Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya

10 penyebab mobil bergetar pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Foto: Ilustrasi/Net.
10 penyebab mobil bergetar pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Foto: Ilustrasi/Net.

Penyebab mobil bergetar pada saat melaju dengan kecepatan tinggi biasanya ada beberapa faktor. Penyebabnya bisa dari mobil itu sendiri, bisa juga akibat kondisi jalanan yang tidak rata.

Memiliki kendaraan menjadi impian bagi semua orang. Tapi, bagaimana kalau mobil yang kamu beli ada masalah? Tentu kenyamanan saat kamu berkendara akan terganggu.

Apalagi jika mobil yang kamu beli itu mobil tua, dan kamu sendiri tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Biasanya ketidaknyamanan yang dialami apabila memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi adalah mobil terasa bergetar.

Faktor internal mobil bisa menjadi pemicu mobil bergetar, dan lumayan banyak penyebabnya, termasuk rem juga bisa ikut bergetar.

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mobil terasa bergetar ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Berikut ini penjelasannya, termasuk cara mengatasinya.

10 Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang

Ban

Ban merupakan komponen utama, jika kondisinya sudah botak membuat mobil tidak seimbang. Karena, jumlah angin dalam ban mobil akan berbeda antara satu sama lainnya.

Baca Juga : Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Masalah tersebut bisa menyebabkan mobil bergetar ketika melaju kencang. Perputaran ban yang tidak selaras mengakibatkan keseimbangan mobil juga bisa goyah. Tentu saja bisa membahayakan jiwa pengemudinya.

Kondisi ban yang sudah aus juga dapat menjadi penyebab utama mobil bergetar. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi ban mobil.

Jika kamu sudah merasakan mengemudi tidak nyaman gara-gara ban gundul, sebaiknya segera menggantinya dengan ban yang baru.

Karena, selain mobil akan bergetar, ketahanan ban juga akan berkurang. Bahkan, sewaktu-waktu ban mobil kamu bisa meletus saat di jalan.

Mesin

Kondisi mesin juga dapat menjadi salah satu penyebab mobil kamu bergetar saat melaju kencang. Kamu bisa mengetahui komponen mobil dengan mudah.

Caranya, cek filter bensin atau penyuplai bahan bakar mobil kamu. Begitu pula sistem kelistrikan perlu kamu perhatikan karena bisa mengganggu kinerja mesin. Kemudian, setelan mobil yang tidak tepat, serta kopling yang habis akan mengganggu kinerja mesin.

Kalau performa mesin mobil mengalami masalah tersebut, itu menandakan bahwa penyebab getaran pada mobil saat melaju kencang ada pada mesin.

Baca Juga : Mobil Sering Mati Mendadak Tidak Hanya Disebabkan BBM Habis

Perlu diketahui juga cara mengecek mesin mobil bekas. Cek komponen mesin, seperti filter bensin dan busi untuk mengetahui apakah tersumbat atau kotor.

Selanjutnya, ganti secara berkala, sesuaikan dengan spesifikasi pabriknya berdasarkan jenis serta merek mobil yang kamu miliki.

Rem

Rem juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar ketika melaju dengan kecepatan tinggi. Jika mobil sedang melaju kencang kemudian kamu melakukan pengereman dan terasa bergetar. Maka yang menjadi sumber masalahnya terdapat pada rem. Karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi cakram rem mobil kamu.

Selain itu, kampas rem yang kualitasnya abal-abal bisa juga menyebabkan mobil bergetar. Jadi sebaiknya membeli komponen mobil harus sesuai dengan spesifikasi merek mobilnya. Karena, rata-rata pabrikan mobil memiliki spare part tersendiri bagi setiap kendaraan yang mereka buat.

As Roda

As roda yang rusak akan mengakibatkan perputaran roda menjadi tidak stabil. Sehingga, mobil akan bergetar getaran ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Kerusakan pada bagian as roda bukan kerusakan umum. Pasalnya, as roda yang mengalami kerusakan biasanya mobil tersebut punya riwayat kecelakaan dan berdampak pada bagian as roda.

Karena posisi as roda berada di bawah mobil, jadi jarang diperhatikan. Padahal, as roda merupakan salah satu komponen penting pada mobil.

Baca Juga : Mobil Paling Laris Sepanjang Masa, dari Toyota Hingga Volkswagen

Propeller

Penyebab mobil bergetar saat melaju kencang juga bisa akibat propeller. Tapi memang kemungkinannya kecil. Karena, propeller dibuat diimbangi dengan kemampuan untuk menahan getaran ketika mentransmisikan data. Dalam hal ini dari gearbox ke diferensial.

Propeller juga dibuat dengan keunggulan untuk bisa menyesuaikan kondisi permukaan jalan, serta jumlah beban pada mobil.

Selain itu, propeller memiliki ketahanan apabila mengalami tekanan yang sampai menimbulkan bengkok. Namun, perputaran propeller dapat menghambat performa kendaraan ke tingkat maksimal.

Velg

Velg yang bengkok atau mengalami kerusakan pada bentuknya bisa menjadi penyebab mobil bergetar saat melaju kencang. Kerusakan tersebut akan membuat ban mobil menjadi tidak sempurna, sehingga mengganggu keseimbangan.

Sebagai solusinya, segera ganti velg ban mobil kamu, dan hindari jalan berlubang supaya velg tidak mendapatkan benturan keras yang bisa merusak velg.

Shockbreaker

Fungsi utama dari shockbreaker untuk menahan atau meredam getaran jika melintasi jalan yang tidak rata. Sehingga, bagian ban tidak akan menyentuh bodi mobil.

Kalau shockbreaker rusak, tentu fungsinya akan mengganggu performa mobil, terlebih menghadapi getaran. Meskipun shockbreaker yang rusak tidak terjadi di keempat ban mobil, namun tetap saja performa mobil akan terganggu.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Jadi, perlu memperhatikan pula kondisi shockbreaker jika mobil kamu sering melintasi jalanan berlobang. Karena, tekanan yang sering bisa menyebabkan shockbreaker rusak, sehingga fungsinya tidak akan maksimal.

Piston

Piston bisa menjadi penyebab mobil bergetar ketika melaju kencang. Kekurangan tenaga pada piston akan membuat tenaga mobil menjadi turun. Kalau dipaksakan bisa membuat getaran pada mesin yang berimbas ke bagian body mobil saat melaju kencang.

Penyebab kerusakan pada piston juga bisa terjadi akibat oli mobil yang kotor karena tidak rutin menggantinya. Pilihlah oli yang bagus untuk mobilmu.

Busi

Kondisi busi yang mati bisa menyebabkan mesin mobil menjadi pincang. Mobil biasanya memiliki empat buah busi. Jika salah satunya mati, sebaiknya segera untuk menggantinya supaya performa mesin mobil bisa bagus lagi.

Kalau performa mesinnya tidak baik, akan muncul ketidaknyamanan ketika kamu sedang mengemudi. Biasanya mesin mobil menjadi bergetar.

Engine Mount

Engine mount berfungsi menahan berat mesin mobil. Jika salah satunya rusak, mesin mobil terasa bergetar keras hingga bodi mobil pun ikut bergetar. Apalagi kalau melaju dengan kecepatan tinggi.

Kerusakan pada engine mount bukan sebuah kerusakan umum. Karena, engine mount dirancang secara khusus dengan ketahanan tinggi. Biasanya penyebab kerusakan engine mount karena mobil tersebut pernah kecelakaan.

Agar bisa menghindari getaran saat mobil melaju kencang, selalu perhatikan semua kondisi komponen tersebut. Apalagi jika kamu sedang mengemudi ke luar kota, tak jarang kamu memacu mobil dengan kecepatan tinggi supaya cepat sampai ke tempat tujuan.

Mobil bergetar saat melaju kencang tentunya sangat berbahaya jika kamu tidak mampu mengendalikannya. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah