Penyebab Kanker Lidah Lengkap Dengan Tingkatan Stadiumnya

Penyebab Kanker Lidah Lengkap Dengan Tingkatan Stadiumnya
Ilustrasi penyebab kanker lidah. Foto: Ist/Net

Penyebab kanker lidah cukup bervariasi, salah satunya pola hidup yang kurang sehat. Penyakit yang satu ini tumbuh pada area jaringan lidah.

Pada umumnya, ada tanda-tanda munculnya penyakit tersebut. Antara lain bercak merah, sariawan, atau lidah tampak putih pucat.

Tidak hanya itu saja, namun gejala yang terjadi yaitu sakit tenggorokan berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh. Kanker lidah itu sendiri merupakan kelainan pada bagian tersebut yang tidak normal.

Hal ini bisa terjadi pada ujung lidah atau pangkal. Penderita penyakit kanker ini sebagian besar terjadi pada perokok dan orang yang kecanduan alkohol.

Selain itu, penyakit ini juga akan mudah menyerang seseorang yang terinfeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Kondisi ini tidak hanya terjadi pada bagian lidah saja.

Namun, jika sudah terlalu parah, maka akan menyebar pada bagian rongga mulut, tenggorokan, hingga organ tubuh lainnya. Gejala penyakit ini memang masih sulit terdeteksi.

Baca Juga : Penyakit Kanker Darah, Jenis, Gejala dan Penanganannya

Namun, untuk penyebab kanker lidah cukup beragam. Karena gejalanya sulit dilihat, maka sebagian penderita tidak menyadarinya sejak awal.

Sehingga penyakit tersebut akan terlihat ketika sudah cukup parah. Sebaiknya anda lebih mengetahuinya secara jelas agar penanganan yang diberikan bisa lebih cepat dan penyakit tidak semakin parah.

Hal-hal yang Menjadi Penyebab Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang bagian tersebut secara abnormal. Tumbuhnya jaringan abnormal yang umumnya berada pada bagian ujung atau depan lidah, disebut kanker lidah oral.

Sedangkan untuk yang berada pada bagian bawah mulut dan pangkal lidah disebut dengan kanker orofaringeal. Penyakit ini timbul akibat adanya perubahan atau mutasi genetik pada sel-sel jaringan lidah.

Kondisi ini menyebabkan sel tumbuh secara abnormal. Sehingga akan sulit terkendali dan menjadi sel kanker. Sebenarnya penyebab ini memang belum bisa diketahui secara jelas.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang berpeluang menyebabkan kanker lidah, antara lain:

Baca Juga : Macam-macam Penyakit Kanker dan Gejalanya, dari Serviks Hingga Kulit

Merokok

Penyebab kanker lidah yang pertama yaitu karena kebiasaan merokok atau konsumsi tembakau. Dalam rokok terdapat kandungan pemicu kanker atau karsinogenik.

Sehingga akan berisiko besar perokok mudah terserang penyakit tersebut. Sebaiknya untuk lebih berhati-hati dan ketahui gejala yang bisa terjadi kapan saja.

Alkohol

Penyebab kanker lidah berikutnya juga bisa karena seseorang kecanduan alkohol. Konsumsi minuman alkohol dalam jumlah banyak dan bisa menimbulkan penyakit tersebut.

Sebaiknya agar anda terhindar dari kanker lidah, hilangkan kebiasaan mengkonsumi minuman tersebut. Cobalah untuk menjalankan pola hidup sehat.

Infeksi Human Papillomavirus (HPV)

Meski masih jarang terjadi, namun ada kemungkinan jika seseorang terinfeksi HPV. Dengan adanya gangguan tersebut, akan menimbulkan pertumbuhan jaringan abnormal.

Hal ini terjadi dalam mulut yang dapat memicu tumbuhnya kanker. Infeksi HPV yang ada dalam mulut mampu menyebar dengan berhubungan seksual secara oral.

Baca Juga : Benjolan di Dalam Hidung Menandakan Adanya Penyakit Tertentu

Pola Makan Buruk

Saat seseorang tidak pernah konsumsi buah dan sayur, maka masalah ini bisa terjadi. Sehingga dapat menjadi penyebab kanker lidah terjadi.

Sebaiknya buat pola makan yang sehat dan teratur. Selain itu, rajinlah merawat kesehatan gigi dan mulut. Hal ini juga bisa membuat anda jauh dari penyakit tersebut.

Tingkatan Stadium Kanker Lidah

Faktor yang terjadi memang cukup beragam. Bahkan ada juga tingkatan penyakit tersebut dari yang ringan hingga parah. Berdasarkan tingkat keparahan kanker dan luas penyebaran yang terjadi, kondisi ini bisa terbagi menjadi beberapa tahap.

Stadium pertama, kanker mulai tumbuh, namun ukurannya belum melebihi 2cm. Bahkan belum menyebar ke jaringan sekitarnya sehingga bisa disebut sebagai stadium awal.

Sedangkan kondisi berikutnya ketika kanker memiliki ukuran 2-4 cm, namun belum menyebar pada area sekitarnya. Kondisi ini menjadi pertanda jika penyakit masuk stadium 2.

Sedangkan untuk stadium 3, kondisi penyakit sudah lebih dari 4cm, bahkan sudah menyebar. Penyebarannya hingga masuk ke kelenjar getah bening.

Jika kondisi ini tidak segera anda atasi, akan semakin parah hingga masuk stadium akhir. Kanker akan menyebar ke jaringan sekitar mulut dan bibir.

Parahnya, bisa menyebar ke organ lain seperti paru-paru dan jantung. Jangan sampai terlambat. Anda perlu tahu faktor penyebab kanker lidah lebih awal. (R11/HR-Online)

Editor : Eva Latifah