Perbedaan Qodho dan Qodhar Menjadikan Pribadi yang Rendah Hati

Perbedaan Qodho dan Qodhar Menjadikan Pribadi yang Rendah Hati
Ilustrasi Perbedaan Qodho dan Qodhar. Foto: Ist/Net

Perbedaan qodho dan qodhar perlu anda ketahui dan pahami. Pasalnya, dua takdir tersebut menjadi akan kekuasaan dan kebesaran Allah Ta’alla. Dengan demikian, apapun yang terjadi pada dunia ini dan apapun yang menimpa kehidupan anda, itu sudah menjadi ketetapannya.

Bukankah, apapun yang akan menjadi takdir kita, sejauh apapun kaki anda berlari tetap saja akan kembali kepada kita. Begitu juga sebaliknya, apapun yang bukan menjadi takdir anda, sekuat apapun anda meraihnya tak akan pernah bisa kecuali atas izin Pemilik Takdir.

Qodho dan qodhar sendiri adalah rukun iman yang keenam. Dengan begitu, sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk mengimaninya. Namun pada hakikatnya dua nama tersebut memiliki perbedaan, baik menurut istilah maupun bahasanya.

baca juga: Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir, Menambah Ketaqwaan Kepada Allah

Inilah Perbedaan Qodho dan Qodhar yang Wajib Anda Pahami

Supaya anda bisa memahami mana yang qodho dan mana qodhar, berikut ini penjelasan perbedaannya.

Pengertian Rukun Iman Keenam

Qodho menurut istilah adalah ketetapan Allah sejak zaman azali atau ketika masih berada dalam kandungan, tentang semua yang berkaitan dengan proses penciptaan makhluk-Nya. Sedangkan pengertian menurut etimologi adalah ketetapan, perintah, hukum, pemberitahuan, penciptaan, dan juga kehendak.

Ketetapan Allah ini mencakup semua hal baik yang buruk maupun baik, baik yang hidup maupun mati. Hal ini sudah tertuang dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 210:

Sedangkan qodhar merupakan sebuah perwujudan dari qodho atau sebuah ketentuan dari Allah. Namun secara terminologi, qadar adalah sebuah penentuan yang pasti dan sudah menjadi ketetapan Allah. Baik untuk yang sudah terjadi, sedang, dan yang akan terjadi.

Seperti arti dalam Surat Ar-Ra’du ayat 11:

Dalam sebuah hadits telah menjelaskan bahwa:

Hakikatnya qodho dan qadhar itu memang tidak bisa berpisah, namun ada perbedaan yang dapat membantu anda dalam memahaminya. Mana ketetapan yang bisa anda ubah dan mana yang tidak bisa. Salah satunya adalah memahami pengertiannya.

baca juga: Hikmah Infaq dan Sedekah Membuat Kita Semakin Kaya Raya

Beda Ketetapannya

Dari pengertian tersebut, ada juga perbedaan qodho dan qodhar yang menonjol, yakni terletak pada ketetapannya. Allah Tuhan seluruh alam ini telah menetapkan bahwa qodhar masih bisa anda ubah. Dengan cara ikhtiar, doa, dan juga tawakal.

Berbeda lagi dengan qodho, takdir ini sudah tidak akan pernah bisa anda ubah lagi. Contohnya adalah ajal atau kematian. Seperti yang tertera pada Quran surat Al-Araf yang artinya: “Setiap nyawa itu mempunyai ajal….” (Qs. Al-Araf ayat 34).

Dalil Naqli

Kemudian perbedaan qodho dan qodhar bisa anda lihat dari dalilnya. Dari keduanya, semua sudah mempunyai dalil dalam Al-Quran yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Takdir

Anda juga bisa mengetahui perbedaan qodho dan qodhar dari macam-macamnya. Akan ada contoh setiap ketetapan Allah SWT. Contoh tentang qodho adalah takdir mubram yang merupakan ketetapan atau takdir yang sudah tidak dapat anda ubah, meskipun dengan usaha yang sungguh-sungguh.

Sedangkan contoh ketetapan qodhar adalah adanya takdir muallaq. Takdir muallaq adalah ketetapan yang masih bisa anda ubah dengan usaha yang gigih, doa, dan juga tawakal.

baca juga: Pengertian Takdir Muallaq, Mengajarkan Kita untuk Berusaha dan Berdoa

Hikmah Beriman Kepada Ketetapan Allah

Ada banyak sekali hikmah yang bisa anda dapatkan ketika benar-benar percaya akan adanya ketetapan Allah SWT. Anda senantiasa selalu bersyukur terhadap apa yang telah Allah berikan. Karena memang Allah itu lebih tahu apa yang terbaik untuk semua hambanya.

Akan selalu rendah hati bahwa semua yang terjadi pada diri kita adalah kehendak dan berkat Allah. Jangan lupa pula untuk khusnudzon dengan semua ketentuannya. Karena Allah bersama sesuai dengan prasangka hambanya.

Selain itu, jiwa anda akan selalu optimis serta tidak mudah untuk berputus asa meski mengalami masa kegagalan. Percaya bahwa semuanya akan Allah SWT berikan ganti yang lebih baik.

Nah, untuk anda yang belum paham betul mengenai perbedaan qodho dan qodhar, beberapa penjelasan di atas dapat membantu anda. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid