Perbedaan Monera dan Protista Terlihat Dari Berbagai Sudut

Perbedaan Monera dan Protista Terlihat Dari Berbagai Sudut
Ilustrasi Perbedaan Monera dan Protista. Foto: Ist/Net

Perbedaan monera dan protista pasti sudah terlihat dari namanya. Walaupun begitu, perlu digali lebih dalam perbedaan antara keduanya. Termasuk berdasarkan susunan dan struktur keduanya.

Makhluk hidup terbagi atas lima kingdom yang tersusun berdasarkan kompleksitas dari struktur sel, susunan tubuh, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Keduanya termasuk pada perwakilan organisme bersel satu. Perbedaan yang paling mencolok adalah susunan sel prokariotik sel satu yang kurang organelnya.

Sedangkan pada protista mempunyai susunan sel eukariotik dan organel yang tertutup oleh membran. Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara keduanya.

Baca Juga: Perbedaan Fotosintesis dan Kemosintesis Dalam Organisme

Simak Perbedaan Monera dan Protista Secara Lengkap

Monera dan protista memang sama-sama memiliki sel satu. Tetapi tidak semua sel penyusunnya sama. Ada perbedaan yang mendasari keduanya, yaitu:

Ukuran

Dari segi ukuran sudah pasti berbeda jauh. Pasalnya, monera memiliki ukuran yang kecil. Bahkan lebih kecil daripada ukuran protista. Besar kecilnya ukuran keduanya mendapatkan pengaruh dari membran sel yang mengelilingi.

Sebab membran pada protista memiliki ukuran lebih besar. Tak heran bila ukuran monera jauh lebih kecil karena tidak mempunyai membran sel.

Inti Sel

Perbedaan monera dan protista juga bisa dilihat dari inti sel. Monera tidak memiliki inti sel sejati yang terikat pada sebuah membran inti. Lain halnya dengan protista yang memiliki inti sel sejati.

Inti sel pada protista menempel pada membran intinya. Monera tidak memiliki sebuah organel tambahan. Tidak seperti protista yang memiliki organel tambahan dan lebih kompleks pada organisatoris.

Pembelahan

Dalam proses pembelahannya keduanya memiliki alur yang berbeda. Monera memiliki sistem pembelahan dengan cara amitosis. Berbeda dengan protista yang mengalami pembuahan secara mitosis.

Walaupun keduanya sama-sama melakukan pembelahan sel, tetapi jalan yang mereka tempuh tidak sama. Dengan kata lain, monera secara seksual. Sedangkan protista secara seksual dan aseksual.

Baca Juga: Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis yang Paling Mendasar

Cara Mendapatkan Makanan

Perbedaan monera dan protista terlihat dari cara mendapatkan makanan. Monera merupakan mikroorganisme yang bisa menghasilkan makanannya sendiri. Sehingga tidak perlu mencari makanan dengan cara lain.

Tetapi tidak dengan protista yang harus berusaha mencari makanan untuk bertahan hidup. Protista tidak bisa membuat makanan. Tak seperti monera.

Habitat

Ternyata, habitat keduanya berbeda. Monera lebih menguasai belahan bumi. Hampir semua habitat terdapat monera dalam celahnya.

Perbedaan monera dan protista terlihat dari sini. Protista tidak terdapat pada semua belahan bumi. Tetapi hanya terdapat pada wilayah akuatik.

Monera

Kingdom monera tersusun atas semua sel prokariotik termasuk bakteri, alga hijau biru, dan cyanobacteria. Biasanya monera hidup pada tempat yang keadaannya lembab. Beberapa darinya hidup sebagai organisme soliter dan beberapa lagi hidup berkoloni.

Spesies monera yang berkoloni mudah ditemukan sebagai filamen atau rantai pendek. Karena memiliki prokariotik, maka monera memiliki kurang inti sel yang terlapisi membran. Tetapi memiliki molekul DNA bundar.

Selain itu, beberapa perbedaan monera dan protista juga mengatakan bahwa monera adalah organisme autotrof. Monera memiliki dua kelompok yaitu archaebacteria dan eubacteria.

Protista

Kingdom protista merupakan organisme bersel satu, tetapi tersusun dari inti sel eukariotik. Pasalnya, protista mengandung organel yang terlindungi oleh membran. Misalnya pada inti sel, mitokondria, badan golgi, dan masih banyak lagi.

Pada umumnya, protista berada pada wilayah akuatik. Beberapa organisme ini mempunyai struktur yang spesial dengan flagela dan silia. Keduanya berguna untuk melakukan perpindahan tempat atau bergerak.

Perbedaan monera dan protista pada umumnya terlihat sangat jelas dari berbagai segi. Sekumpulan protista memiliki sebutan sebagai phytoplankton yang berguna sebagai produsen utama. Phytoplankton memiliki sel yang bahan dasarnya adalah selulosa dan bisa berfotosintesis.

Ada juga beberapa protista yang merupakan predator. Biasanya protista ini tidak memiliki dinding sel seperti protozoa. Tetapi perlu diketahui bahwa ternyata tidak bisa sebagai penghubung evolusi dengan monera prokariotik.

Sebagai contoh ada beberapa organisme yang termasuk pada kingdom protista. Mereka adalah diatom, protozoa, serta alga yang bersel satu.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan monera dan protista. Pastikan mempelajarinya dengan benar agar tidak salah dalam memberikan pemahaman. Walaupun sama-sama organisme bersel, tetapi memiliki sejuta perbedaan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang