Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi Pada Komponen Mesin
Ilustrasi penyebab knalpot mobil ngebul. Foto: Ist/Net

Penyebab knalpot mobil ngebul cukup beragam. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu faktor yang mempengaruhi terjadinya hal tersebut.

Secara umum mobil mengeluarkan emisi yang diperoleh dari proses pembakaran. Emisi tersebut berupa gas CO atau karbon yang pada umumnya tidak berwarna.

Baca Juga : Pelindung Panas Knalpot, Mengurangi Resiko Terkena Suhu Panasnya

Namun, sayangnya sering terjadi mobil yang mengeluarkan asap putih atau hitam pekat. Jika sudah timbul hal tersebut, anda perlu mewaspadainya.

Segera periksa komponen kendaraan agar anda tahu penyebabnya. Penyebab knalpot pada mobil bisa ngebul memang tidak selalu berjalan dengan baik.

Terkadang ada kendala yang mempengaruhi kinerjanya. Mobil menjadi salah satu alat transportasi darat yang kini semakin populer.

Hampir semua orang kini banyak yang memiliki mobil dengan berbagai merek dan tipe. Kendaraan yang satu ini tersusun atas berbagai komponen.

Namun, semua komponen tidak lepas dari yang namanya kerusakan. Mesin menjadi komponen penting dan bisa terjadi masalah kapan saja.

Salah satu yang sering terjadi yaitu knalpot ngebul akibat mesin bermasalah. Ada banyak penyebab knalpot mobil ngebul yang bisa mempengaruhi performa kendaraan.

Selain itu, dengan masalah tersebut, tentu asapnya akan menimbulkan polusi. Sehingga bisa membuat anda dan pengendara lain merasa terganggu.

Faktor Penyebab Knalpot Mobil Ngebul yang Sering Terjadi

Mobil merupakan alat transportasi yang banyak dimiliki sebagian besar orang. Mesin menjadi salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada kendaraan.

Mesin berfungsi sebagai alat untuk membuang gas dari hasil metabolisme kendaraan. Salah satu yang sering terjadi yaitu knalpot ngebul.

Pada dasarnya, pembakaran akan terjadi pada semua kendaraan dengan bahan bakar. Gas buang tersebut akan keluar dari knalpot tanpa berwarna.

Baca Juga : Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Ada 3 Efek yang Harus Anda Tahu

Namun, tidak sedikit kendaraan yang mengeluarkan asap atau ngebul ketika dikendarai. Hal tersebut sudah menandakan penyebab knalpot mobil ngebul sehingga kendaraan bermasalah.

Maka dari itu, ketika hal tersebut anda alami, segera periksa komponen. Biasanya knalpot ngebul hanya terjadi pada jenis kendaraan tua atau berumur.

Rata-rata gejala yang bisa ditimbulkan pada kendaraan berumur 7-10 tahun masa pemakaian. Selain itu, masih ada beberapa faktor mempengaruhi masalah tersebut, antara lain:

Bocornya Oli dari Seal Katup

Velve memiliki peranan untuk membuka dan menutup saluran intake/exhaust menuju ruang bakar. Ketika silinder penuh dengan oli, maka akan disekat dengan seal karet. Hal ini agar tidak masuk saluran intake/exhaust.

Namun, kondisi tersebut terjadi jika dalam keadaan normal. Sedangkan jika terjadi masalah atau kerusakan, otomatis silinder akan mengalir masuk dan terhisap pada ruang bakar. Terbakarnya oli menjadi masalah timbulnya asap pada knalpot.

Ada banyak penyebab knalpot mobil mengeluarkan asap ngebul. Anda perlu mengetahuinya untuk dapat memperbaiki dengan cepat.

Injektor Rusak

Penyebab knalpot mobil ngebul juga bisa karena kerusakan pada sistem injeksi mesin. Jika hal ini terjadi, akan timbul asap hitam pekat yang keluar dari knalpot.

Asap tersebut bercampur dengan bahan bakar yang cukup banyak. Meski masih jarang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan hal ini bisa anda alami.

Bahan bakar yang berlebih akan menghasilkan pembakaran tidak sempurna. Hal ini akan sering terjadi pada mesin diesel konvensional atau commonrail.

Baca Juga : Knalpot Custom Beat, Periksa dan Pilih Sesuai Kebutuhan

Hal ini akan terjadi ketika injektor ujungnya rusak atau jebol. Sehingga membuat bahan bakar tidak bisa terkontrol saat keluar. Kejadian ini tidak bisa memberikan campuran ideal pada karburator.

Seal Katup Bocor

Seal katup memiliki peranan yang cukup penting guna mencegah oli masuk ruang bahan bakar. Maka dari itu, ketika komponen tersebut bocor, maka membuat oli akan masuk ruang bakar. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab knalpot mobil ngebul. Sehingga keluar asap yang bisa menimbulkan polusi.

Ring Piston Rusak

Ada 3 ring pada bagian kepala piston yaitu 2 kompresi dan 1 oli. Fungsinya berbeda jika kompresi berfungsi mengikis sisa oli pada dinding silinder.

Sedangkan untuk ring olinya berfungsi membentuk lapisan oli tipis untuk melumasi piston dan dinding silinder. Jika komponen tersebut rusak, maka oli akan masuk pada bagian bawah blok silinder.

Masalah inilah yang menjadi penyebab knalpot mobil ngebul. Sehingga akan mengganggu performa kendaraan saat berkendara. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto