Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Penyakit Amnesia, Jenis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Penyakit Amnesia, Jenis dan Cara Mengatasinya

Penyebab penyakit amnesia tak hanya berkaitan dengan adanya benturan pada kepala, namun juga bisa karena faktor lainnya. Ada sejumlah jenis penyakit amnesia yang wajib kita tahu, termasuk penanganannya. Menyembuhkan penyakit daya ingat otak ini terdapat beragam terapi sebagai cara mengatasinya.

Amnesia, menurut Wikipedia, merupakan kondisi yang menyebabkan daya ingat mengalami gangguan. Namun kondisi ini bisa bersifat singkat dan sementara maupun dalam jangka yang cukup panjang. Bahkan ada yang bersifat permanen.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja. Baik anak-anak hingga orang lanjut usia. Terdapat pula beberapa jenis amnesia berdasarkan kondisi yang ada. Baik yang parsial, sementara, maupun yang bersifat global.

Selain akan menyebabkan hilangnya ingatan, amnesia juga bisa memberikan dampak menyangkut bayangan terhadap masa depan. Pada orang normal, ingatan masa lalu penting untuk memperkirakan atau merencanakan masa depan.

Faktor Penyebab Penyakit Amnesia

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit amnesia. Namun secara umum penyebab kondisi ini terbagi atas faktor yang bersifat organik karena kelainan dalam otak. Sedangkan penyebab fungsional karena faktor psikologis.

Untuk lebih mengenal gangguan yang satu ini, berikut ini berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya hilang ingatan.

Benturan Kepala

Fungsi kognitif merupakan bagian dari kerja otak yang terdapat dalam kepala. Jika kepala mengalami benturan, kecelakaan, atau cedera bisa mempengaruhi fungsi otak. Trauma kepala merupakan faktor yang umum menyebabkan amnesia.

Benturan kepala akan menyebabkan terjadinya gegar otak. Kondisi ini bisa membuat daya ingat terganggu atau bahkan menjadi hilang. Jika trauma terjadi dengan keras bisa membuat amnesia bersifat sementara ataupun permanen.

Konsumsi Obat Kimia

Mengonsumsi obat kimia dalam jangka panjang juga bisa memicu dan menjadi penyebab penyakit amnesia. Selain bisa menyebabkan terganggunya fungsi otak dan hilang ingatan, konsumsi obat terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kebiasaan minum obat kimia hanya karena sedikit pusing atau kedinginan akan membuat tubuh justru menjadi lemah. Karena itu segera ubah kebiasaan minum obat kimia jika tidak benar-benar mendesak, khususnya obat yang mengandung penenang.

Dampak Tindakan Medis

Tak sedikit orang yang membutuhkan penanganan medis untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Seperti kemoterapi, operasi otak, penyinaran radiasi pada kepala, hingga operasi transplantasi sumsum tulang belakang.

Meskipun tujuannya untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun tindakan medis bukannya tanpa risiko. Sebab jika berlangsung berulang kali bisa menurunkan atau bahkan merusak memori otak.

Ensefalitis

Penyebab penyakit amnesia lainnya juga bisa karena ensefalitis. Ini merupakan bentuk peradangan pada jaringan otak biak karena serangan virus, infeksi, maupun karena kelainan lainnya.

Jaringan otak yang mengalami radang akan mengganggu fungsi kerjanya termasuk bisa menyebabkan hilang ingatan. Peradangan ini termasuk berbahaya sehingga membutuhkan penanganan yang cepat.

Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa mengganggu kesehatan tentunya sudah banyak rang yang mengetahuinya. Namun jika konsumsi ini berlangsung lama dengan takaran yang besar juga bisa menyebabkan amnesia.

Alkohol bisa mempengaruhi jaringan dalam otak. Tak sedikit kasus orang yang mengalami gangguan ingatan dan kognitifnya akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Trauma Psikis

Selain benturan keras pada kepala, trauma psikis juga bisa menjadi penyebab penyakit amnesia. Stres berlebihan maupun ketakutan atau kekhawatiran yang bersifat paranoid juga bisa menyebabkan terganggunya fungsi kognitif otak.

Kejadian atau peristiwa yang menyebabkan trauma psikis ini akan mendorong seseorang untuk melupakannya. Seperti pelecehan atau kejahatan seksual. Anda bisa berkonsultasi dengan psikiater untuk penanganannya yang lebih efektif.

Diet Tak Sehat

Buat Anda kaum hawa yang pernah menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badan tentunya paham dengan efek sampingnya. Yaps, selain tubuh menjadi lemah, tak jarang akan membuat kita sering sempoyongan seperti akan jatuh.

Diet ketat dengan mengurangi porsi makan secara ekstrem justru membuat tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi khususnya vitamin B1. Termasuk yang menuju ke otak. Kondisi inilah yang menyebabkan kesadaran menurun dan bisa memicu amnesia.

Stroke

Faktor lainnya yang juga menjadi penyebab penyakit amnesia adalah stroke. Serangan stroke berawal dari pasokan darah ke otak yang menurun atau terhalang karena berbagai sebab. Terutama karena pembuluh darah otak pecah.

Stroke termasuk jenis penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Selain menyebabkan hilang ingatan, gangguan ini juga bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan sebagian anggota tubuh.

Faktor Genetik

Orang yang memiliki orang tua dengan riwayat penyakit amnesia mempunyai risiko lebih besar untuk terkena gangguan yang sama. Mengenal riwayat penyakit keluarga penting agar bisa menekan risiko yang ada.

Orang yang mempunyai karena faktor genetik perlu menjauhi berbagai pantangan yang ada. Termasuk harus dengan menjalani gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan sarafnya.

Perubahan Hormon

Terjadinya perubahan hormon dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab penyakit amnesia. Seperti pada kasus menopause pada wanita ternyata juga ikut mengurangi kemampuan otak dalam mengingat.

Begitu juga dengan kadar hormon kortikosteroid yang meningkat ternyata juga bisa menyebabkan menurunnya kemampuan memori otak. Selain karena faktor usia, perubahan hormon juga bisa terjadi karena faktor lainnya.

Faktor Kejang

Gejala penyakit amnesia memang identik dengan terjadinya kejang. Namun jika tubuh sering mengalami kejang juga bisa memicu terjadinya hilang ingatan. Seperti pada penderita epilepsi yang kerap mengalami amnesia.

Kejang yang terjadi pada penderita epilepsi juga akan menyebabkan terjadinya ketegangan pada saraf. Jika kejang ini sering terjadi dan berulang maka bisa mempengaruhi kemampuan otak dalam mengingat.

Faktor Penyakit

Faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab penyakit amnesia adalah karena serangan penyakit. Ada berbagai jenis penyakit yang bisa memicu berkurangnya kemampuan otak sehingga terjadi hilang ingatan.

Penyakit yang bisa menyebabkan amnesia terutama berkaitan dengan fungsi otak. Beberapa penyakit tersebut antara lain:

  • Penyakit Infeksi – Serangan virus, bakteri, parasit, maupun patogen lainnya bisa menyebabkan gangguan pada saraf memori.
  • Tumor – Segala jenis tumor yang menyerang otak, baik yang ringan maupun ganas, akan menyebabkan terganggunya fungsi saraf otak.
  • Alzheimer – Selain akan menyebabkan amnesia, penyakit ini juga bisa menyebabkan kesulitan berbicara maupun makin lambatnya daya pikir.
  • Anoxia – Gangguan ingatan ini terjadi karena kurangnya oksigen dalam otak. Seperti karena serangan jantung atau keracunan asap kendaraan.

Ragam Jenis Penyakit Amnesia

Amnesia merupakan jenis penyakit yang menyebabkan hilangnya memori atau ingatan. Selain karena faktor usia sehingga kemampuan orang menurun, ada banyak faktor penyebab penyakit amnesia lainnya.

Hilangnya ingatan juga bisa terjadi secara sebagian atau lokal maupun secara menyeluruh. Karena itu ada beberapa jenis penyakit amnesia yang sebaiknya Anda juga perlu tahu berikut ini.

Amnesia Anterograde

Jenis gangguan ingatan ini menunjuk pada peristiwa yang baru saja terjadi, namun tidak mampu masuk dalam memori. Seperti bertemu atau berbicara dengan seseorang, namun setelah berlalu dia tidak mampu mengingat pengalaman baru tersebut.

Gangguan ini terjadi sebagai ingatan jangka pendek, namun penderita masih mampu mengingat masa lalunya. Jenis anterograde amnesia ini bersifat permanen dan kabarnya tidak bisa sembuh.

Amnesia Retrograde

Berbeda dengan yang pertama, jenis amnesia retrograde justru berupa ketidakmampuan mengingat pengalaman masa lalu. Kebanyakan kasus amnesia terjadi pada jenis ini karena kesulitan memanggil kembali memori masa lalu.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit amnesia jenis ini. Baik karena usia yang semakin uzur, menopause, gaya hidup, maupun karena serangan penyakit. Namun jenis amnesia ini bisa sembuh sendiri maupun dengan terapi khusus.

Amnesia Lakunar

Jenis amnesia yang satu ini menunjuk pada kasus hilang ingatan secara acak. Kasus ini biasanya terjadi karena otak yang kekurangan otak atau adanya kerusakan pada bagian tertentu dalam saraf otak.

Salah satu ciri penderita amnesia jenis ini adalah kesulitan untuk mempelajari hal-hal yang baru. Penyebabnya karena adanya kesulitan untuk mengingat terhadap hal-hal yang bersifat jangka pendek.

Amnesia Disosiatif

Untuk jenis hilang ingatan ini lebih bersifat disosiatif terhadap data pribadinya sendiri. Seperti namanya, siapa orang tuanya, tak ingat siap istri atau suaminya, bahkan terhadap anaknya sendiri.

Penyebab penyakit amnesia disosiatif terutama arena terjadinya benturan yang keras pada kepalanya. Baik karena kecelakaan, terpukul benda keras, maupun trauma kepala lainnya.

Jenis Penyakit Amnesia Lainnya

Selain itu masih ada sejumlah jenis penyakit amnesia lainnya yang lebih parah. Seperti amnesia pasca-trauma, transient global amnesia, amnesia infantil, dan blackout amnesia.

Ragam Terapi Amnesia, Cara Mengatasi Hilang Ingatan

Melihat berbagai jenis amnesia yang ada, ternyata ada gangguan ingatan yang bisa sembuh maupun yang permanen dan tidak bisa kembali. Berikut ini beberapa jenis terapi amnesia sebagai cara mengatasi hilang ingatan.

Psikoterapi atau terapi psikis bisa menjadi langkah yang mesti dijalani penderita amnesia. Selain untuk mengatasi berdasarkan penyebab penyakit amnesia, seperti trauma psikis atau kecemasan, terapi ini juga berguna mengembalikan ingatan yang hilang.

Dengan minum obat-obatan sesuai dengan resep dokter atau psikiater. Obat anti depresan berguna mengurangi kecemasan meskipun tidak menyembuhkan kondisi amnesia.

Selain secara medis, cara mengatasi penyakit amnesia juga bisa Anda lakukan dengan pengobatan alternatif. Seperti dengan hipnosis, akupunktur, maupun dengan mengonsumsi berbagai jenis herbal.

Demikianlah berbagai faktor penyebab penyakit amnesia beserta jenisnya yang sebaiknya Anda tahu. Mengenal penyakit ini beserta gejalanya berguna untuk memberikan penanganan sejak dini agar tidak menjadi semakin parah. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -