Jaga Kelestarian Hutan, Permata Gagayunan Ciamis Galakan Tanam Pohon Kedap Air

Permata Gagayunan Ciamis Galakan Tanam Pohon Kedap Air
Permata Gagayunan Ciamis bersama petani menggalakan penanaman pohon, di sepanjang jalur anak sungai yang ada di Gunung Geger Bentang, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Sabtu (20/2/2021). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk tetap menjaga kelestarian hutan demi stabilnya pasokan air untuk masa depan, Permata Gagayunan Ciamis rutin menggalakan penanaman pohon kedap air.

Penanaman pohon tersebut di sepanjang jalur anak sungai yang ada di Gunung Geger Bentang, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Sabtu (20/2/2021).

Ketua Permata Gagayunan, Oon Syahroni didampingi Kepala Dusun Sukamaju, Desa Sukajadi, Masruhin, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan gerakan rutin bareng petani muda yang tergabung dalam wadah Permata Gagayunan.

“Ini merupakan agenda rutin kami setiap minggunya. Dimana, kami selalu memantau perkembangan tumbuhan yang kita tanam pada tempo lalu,” katanya kepada HR Online, Sabtu (20/2/2021).

Selain memantau pertumbuhan pepohonan yang sudah Permata Gagayunan tanam, pihaknya juga selalu rutin menanami terus pepohonan yang kedap air.

“Seperti halnya hari ini, kami bersama-sama menanami pohon beringin di setiap titik pinggir anak sungai. Hal ini sebagai upaya kami untuk menjaga kelestarian alam hutan, agar cadangan air tetap bisa terjaga,” terang Masruhin.

Lebih lanjut Masruhin menambahkan, selain selalu menanami pepohonan kedap air, pihaknya juga menyiangi rerumpunan, untuk dijadikan jalan menuju lokasi yang menjadi demplot penghijauan.

“Rencananya, jalan yang kita buka ini nantinya untuk jalur bersepeda. Sementara tujuan trek lajur ini adalah untuk membuat wisata edukasi,” ujarnya.

Bukan hanya itu, pihaknya bersama petani muda juga tengah mengembangkan penanaman porang serta pusat penghijauan lainnya.

Adapun untuk tanaman porang, sebagai bentuk usaha untuk bekal penggarapan penghijauan.

“Sementara penanaman pohon, merupakan program Permata Gagayunan untuk membuat hutan tetap hijau. Sehingga, nantinya mampu menyimpan stok air bagi kelangsungan hidup umat manusia di masa depan,” jelasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto