Pos Lantas Tangguh di Tasikmalaya Bisa Tes Covid-19 Gratis

Pos Lantas Tangguh di Tasikmalaya Bisa Tes Swab Gratis
Kapolres Tasikmalaya saat mengecek Pos Lantas Tangguh di Pos Lantas Muktamar, Kamis (11/02/2021). Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya, Polda Jawa Barat, mendirikan dua Pos Lantas Tangguh. Pos yang berada di Kawasan Muktamar, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, tersebut untuk membantu menangani pandemi Covid-19.

Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono, menjelaskan, ide awal adanya pos tersebut adalah dari Kampung Tangguh.

“Kali ini kita buat Pos Lantas Tangguh untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di pusat keramaian,” jelasnya di Pos Lantas Muktamar, Kamis (11/02/2021).

Selain pelayanan lalu lintas, pos tersebut juga menyediakan rapid test dan swab antigen gratis untuk masyarakat.

Jadi, katanya, masyarakat yang memiliki profesi atau rentan Covid-19, bisa melakukan tes.

“Kami dari kepolisian bersama TNI, Dishub, Dinkes dan Pol PP juga bantu masyarakat yang akan rapid test atau swab antigen secara gratis. Hal ini semata-mata untuk mendeteksi dini kemungkinan warga terpapar Covid-19,” katanya. 

Sementara dari pantauan HR Online, pada hari pertama operasional, Pos Lantas Tangguh sudah diserbu warga dari berbagai kalangan.

AKBP Rimsyahtono mengatakan, pihaknya sudah melayani puluhan warga yang ingin rapid antigen dan swab antigen. Terutama bagi yang belum pernah melakukan tes rapid dan swab.  

“Ada yang berprofesi sebagai tukang ojek, sopir bahkan warga biasa juga mendapat pelayanan ini. Mereka merasa terbantu dengan adanya pos tersebut,” katanya.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar, Maman, mengaku terbantu dengan adanya Pos Lantas Tangguh tersebut. Pasalnya, ia bisa mengecek kesehatan termasuk gejala Covid-19 dengan gratis alias tidak bayar.

“Saya belum pernah tes Covid-19. Ini perdana saya melakukan tes, ingin tahu saja kesehatan saya,” ucap Maman usai melakukan tes Corona. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto