Pertamina Pastikan Penyaluran Gas Elpiji 3 Kilogram di Tasikmalaya Aman

Gas Elpiji 3 Kilogram
Penyaluran gas elpiji 3 kilogram oleh Pertamina. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Pertamina memastikan stok gas elpiji 3 kilogram di wilayah Kota Tasimalaya aman kepada 30 agen dan 514 pangkalan yang tersebar.

Menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regonal Jawa bagian barat, Eko Kristiawan, penyaluran selama Februari 2021 rata-rata mencapai 27 ribu tabung per harinya.

Menjelang perayaan Imlek, kata Eko, terjadi peningkatan karena kebutuhan warga yang meningkat bila dibandingkan dengan sebelumnya.

Karena itu, pihaknya pun melakukan eksta dropping mulai 11 hingga 16 Februari 2021.

“Rata-rata konsumsi harian di Tasikmalaya itu sebanyak 27 ribu tabung. Sedangkan menghadapi Imlek ini kita siapkan tambahan menjadi 35.840 atau 6 persen dari biasanya,” ujarnya, Jum’at (12/2/2021).

Adapun soal harga eceran terendah atau HET, sesuai ketetapan sebesar Rp 16 ribu per tabungnya di tingkat pangkalan.

Baca juga: Warga Kota Tasikmalaya Kelimpungan Cari Gas Elpiji 3 Kilogram

Tinjau ke Lapangan

Guna memastikan penyaluran gas ukuran melon tersebut sesuai, pihaknya pun akan terus meninjau lapangan serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar penyalurannya gasnya lancar.

Pertamina, kata Eko, akan memberikan yang terbaik bagi warga, apalagi gas subsidi ini memang untuk masyarakat miskin ataupun usaha mikro sebagaimana aturan pemerintah.

“Kalau yang non subsidi, seperti bright gas 5,5 kilogram dan 12 kg, tabung biru 12 kg serta 50 kg itu untuk usaha komersial,” imbuhnya.

Pihaknya pun berharap adanya dukungan masyarakat guna mengawasi peruntukan gas tersebut agar tepat sasaran.

“Apabila terdapat informasi yang berkaitan dengan pangkalan maupun agen, silakan hubungi contact center kami di 135,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid