Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruProduk Perawatan Kulit dan Mitos yang Anda Harus Tahu

Produk Perawatan Kulit dan Mitos yang Anda Harus Tahu

Produk perawatan kulit lekat dengan wanita. Untuk tampil menarik dan cantik, wanita tak hanya membutuhkan kosmetik namun juga berbagai produk perawatan kesehatan kulit. Namun ada sejumlah mitos yang wajib Anda kenali agar tidak ikut-ikutan.

Mungkin Anda selama ini sudah tidak asing lagi dengan adanya mitos-mitos tentang berbagai produk tentang perawatan kecantikan. Ya, memang sampai saat ini ada banyak mitos yang beredar seputar produk perawatan tubuh.

Para wanita dalam menyikapi mitos-mitos tersebut cukup beragam. Ada yang percaya dan juga ada yang tidak percaya dengan hal tersebut. Namun kebanyakan tidak melakukan pengecekan mendalam terhadap fakta yang sebenarnya.

Dari berbagai mitos yang beredar tentang produk kecantikan memang ada yang benar dan juga tidak sedikit yang tidak benar. Bahkan ada juga yang mungkin bisa kita katakan kurang tepat.

Ragam Mitos Seputar Produk Perawatan Kulit

Bagi Anda mungkin ada yang penasaran apa saja sih mitos seputar dunia wanita tersebut? Berikut sejumlah informasi tentang apa saja mitos tentang produk perawatan kulit yang sebaiknya Anda ketahui fakta sebenarnya.

Tanning Bed Aman Selama Tidak Mengandung Sinar UVB

Berjemur di bawah terik matahari memang tidak baik. Namun kebanyakan orang yang ingin menggelapkan kulit senang berjemur dengan tanning bed. Kulit yang berwarna lebih coklat dinilai lebih eksotis.

Perusahaan produsen produk tanning bed mengatakan bahwa tanning bed aman karena tidak mengandung sinar UVB. Banyak orang yang kemudian terjebak dalam mitos bahwa berjemur dengan produk perawatan kulit ini aman. Benarkah demikian?

Baca Juga: Manfaat Eksfoliasi Wajah dan Caranya Untuk Cantik Tanpa Kerutan

Pada produk tanning bed yang banyak dijual terdapat kandungan UVA. Kandungan ini pada dasarnya merupakan kembaran UVB yang dapat berpotensi merusak kulit. Bahkan sejumlah kalangan menilai produk ini bisa memicu kanker kulit.

Semakin Tinggi SPF Semakin Baik Perlindungannya

SPF atau sun protection factor merupakan produk pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Kita sering menggunakan produk ini saat beraktivitas di luar ruangan, khususnya untuk melindungi kulit dari radiasi matahari.

Namun benarkah semakin tinggi SPF dalam produk perawatan kulit semakin baik perlindungannya terhadap kulit?

Sebenarnya ada sekitar 3 jenis sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit. Masing-masing adalah UVA, UVB dan juga UVC. Untuk sinar UVA dapat mengubah warna pigmen kulit menjadi lebih gelap.

Sedangkan paparan sinar UVB dapat mengakibatkan kulit menjadi terbakar atau mengalami sunburn. Dengan sering terpapar sinar jenis ini dapat berbahaya bagi DNA kulit dan mengakibatkan risiko photoaging dan karsinoma.

Sementara paparan sinar UVC tidak perlu menjadi perhatian. Sebab jenis sinar ini tidak sampai masuk ke dalam bumi karena terserap oleh atmosfer.

Anda Tidak Butuh Tabir Surya Ketika Mendung

Mitos lainnya seputar produk perawatan kulit adalah tentang anggapan bahwa kita tidak membutuhkan tabir surya ketika langit mendung. Benarkah anggapan yang demikian?

Walau cuaca memang sedang mendung nyatanya sinar ultraviolet masih saja ada. Karena itu kapanpun dan kemanapun Anda beraktivitas sangat penting untuk tetap melindungi kulit dengan tabir surya. Termasuk walau cuaca sedang mendung sekalipun.

Baca Juga: Treatment untuk Wajah Kusam yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Jika memang Anda mempunyai jenis kulit berjerawat dan berminyak Anda akan tetap membutuhkan tabir surya. Hal ini agar perlindungan optimal akan Anda dapatkan. Upayakan memilih tabir surya yang kandungannya sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pelembab Hanya untuk Kulit Kering

Ada anggapan yang cenderung menjadi mitos bahwa produk pelembab hanya untuk wanita yang memiliki jenis kulit kering. Benarkah mitos yang demikian?

Pelembab merupakan produk perawatan kulit yang umum digunakan wanita setiap hari. Produk ini berfungsi sebagai dasar make up dan untuk menghidrasi kulit. Mungkin karena itu banyak wanita beranggapan produk ini hanya untuk kulit kering.

Kulit yang kering memang sangat membutuhkan produk yang bisa menghidrasi kulitnya. Sehingga pemilik kulit ini sangat membutuhkan pelembab. Namun wanita dengan kulit berminyak ternyata juga membutuhkan.

Apalagi ada banyak pelembab yang tersedia sesuai dengan jenis kulit. Anda tinggal menyesuaikan saja dan memilih produk yang tepat.

Karena itu kalau ada mitos sebaiknya jangan percaya begitu saja. Itulah beberapa mitos seputar produk perawatan kulit yang sering kita dengar. Untuk mengeceknya Anda bisa mencari informasi melalui internet atau langsung berkonsultasi dengan dokter. (R11/HR-Online)

Editor: HR-Online

- Advertisment -