Penyuluh Pertanian di Pangandaran Lakukan Penyemprotan Hama Jahe

Penyuluh Pertanian di Pangandaran Lakukan Penyemprotan Hama Jahe
Penyuluh pertanian swadaya, Desa Pangkalan, Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, melakukan penyemprotan obat di lahan jahe milik petani, Sabtu (27/2/2021).Foto:Ceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Penyuluh pertanian swadaya, Desa Pangkalan, Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jabar, melakukan penyemprotan obat di lahan jahe milik petani, Sabtu (27/2/2021).

Penyemprotan itu dilakukan penyuluh untuk mencegah dan membasmi hama jahe terutama jamur fusarium.

Penyuluh pertanian swadaya Desa Pangkalan, Taryana mengatakan, saat ini hama banyak menyerang tanaman jahe petani.

Serangan hama jahe tersebut akibat cuaca ekstrim.

“Kami para penyuluh pertanian swadaya melakukan upaya pengobatan dan pencegahan jamur dengan cara penyemprotan obat secara berkala,” ujar Taryana.

Pihaknya mengaku langsung terjun sendiri ke lapangan membantu para petani jahe, terutama petani binaan agar tanaman jahe mereka tak terserang jamur.

Sementara obat yang dipakai ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran.

Sebagai penyuluh pertanian, ia mengucapkan terima kasih kepada petugas POPT Kecamatan Langkaplancar, Pangandaran, yang telah membantu merekomendasikan obat tersebut kepada pihak dinas.

“Semoga para petani jahe, terutama petani jahe di wilayah Kecamatan Langkaplancar bisa panen secara maksimal,” paparnya.

Taryana menambahkan, akibat dari cuaca ekstrim, banyaknya hama yang menyerang tanaman jahe pada musim tanam tahun ini.

Akibatnya banyak para petani jahe yang memanen jahenya di usia muda.

“Banyak jahe yang mati dan membusuk karena serangan hama, jadi petani memanen jahe usia muda,” katanya.

Karena panen lebih awal, petani jahe di Pangandaran tidak mendapat untung besar, bahkan tak sedikit yang mengalami rugi.

“Kami penyuluh pertanian swadaya di Pangandaran akan terus membantu petani agar tanamannya tidak rusak karena hama,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang