Penyebab Kulit Kuku Sobek dan Cara Mencegahnya

Ada beberapa penyebab kulit kuku sobek hingga terkelupas. Foto: Ilustrasi/Net.
Ada beberapa penyebab kulit kuku sobek hingga terkelupas. Foto: Ilustrasi/Net.

Penyebab kulit kuku sobek hingga terkelupas yang terasa sangat mengganggu saat kita sedang beraktivitas. Karena, kulit yang sobek pada area kuku biasanya terasa sakit. Kondisi ini banyak dialami dalam aktivitas sehari-hari.

Kulit terkelupas sekitar kuku yang kamu alami bisa terjadi oleh beberapa masalah kulit, seperti gatal, ruam, atau akibat kulit yang kering dengan kondisi sobek.

Hal itu biasanya terjadi akibat adanya masalah iritasi, atau faktor lainnya. Dalam sejumlah kasus, masalah tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi terkelupas parah pada bagian jari-jari tangan.

Merangkum dari berbagai sumber, dalam bahasa Jawa kulit kuku yang sobek atau terkelupas disebut siwilen. Penyebabnya bisa terjadi oleh beberapa masalah. Berikut ini sejumlah masalah yang dapat menyebabkan kulit sekitar kuku terkelupas.

Baca Juga : Makanan untuk Kesehatan Kuku yang Wajib Anda Coba!

5 Penyebab Kulit Kuku Sobek Hingga Terkelupas

Faktor Cuaca

Faktor cuaca dapat menyebabkan masalah pada kulit, baik saat cuaca dingin maupun cuaca kering atau kemarau. Kulit bisa pecah-pecah hingga terkelupas.

Saat udara terasa panas tidak hanya menyebabkan keluarnya keringat berlebih, tapi juga bisa mengakibatkan kulit pada jari terkelupas.

Untuk mencegah masalah tersebut, kamu bisa menggunakan pelembab kulit dan hindari mandi dengan air panas. Selain itu, perhatikan pula lingkungan sekitar apakah ada iritan yang dapat menyebabkan terjadinya masalah ini.

Paparan Sinar Matahari

Penyebab kulit kuku sobek bisa juga akibat seringnya terpapar sinar matahari. Kondisi ini dapat mengakibatkan luka bakar. Kulit sobek dan terkelupas akan menyertai kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Baca Juga : Kutek Halal untuk Sholat, Membuat Kuku Cantik dan Menarik

Untuk mencegah masalah ini, usahakan sebisa mungkin menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Kamu bisa gunakan lotion berbahan aloe vera atau tabir surya untuk membantu mengatasinya.

Cuci Tangan Berlebih

Mencuci tangan dengan sabun secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab kulit kuku sobek hingga terkelupas. Karena, kulit akan kering sehingga gampang pecah dan terkelupas.

Jika kamu mengalami masalah tersebut, sebaiknya jangan terlalu sering cuci tangan menggunakan sabun. Usahakan supaya tangan kamu tetap lembab setelah mencucinya. Kemudian, hindari pula pemakaian tisu kertas yang dapat menyakiti jari-jari tangan.

Paparan Kandungan Kimia

Ada beberapa zat kimia pada produk pembersih dan produk kecantikan yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit, hingga berujung kulit menjadi sobek dan terkelupas.

Untuk mencegah agar masalah ini tidak terjadi, sebaiknya kamu gunakan produk pembersih maupun produk kecantikan khusus buat kulit sensitif.

Baca Juga : Manfaat Spoolie Brush Tak Hanya untuk Alis Namun juga Bibir dan Kuku

Bekerja di tempat yang banyak produk mengandung zat kimia dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kulit. Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu memang dianjurkan sering cuci tangan. Namun, sebisa mungkin kondisi tangan tetap lembab ya!

Kebiasaan Mengisap Jari

Penyebab kulit kuku sobek yang terakhir yaitu dari kebiasaan menghisap jari atau menggigit kuku. Hal ini bisa membuat kulit menjadi lebih kering sehingga kulit jari akan terkelupas.

Kebiasaan menghisap atau menggigit kuku tidak hanya pada anak-anak, tapi juga pada orang dewasa. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini yaitu menghentikan kebiasaan tersebut.

Itulah beberapa penyebab yang membuat kulit kuku sobek hingga terkelupas. Hindari semua masalah tersebut agar aktivitas kamu tidak terganggu. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah