Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan dan Solusi Cara Mengatasinya

penyebab sakit kepala berkepanjangan
Kenali penyebab sakit kepala berkepanjangan. Foto: Ist/Net

Penyebab sakit kepala berkepanjangan tidak selalu karena penyakit tertentu. Gangguan ini bisa terjadi karena banyak faktor. Dari kebiasaan buruk, pengaruh lingkungan, maupun makanan tertentu bisa menyebabkan sakit kepala berkepanjangan.

Beberapa orang mungkin menganggap sakit kepala sebagai penyakit yang biasa terjadi. Namun penyakit ini ternyata tidak boleh kita anggap sepele. Apalagi orang yang mengalami dan merasakan sakit kepala dapat terganggu aktivitasnya.

Parahnya, penyakit ini dapat terjadi selama 15 hari dan terus berlanjut. Untuk itu penting mengenal faktor yang menyebabkan gangguan ini agar bisa mendapatkan solusi untuk mengatasinya.

Mengenal Penyebab Sakit Kepala Berkepanjangan

Setiap jenis sakit kepala biasanya hanya memiliki sedikit perbedaan. Pasalnya, sakit kepala yang dapat terjadi secara terus-menerus dapat terjadi karena beberapa sumber.

Baca juga: Herbal Sakit Kepala dan Mual yang Aman, Praktis, dan Efektif

Mengenal penyebab sakit kepala berkepanjangan sangat penting untuk membantu mengatasinya. Lantas apa saja yang bisa menyebabkan gangguan ini? Penyakit ini dapat terjadi karena sejumlah faktor, seperti:

  • Terjadinya perubahan suhu, seperti cuaca yang panas.
  • Mengonsumsi kafein secara berlebihan, seperti minuman kopi atau coklat.
  • Mengonsumsi obat tertentu secara terus menerus juga malah bisa menimbulkan efek sakit kepala.
  • Waktu tidur yang berlebihan. Orang yang terlalu lama dan sering tidur juga bisa memicu timbulnya sakit kepala.
  • Faktor penyebab sakit kepala berkepanjangan juga bisa berasal dari penyakit tertentu. Seperti penyakit meningitis atau migrain. Meningitis terjadi karena selaput otak mengalami infeksi bakteri atau virus.
  • Penyebab yang tidak bisa kita hindari dari masalah ini adalah kondisi stres yang dapat memicu perubahan hormon secara drastis. Stres dapat mempengaruhi pola hidup seseorang menjadi buruk dan tidak terkontrol.
  • Gangguan ini juga bisa terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Sakit kepala juga bisa terjadi karena adanya ketegangan otot sekitar kepala dan leher.

Berbagai penyebab sakit kepala berkepanjangan ini tentu sangat mengganggu aktivitas. Beberapa orang yang mengalami kondisi ini bahkan ada yang merasakan rasa sakit pada waktu tertentu.

Beberapa orang yang merasakan kondisi ini biasanya disertai dengan ketegangan dan rasa nyeri yang terjadi pada bagian otot kepala dan leher.

Parahnya lagi, seseorang yang mengalami sakit kepala ini biasanya sangat sensitif terhadap cahaya dan suara, hidung berair, mata merah, keringat berlebih, mual dan muntah.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Berkepanjangan

Tak hanya sakit kepala, berbagai jenis penyakit yang terjadi secara berkepanjangan pasti sangat mengganggu aktivitas kita. Ada sejumlah cara untuk mengatasi gangguan yang menyiksa ini.

Perubahan gaya hidup dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi gangguan ini. Anda yang menderita sakit kepala jenis ini bisa mencoba mengurangi konsumsi kafein, coklat, keju dan jenis makanan pemicu sakit kepala lainnya.

Baca juga: Sakit Kepala Cluster, Gejala Penyakit Hingga Pengobatan Secara Alami

Sebagai alternatifnya Anda perlu menggantinya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan lainnya. Minum jus buah dan sayuran secara rutin juga mampu mencegah gangguan ini.

Berdasarkan salah satu penyebab sakit kepala berkepanjangan, maka penting bagi kita agar dapat melakukan terapi psikologis. Ini berguna untuk mengantisipasi terjadinya rasa stres yang bisa memicu sakit kepala.

Perubahan gaya hidup juga dapat kita lakukan dengan rajin melakukan olahraga secara rutin. Anda bahkan perlu melakukan aktivitas lain yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan semangat.

Baca juga: Posisi Tidur untuk Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Begitu pula Anda perlu agar dapat mengatur waktu istirahat Anda. Anda perlu mendapatkan kembali kualitas tidur yang baik. Jika tidak bisa, Anda dapat menggunakan aromaterapi ruangan atau musik relaksasi untuk membantu.

Sakit kepala yang terjadi secara terus-menerus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kondisi tak segera membaik maka hubungi dokter untuk mengidentifikasi penyakit dan langkah penanganannya.

Cara mengatasi masalah ini mungkin perlu Anda lakukan dengan pemeriksaan medis oleh dokter. Dokter akan mampu mengidentifikasi gejala penyakit untuk mencari tahu penyebab dari masalah itu.

Dokter biasanya akan memberikan beberapa obat untuk mengatasi sakit kepala yang terjadi terus-menerus. Beberapa obat seperti antidepresan, injeksi botox dan beta-blockers merupakan obat yang sering disarankan oleh dokter.

Itulah berbagai penyebab sakit kepala berkepanjangan yang perlu Anda kenali. Untuk mengatasi dan mencegah gangguan ini Anda bisa mengubah kebiasaan baik. Seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur, dan mengelola stres dengan baik. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara