Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab kepala sering pusing mungkin banyak orang yang sering mengabaikannya. Namun jika kondisi kepala sering pusing dan tiba-tiba sebaiknya waspada. Karena gejala itu bisa saja berhubungan dengan penyakit yang berbahaya.

Pusing merupakan gangguan pada bagian kepala yang kerap terjadi. Hampir semua orang pasti akan merasakannya. Bahkan istilah ini sering bercampur dengan pusing bukan dalam pengertian penyakit, namun karena banyaknya persoalan.

Namun tak sedikit yang menyamakan pusing dengan sakit kepala. Padahal, pusing merupakan salah satu bentuk rasa sakit yang terjadi pada kepala. Namun jika sakit kepala umumnya terasa seperti berdenyut atau menusuk, sedang pusing lebih seperti berputar.

Gangguan pusing bisa muncul secara tiba-tiba dan juga bisa hilang sendiri tanpa perlu minum obat. Meskipun begitu kondisi ini sangat mengganggu, termasuk membuat aktivitas menjadi terhambat.

Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba

Pusing yang datang sewaktu-waktu merupakan hal yang wajar. Apalagi jika Anda sering jarang minum atau kekurangan cairan tubuh. Begitu juga dengan aktivitas pekerjaan yang menyita perhatian juga bisa memicu pusing.

Namun jika Anda sering merasakan pusing dan terjadi secara berulang atau tiba-tiba sebaiknya waspadai. Ada banyak faktor penyebab kepala sering pusing tiba-tiba yang sebaiknya Anda tahu dan kenali sejak dini.

Dehidrasi

Seperti telah disebutkan, dehidrasi merupakan salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya pusing kepala. Namun gangguan kepala yang berputar ini akan segera hilang saat Anda segera minum air putih yang cukup.

Seperti kita tahu, sebagian besar tubuh terdiri atas cairan. Keberadaan cairan begitu penting dalam proses metabolisme tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan maka akan segera muncul sejumlah tanda, salah satunya adalah pusing.

Tekanan Psikologis

Begitu juga dengan stres atau tekanan psikologis yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing. Namun tekanan psikologis yang berat bisa memicu depresi.

Stres sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan terjadi pada siapapun. Umumnya pusing yang timbul bukan saat stres, melainkan pada setelahnya. Hal ini karena berhubungan dengan hormon anti stres dari tubuh.

Program Diet Ketat

Untuk Anda yang sedang melaksanakan diet untuk menurunkan berat badan sebaiknya Anda lakukan dengan cara yang benar. Diet ketat dan berlebihan justru akan membuat tubuh kekurangan oksigen yang memicu terjadinya pusing.

Mengurangi makan secara berlebihan bukan diet sehat. Diet yang sehat bisa kita ukur dari tidak adanya efek yang terjadi, termasuk sering pusing. Hal ini karena kebutuhan tubuh terhadap nutrisi makanan tetap terpenuhi.

Kurang Tidur

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing adalah karena kurangnya tidur. Menumpuknya pekerjaan kantor atau karena sering begadang akan menyita waktu bagi tubuh untuk beristirahat.

Tubuh yang kurang beristirahat akan menyebabkan kepala terasa berdenyut dan berputar. Hal ini karena tubuh tidak sempat melakukan regenerasi sel-sel dan memulihkan tubuh secara sempurna. Karena itu penting memperhatikan waktu tidur Anda.

Kebanyakan Tidur

Pusing akan muncul saat tubuh kurang tidur. Namun sebaliknya, jika waktu Anda lebih banyak untuk tidur juga akan merasakan hal yang sama. Hal ini karena tubuh kurang bergerak dan tenaga yang putih tidak berguna.

Idealnya waktu tidur adalah sekitar 8 jam sehari. Terlalu sering tidur hingga lebih dari 10 jam akan membuat tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Pusing yang timbul merupakan indikasi tidak seimbangnya aktivitas tubuh.

Makan Tidak Teratur

Mengonsumsi makan utama sangat penting Anda lakukan secara teratur. Sebab jika terlambat atau tidak teratur makan juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing. Karena itu penting memperhatikan asupan makan Anda.

Secara umum kebanyakan kita membagi waktu makan menjadi sarapan, makan sang, dan malam. Namun pembagian ini lebih bersifat formal. Sebab secara alami tubuh mampu memberikan sinyal perut keroncongan yang membutuhkan makanan.

Makan Berlebihan

Selain jadwal makan yang tidak teratur, makan secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing dan mual. Masuknya makanan dalam porsi berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh. Sehingga penting makan secukupnya saja.

Olahraga Berlebihan

Tubuh yang kurang olahraga atau bergerak tak akan memicu rasa pusing. Namun jika Anda melakukan olahraga secara berlebihan hingga mengalami kelelahan justru bisa menyebabkan timbulnya rasa pusing kepala.

Olahraga yang berlebihan akan memicu meningkatnya aliran darah yang menuju ke bagian leher dan otak. Kadar oksigen dalam darah juga akan berkurang. Kondisi inilah yang membuat orang sering memporsir olahraga sering merasakan pusing.

Terpapar Radiasi Gelombang Elektromagnetik

Perkembangan teknologi ternyata juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Perangkat komputer, TV, hingga HP memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik yang bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba.

Jika Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop maupun sering menonton TV dari dekat akan membuat mata lelah dan kepala pusing. Karena itu penting mengambil jarak yang aman karena bisa berbahaya untuk tubuh.

Pengaruh Hormon

Perubahan hormon seperti yang sering terjadi pada wanita juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba. Seperti saat haid yang menyebabkan hormon dalam tubuh berubah secara drastis. Namun pusing akan hilang dengan sendirinya.

Postur Tubuh yang Salah

Posisi atau bentuk tubuh ternyata juga berhubungan dengan pemicu sejumlah gangguan, termasuk pusing kepala. Kebiasaan bentuk postur tubuh yang sering menekuk atau membungkuk akan menyebabkan terganggunya aliran darah ke otak.

Kondisi ini juga bisa memicu timbulnya pusing kepala. Karena penting menjaga postur tubuh dengan kebiasaan menegakkan badan dalam berbagai kesempatan. Khususnya saat kita duduk.

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)      

Faktor lain penyebab kepala sering pusing adalah tekanan darah rendah. Kondisi hipotensi ini terjadi karena sistolik menurun akibat perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba. Seperti berdiri mendadak dari jongkok. Karenanya penting menjaga kesadaran saat mengubah posisi.

Gangguan Otot Jantung

Kepala sering pusing juga bisa mengindikasikan adanya gangguan pada organ jantung. Penyakit pada otot jantung atau kardiomiopati maupun irama jantung tidak beraturan (aritmia) adalah sejumlah gangguan otot jantung yang memicu pusing.

Disequilibrium

Jika Anda pernah mengalami gangguan penglihatan, adanya kerusakan saraf pada kaki, atau telinga bagian dalam juga sering memicu rasa pusing. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan sehingga tubuh bergoyang.

Makanan Penyebab Kepala Sering Pusing

Selain berbagai faktor tersebut, kepala sering pusing juga bisa terjadi karena kebiasaan kita dalam mengonsumsi makanan. Berikut ini berbagai jenis makanan yang memang bisa menyebabkan kepala sering pusing.

Minuman dan Makanan Dingin

Anda yang sering mengonsumsi makanan atau minuman dingin mungkin tidak menyadari darimana kepala menjadi pusing. Konsumsi es krim maupun air es terlalu sering akan mempengaruhi kerja otak sehingga memicu pusing.

Junk Food

Untuk Anda yang menyukai makanan junk food sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Sebab, bukan hanya risiko terkena penyakit berbahaya, namun juga bisa menjadi penyebab kepala sering pusing.

Makanan Tinggi Nitrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi nitrat juga bisa memicu rasa pusing. Hal ini karena makanan ini akan menyebabkan tekanan darah naik. Karena itu batasi jumlah nitrat yang Anda konsumsi.

Kandungan Tiramin

Senyawa tiramin banyak terdapat dalam beberapa jenis makanan. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, keju, acar, dan bawang merah. Membatasi jumlah konsumsinya bisa mencegah rasa pusing yang timbul.

Cokelat

Tentunya banyak orang yang menyukai makanan satu ini. Namun jika Anda mengonsumsi coklat dalam jumlah banyak akan mudah terserang pusing kepala. Apalagi jika Anda makannya bersamaan dengan buah anggur.

Minuman Berkafein dan Beralkohol

Anda yang terlalu banyak minum kopi atau minuman beralkohol tentunya juga sering mengalami pusing. Hal ini karena minuman ini akan menyebabkan terjadinya ketegangan sistem saraf yang memicu rasa pusing.

Cara Mengatasi Kepala Sering Pusing dan Mual

Ada banyak faktor yang menyebabkan atau memicu terjadinya pusing. Mengenal faktor penyebab kepala sering pusing dan mual sangat penting untuk penanganan yang cepat. Berikut cara mengatasi kepala sering pusing yang bisa Anda lakukan.

  1. Biasakan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Ini penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan. Jika perlu selalu bawa botol air putih untuk memudahkan Anda meminumnya.
  2. Hindari kebiasaan minum air es atau dingin. Kalaupun ingin, khususnya saat cuaca terik, minum secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan.
  3. Selalu makan saat tubuh membutuhkan asupan makanan. Menunda makan akan membuat tubuh menderita. Namun batasi jumlah konsumsi sesuai kapasitas perut Anda.
  4. Jika Anda ingin minum obat pereda pusing sebaiknya batasi dosisnya. Konsultasikan dengan dokter jika kondisi pusing berkepanjangan.

Itulah berbagai faktor penyebab kepala sering pusing yang sebaiknya Anda waspadai. Jika gejalanya tak terlalu sering mungkin masih normal. Namun jika Anda sering pusing dan mual yang berulang sebaiknya segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -