut yakni cis dan trans. Contohnya yakni 2 butena dengan rumus kimia C4H8 dan CH3-CH=CH-CH3. Senyawa tersebut dengan cis-2-butena dan trans 2 butena. 

Dari pengertian isomer geometri tadi, tentu dapat lebih faham dengan contoh. Kedua rumus struktur tersebut dengan syarat isomer geometri apabila dari masing-masing atom karbon berikatan rangkap yakni 2 atom berbeda. Jika atom tersebut bertukar tempat, maka yang terjadi struktur ruangnya berbeda pula. 

Kedua atom metil di cis-2 butena terikat karbon. Lalu tetap berada pada satu sisi ruang geometris. Sedangkan pada trans-2 butena pada sisi berbeda dan berseberangan. Penamaannya pun berbeda pula. 

Baca Juga: Pengertian Simbiosis Komensalisme Beserta Contohnya di Sekitar Kita

Contoh Isomer Geometri Senyawa

Disini sebagai contoh isomer geometri senyawanya alkena pentena C5H10 pada 2-pentena. Isomer tersebut dari 2 pentena rumus kimianya C5H10. Sedangkan rumus struktur rantai lurusnya H3C-CH=CH-CH2-CH3. Ini merupakan trans-2-pentena dan cis 2 pentena. 

Kedua isomer tersebut terjadi perbedaan tempat yang ditempati atom etil C2H5 dan metil CH3. Pertukaran tersebut dengan atom Hidrogen H sehingga struktur geometris juga berbeda. Hal ini sejalan dengan pengertian isomer geometri.

Gugus atau atom etil C2H5 dan metil CH3 di cis 2 pentena terletak di sisi sama, sedangkan trans 2 pentena di ruang berseberangan. 

2. Isomer Struktur

Merupakan isomer yang terjadi dengan rumus molekul sama, tapi rumus struktur berbeda yakni perpaduan atom yang menyusun molekul. 

Isomer Rangka

Merupakan senyawa yang memiliki rumus molekul sama, tapi struktur rangka karbon berbeda. Contohnya senyawa alkana, alkena, dan alkuna. 

Isomer Posisi

Selain pengertian isomer geometri, pengertian isomer posisi merupakan senyawa dengan rumus molekul yang sama tapi penataan atom berbeda. Satu jenis isomer posisi pada alkana, alkena dengan 2 jenis perubahan penataan atom.

Hidrokarbon alkali dengan ikatan rangkap dan alkuna memiliki posisi isometrik. Sedangkan senyawa hidrokarbonnya alkana tidak membentuk isomer, ikatan tersebut juga tidak dapat merubah posisi. 

Isomer Gugus Fungsi

Merupakan senyawa dengan rumus molekul yang sama, tapi fungsi gugus berbeda. 

Peran Penting Isomerisme

Isomer tersebut tentu sangat berperan untuk nutrisi dan obat dengan enzim bekerja satu isomer dengan lainnya. Contoh terbarunya yakni Xanthine. Hal ini baik dalam isomer makanan maupun obat-obatan. 

Tentu berbeda dengan metil, caffeine, theophylline, dan theobromine yakni isomer. Nah, yang lain dari isorisme yaitu phenethylamine. Seputar isomer dan pengertian isomer geometri tentu penting anda ketahui.  (R10/HR Online)

Editor: Jujang